menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

10 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Kekinian yang Wajib Dicoba!

Tuesday, 21 Jun 2022

Read in 8 minutes

Author: Della Octavilia
Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Kamu ingin mempunyai penghasilan tambahan dan dihasilkan dirumah? Ini dia 10 ide usaha rumahan modal kecil kekinian yang bisa kamu coba sekarang juga.

Kita harus memiliki ide usaha rumahan kreatif, jika kita ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Kreativitas sangat dibutuhkan saat memulai sebuah usaha, agar usaha kamu berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri dengan kompetitor yang ada.

Saat ini sedang tren usaha rumahan dengan modal kecil yang digunakan oleh banyak orang sebagai sampingannya. Banyak dari mereka yang membuat usaha rumahan ingin menyalurkan passion mereka, hingga ingin mendapat pendapatan tambahan.

Jika kamu memiliki ide usaha rumahan kreatif dengan modal kecil, dan kamu serius dalam menjalankannya. Bisa saja, suatu saat nanti usaha rumahan kamu akan berkembang besar dan menarik datangnya investor ke dalamnya.

Di artikel ini, kita akan membahas sedikit mengenai side hustle dan ide usaha rumahan modal kecil yang dapat membantu kamu mendapatkan keuntungan.

Yuk, simak lengkapnya disini!

Apa Itu Side Hustle

Di artikel sebelumnya kita telah membahas secara lengkap mengenai side hustle. Tapi disini saya akan memberikan penjelasan kembali secara singkat mengenai side hustle.

Side hustle adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan berdasarkan passion seseorang yang tidak mereka dapatkan dari pekerjaan utamanya.

Jadi, biasanya seseorang memutuskan untuk mengambil side hustle karena mereka ingin memenuhi kepuasan pribadi mereka yang tidak didapatkan pada pekerjaan utama mereka, dan dilakukan semata-mata bukan untuk uang.

Tetapi harus diingat, jika kamu memutuskan untuk mengambil side hustle, pekerjaan utama kamu harus selesai terlebih dahulu baru dapat mengerjakan side hustle.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui seputar side hustle. Berikutnya kita akan membahas 10 ide usaha rumahan modal kecil sebagai side hustle kalian.

10 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Sebelum memulai suatu usaha rumahan modal kecil, kamu harus memiliki kreativitas dan selalu melihat tren yang sedang berkembang di masyarakat. Agar, usaha rumahan kamu tetap relevan, selalu dibutuhkan oleh banyak orang, dan dapat bertahan lama.

Berikut ini 10 ide usaha rumahan modal kecil yang dapat kamu coba:

1. Bisnis Kue Kamu memiliki passion di bidang pastry? Mungkin kamu bisa mencoba bisnis kue sebagai bisnis rumahan modal kecil kamu.

Kamu percaya gak, kalau bisnis kue selalu menjadi tren dan selalu mengalami perkembangan setiap waktunya.

Mungkin kamu pernah lihat di media sosial seputar jenis-jenis kue yang sedang banyak diminati. Seperti dessert box, bento cake, burnt cheesecake, egg tart, korean garlic cheese bread, cinnamon rolls, dan masih banyak lagi.

Nah, kamu bisa mulai dengan melihat tren kue yang ada, lalu kamu membuat inovasi baru lagi. Bisa dari desainnya, rasanya, dan packaging-nya bisa kamu buat lebih sekreatif mungkin agar menjadi daya tarik baru bagi calon customer.

Jika kamu serius menjalankan bisnis kue ini, suatu saat nanti bisnis kue kamu bisa berkembang besar dan kamu juga bisa melakukan ekspansi terhadap bisnis kamu.

2. Jasa Buket bunga Ide usaha rumahan modal kecil dan kreatif yang bisa kamu coba selanjutnya adalah membuka jasa buket bunga.

Jika kamu sangat senang dengan bunga dan kamu gemar menghias dan merangkai bunga, ide usaha rumahan ini cocok untuk kamu.

Jangan salah, bisnis buket bunga ini banyak peminatnya lho!

Bisnis ini banyak dibutuhkan untuk berbagai acara, mulai dari acara kecil hingga acara besar. Banyak orang yang membutuhkan jasa buket bunga sebagai hadiah untuk wisuda, pernikahan, untuk orang kesayangan di hari yang spesial, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan mempromosikan hasil karya merangkai bunga kamu di sosial media.

Selain buket bunga, kamu juga dapat memberikan inovasi lain untuk calon customer seperti snack buket, buket uang yang sedang tren belakangan ini.

3. Katering Makanan Sehat Kamu orang yang menjalani hidup? kamu juga senang memberikan tips hidup sehat dan tips makanan sehat bagi banyak orang? Bisnis ini cocok untuk kamu coba.

Bisnis katering makanan sehat dapat kamu mulai sebagai ide usaha rumahan modal kecil.

Saat ini, bisnis katering makanan sehat sedang diminati oleh banyak orang. Hal ini juga karena dampak dari pandemi, sehingga banyak orang mulai menjalani hidup sehat.

Saat kamu memulai bisnis ini, kamu bisa mengedukasi calon customer kamu bahwa makanan sehat pasti enak. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa makanan sehat pasti sayur-sayuran dan rasanya tidak enak.

Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media saat menjalankan bisnis ini. Dengan kamu selalu update untuk menu makanan sehat disertai besar kalori di dalamnya.

Bisnis katering makanan sehat bila kamu jalani dengan serius akan menghasilkan keuntungan yang tidak main-main, lho. Ini merupakan ide usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa kamu dapatkan.

4. Laundry Kiloan Jika kamu bertempat tinggal di sebuah perumahan atau di dekat kampus dengan gaya hidup yang sibuk setiap harinya. Bisnis laundry kiloan menjadi usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu coba.

Setiap harinya generasi milenial dan generasi z memiliki kesibukan dengan intensitas tinggi. Sehingga banyak dari mereka lebih memilih untuk melakukan hal yang mudah dan praktis dengan menggunakan layanan jasa untuk membantu kehidupan sehari-harinya.

Salah satunya banyak dari mereka memanfaatkan layanan jasa laundry kiloan untuk mencuci pakaian yang sudah tidak ada waktu lagi untuk mereka kerjakan.

Bisnis laundry kiloan ini dapat kamu manfaatkan sebagai usaha rumahan sampingan dengan keuntungan besar.

5. Dropshipper Satu lagi ide usaha rumahan modal kecil untuk kamu yang suka berbelanja online, tapi secara bersamaan ingin memperoleh keuntungan. Ya, bisnis dropshipper jawabannya.

Sebagai dropshipper, kamu hanya menjual barang milik produsen atau supplier langsung kepada pembeli. Disini kamu juga tidak harus repot mengirim produk ke pembeli, karena sudah dilakukan langsung oleh produsen.

Kamu hanya perlu menemukan produsen yang bagus dan terpercaya. Lalu kamu memasarkan produk produsen tersebut ke orang lain melalui media sosial kamu sendiri.

Dalam menjual produknya, kamu dapat menambahkan harga tiap produk dari harga asli yang diberikan oleh pihak produsen.

Memulai bisnis dropship ini banyak dipilih oleh kamu milenial yang tidak mau ribet dan dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

6. Clothing Line Kamu punya passion di bidang fashion? Kamu juga ingin memiliki bisnis fashion yang sesuai dengan selera kamu? Bisnis clothing line bisa kamu coba sebagai ide usaha rumahan sampingan.

Percaya atau tidak, fashion akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Saat ini banyak muncul berbagai tren fashion dan terus akan berlanjut. Saat ini tren fashion yang sedang berjalan adalah back to 90’s.

Tapi ingat, lakukan riset terlebih dahulu ya agar desain kamu dapat menarik perhatian calon customer.

Kamu bisa menciptakan clothing line sesuai dengan keunikan tersendiri dan dipadupadankan dengan tren yang sedang berkembang saat ini. Kamu bisa kerahkan ide sekreatif mungkin untuk menciptakan produk yang engaging.

7. Usaha Snack (Cemilan) Siapa sih disini yang nggak suka ngemil?

Lagi kerja aja kita bisa sambil ngemil, nonton tv sambil ngemil, bahkan belajar bisa sambil ngemil. Dengan makan cemilan sendiri diketahui bisa membangkitkan rasa semangat dalam diri kita.

Usaha cemilan pun saat ini sedang banyak diminati sebagai ide usaha rumahan.

Kamu bisa memulainya dengan cemilan-cemilan yang menjadi favorit orang banyak, seperti keripik kentang, keripik singkong, keripik jagung, dan lainnya. Lalu untuk rasanya kamu bisa membuat berbagai varian rasa yang unik agar membedakan produk kamu dengan kompetitor.

Lalu, kamu juga dapat membuat packaging yang menarik, ramah lingkungan, dan memiliki fungsi lebih sebagai ciri khas bisnis kamu. Atau kamu juga dapat membuat variasi cemilan sehat sebagai pembeda dengan kompetitor lain.

Keuntungan yang bisa diperoleh pada bisnis cemilan ini pun tidak bisa dianggap sepele.

8. Usaha Menjahit Kamu memiliki minat yang besar dalam menjahit dan kamu mahir menjahit?

Usaha menjahit dapat kamu pilih sebagai ide usaha rumahan modal kecil yang dapat kamu pilih.

Bisnis ini pun banyak peminatnya, lho. Mulai dari jahit baju pernikahan, baju untuk bridesmaid, baju wisuda, baju lamaran, baju lebaran, dan banyak lagi.

Banyak orang lebih memilih untuk memakai jasa menjahit, karena mereka dapat membuat baju sesuai selera yang diinginkan, dan dengan harga yang terjangkau.

Bila kamu serius dan konsisten dalam usaha menjahit ini nantinya bisnis kamu dapat berkembang menjadi konveksi, hingga butik. Tentunya dengan keuntungan yang besar pula yang bisa kamu dapatkan.

9. Usaha Makanan Siap Masak Ide usaha rumahan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah usaha makanan siap masak.

Seseorang yang memiliki kegiatan dengan intensitas tinggi sehari-harinya, akan memilih hal yang mudah dan praktis untuk membantu kegiatan sehari-harinya. Mereka juga sering tidak memiliki waktu untuk memasak.

Oleh karena itu mereka lebih memilih untuk membeli masakan yang siap masak dengan praktis dan tidak memakan waktu lama.

Bila kamu tertarik untuk menjalankan usaha ini, kamu bisa membuat masakan sehari-hari dengan konsep frozen food. Sehingga masakan kamu bisa tahan lama, dan proses menggunakannya tidak memakan waktu lama.

Ide usaha rumahan ini dinilai dapat mendatangkan keuntungan yang besar dan menjanjikan.

10. Usaha Kedai Kopi Ide usaha rumahan modal kecil selanjutnya yang sedang tren dan dapat kamu lakukan ialah usaha kedai kopi.

Sekarang, nongkrong di kedai kopi sudah menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan bagi generasi milenial.

Jika kamu memiliki space besar di depan rumah, kamu bisa memanfaatkan space tersebut untuk dijadikan kedai kopi kekinian atau kamu juga bisa membuka franchise kopi.

Kamu bisa menciptakan konsep yang memiliki ciri khas tersendiri yang nyaman, lalu diberikan fasilitas wifi, dan menu makanan yang bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Jika kamu serius menjalankan usaha kedai kopi ini, dan kamu tidak bosan untuk selalu membuat inovasi baru. Maka, kedai kopi kamu nantinya akan berkembang besar dan dapat melakukan ekspansi usaha.

Ide Usaha Rumahan Menjadi Side Hustle bagi Investor

Jika kamu memiliki minat besar pada kegiatan investasi dan kamu berkeinginan menjadi pemilik salah satu usaha rumahan, tetapi tidak mau menjalankannya. Kamu bisa menjalankan side hustle dengan berinvestasi melalui melalui skema equity crowdfunding.

Equity crowdfunding sendiri merupakan skema pendanaan untuk bisnis kecil dengan cara patungan masyarakat luas untuk mendanai UMKM. Disini kamu berperan sebagai investor yang dapat berinvestasi pada project bisnis potensial dengan modal sedikit.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari equity crowdfunding yaitu kamu akan menerima return dividen dari project bisnis yang telah kamu danai.

Wujudkan side hustle kamu dengan berinvestasi bersama LandX.

LandX, platform equity crowdfunding terpercaya, transparan, dan telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dan modal kecil.

Yuk, Wujudkan Side Hustle Dengan Investasi di LandX Sekarang juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga