Bisnis coffee shop telah berkembang dengan cukup pesat di Indonesia hingga Asia Tenggara. Bagi kebanyakan orang Indonesia, coffee shop bukan sekadar tempat membeli kopi, namun juga tempat berkumpul dan bersosial dengan orang lain.

Jauh sebelum kedai-kedai kopi modern mulai menjamur belakangan ini, budaya ngopi sambil bercengkrama bersama teman atau rekan kerja memang sudah ada sejak lama.

Kini, kedai-kedai kopi tradisional telah bertransformasi menjadi coffee shop modern, dengan sajian kopi yang lebih beragam dan kekinian. Tipe konsumen yang beragam juga membuat para pemilik coffee shop perlu menerapkan strategi bisnis yang matang agar dapat bersaing dan memikat hati pelanggan.

Terbukti, bahkan ketika aktivitas berkumpul dibatasi pada masa pandemi, coffee shop tetap mampu memenuhi permintaan pelanggan melalui berbagai cara, seperti layanan pesan-antar online hingga layanan grab and go.

Melihat ramainya coffee shop saat ini serta perkiraan omzet yang bisa didapatkan, Anda pasti pernah terbersit keinginan untuk membuka bisnis coffee shop milik Anda sendiri. Namun, membuka bisnis coffee shop ternyata bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan modal yang besar serta pengalaman dan strategi bisnis yang matang.


Table of Content


Langkah-Langkah Memulai Bisnis Coffee Shop

Ada beberapa langkah persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis coffee shop sendiri. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Coffee shop identik dengan tempat untuk berkumpul atau mengobrol bersama teman atau rekan kerja. Karena itu, sangat penting untuk mencari lokasi kedai yang strategis dan banyak dilalui orang. Selain faktor traffic, Anda juga bisa mempertimbangkan lokasi kedai yang sesuai dengan konsep kedai yang ingin Anda bangun. Misalnya, jika Anda ingin membuat coffee shop dengan konsep yang teduh dan tenang, Anda justru perlu mencari lokasi atau tempat-tempat yang jauh dari keramaian.

2. Mencari Bahan Baku dan Supplier Kopi yang Berkualitas

Anda juga perlu mendatangi beberapa supplier kopi untuk menemukan bahan baku kopi dengan kualitas terbaik. Ada baiknya Anda juga mencoba berbagai sampel kopi untuk menemukan kopi dengan cita rasa dan kualitas yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari supllier kopi yang terpercaya. Buatlah beberapa daftar supplier kopi untuk Anda kunjungi dan lakukan perbandingan. Anda bisa melacak kualitas pelayanannya melalui track record perusahaan serta testimoni dari pelanggan.

3. Membeli Mesin dan Alat Produksi

Memiliki coffee shop sendiri berarti juga perlu membeli dan memiliki mesin kopi sendiri. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli mesin dengan kualitas high end. Selain sebagai investasi jangka panjang, harga yang lebih tinggi biasanya berbanding lurus dengan kinerja mesin atau kualitas kopi yang dihasilkan.

Pertimbangan selanjutnya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda akan membuka coffee shop dengan estimasi penjualan 100 cup/hari, Anda cukup membeli mesin kopi untuk produksi dalam skala kecil hingga menengah saja. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap pemakaian listrik di coffee shop Anda.

4. Membuat Konsep Kedai yang Unik

Ada beberapa hal yang bisa menjadi dasar pertimbangan untuk menentukan konsep coffee shop Anda. Pertama adalah target market. Anda dapat menentukan konsep serta ambiens coffee shop berdasarkan target market yang ingin Anda sasar. Kedua, berdasarkan budget.

Dengan budget yang lebih rendah, Anda bisa mencoba membuat konsep dekorasi atau ambiens yang lebih sederhana. Ketiga, berdasarkan lokasi. Jika Anda sudah terlebih dahulu memiliki lokasi, Anda bisa membuat konsep yang sesuai dengan lokasi coffee shop. Misalnya, jika lokasi coffee shop Anda berada di pinggir kota, maka akan lebih pas jika menggunakan konsep kedai yang sederhana. Begitu pun sebaliknya.


Baca Juga:


Lima Franchise Coffee Shop Populer

Sebagai alternatif bisnis coffee shop, Anda juga dapat bergabung dengan franchise coffee shop yang sudah ada dan sudah cukup terkenal. Langkah ini dinilai lebih mudah dan menjanjikan, karena selain mengeluarkan modal yang relatif lebih kecil, franchise coffee shop biasanya juga sudah cukup terkenal di masyarakat. Sehingga tidak perlu susah payah melakukan serangkaian promosi untuk mendapatkan pelanggan.

Beberapa franchise kopi yang sudah familiar dan bisa Anda ikuti di antaranya:

1. Kopi Lain Hati

Kopi Lain Hati pertama kali berdiri pada tahun 2018 dan berada di bawah naungan Nikmat Group. Bisnis kopi milik pesinetron sekaligus influencer Ririn Ekawati ini telah memiliki lebih dari seratus gerai dan memiliki brand value yang cukup tinggi. Franchise Kopi Lain Hati bisa Anda miliki dengan estimasi modal mulai dari 75 jutaan.

2. Janji Jiwa

Kopi Janji Jiwa juga merupakan salah satu brand kopi terlaris di Indonesia. Franchise kopi yang berdiri sejak tahun 2020 di bawah naungan PT Luna Boga Naraya ini telah memiliki setidaknya 1000 gerai yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, dan berencana untuk melanjutkan ekspansinya hingga ke luar negeri. Franchise Kopi Janji Jiwa bisa Anda miliki dengan estimasi modal mulai dari 115 jutaan.

3. Kopi Yor

Kopi Yor merupakan brand kopi dengan penyajian unik, yakni mengombinasikan kopi dan kelapa kopyor. Franchise yang berdiri sejak tahun 2018 ini diusung oleh PT Otewe Maju Bersama dan telah memiliki 100 gerai yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Franchise ini dapat Anda miliki dengan modal mulai dari 90  jutaan.

4. Haus!

Haus berdiri sejak tahun 2018  di bawah naungan PT Inspirasi Bisnis Nusantara. Selain kopi, Haus! Juga menyediakan minuman dan makanan kekinian dengan berbagai macam varian rasa serta harga yang terjangkau.

Kini, Haus! sudah memiliki 126 cabang outlet di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Kisaran harga yang ditawarkan untuk membuka franchise ini di mulai dari 120 jutaan.

5. Kopi Kulo

Kopi Kulo berdiri sejak tahun 2017 di bawah naungan Kulo Group. Kopi Kulo memiliki menu andalan Avocatto, yakni kombinasi unik dari jus alpukat, espresso, dan dilengkapi dengan topping es krim yang cukup menarik perhatian konsumen. Franchise Kopi Kulo dimulai dengan rentang harga 125 jutaan.

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis dengan modal kecil tanpa perlu repot, Anda dapat mengikuti berbagai project bisnis menarik melalui platform LandX.

LandX merupakan sebuah platform equity crowdfunding, yakni tempat bertemunya para investor dengan para pebisnis yang tengah mengembangkan bisnisnya.

Dengan sistem patungan bisnis atau crowdfunding, Anda bisa ikut menjadi investor atau owner dari project bisnis di LandX dengan modal yang lebih ringan, mulai dari 1 juta rupiah.

Pspspss.. Bakal ada project seru di LandX.id, nantikan kabarnya melalui website serta sosial media LandX juga, ya!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Informasi Menarik Lain Seputar Investasi? Yuk Kunjungi Instagram Kami di @landx.id


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis