Bisnis modal kecil, selam pandemi banyak orang kehilangan sumber penghasilan mereka sehingga banyak orang memutuskan untuk membangun bisnis sendiri sebagai sumber pendapatan tambahan mereka.

Membangun bisnis modal kecil di situasi seperti ini tentu saja bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan berbagai penyesuaian agar bisa bertahan di tengah kondisi seperti saat ini.

Karena itu, untuk menemukan bisnis terbaik untuk kondisi seperti saat ini anda perlu menyusun strategi terbaik agar bisnis modal kecil yang anda bangun dapat memberikan keuntungan yang optimal.

Untuk anda yang belum memiliki ide, berikut beberapa ide bisnis modal kecil di masa pandemi yang bisa anda coba.

Table of Content

5 Pilihan Bisnis Modal Kecil di Masa Pandemi

Untuk anda yang sedang mau memulai bisnis di masa pandemi, berikut beberapa bisnis ide bisnis modal kecil yang bisa anda coba.

1. Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok

Seperti namanya, bahan pokok merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua orang sehingga produk ini dibutuhkan oleh konsumen baik di masa pandemi maupun tidak.

Bisnis ini akan semakin menguntungkan apabila anda bisa mengoptimalkan penggunaan sistem online untuk mempermudah pemesanan di masa pandemi. Berjualan kebutuhan pokok dengan dukungan sistem pemesanan dan pengantaran digital akan membuat bisnis bisa menjangkau pasar yang luas dengan waktu yang lebih cepat.

Selain itu, modal di yang dikeluarkan pun relatif lebih kecil dibandingkan bisnis lain dengan perputaran barang yang cepat. Berjualan kebutuhan pokok secara online kini sudah menjadi kebiasaan baru di kalangan masyarakat sehingga bisnis ini memiliki potensi keuntungan jangka panjang.

2. Franchise Delivery Service

Selama masa pandemi, tren belanja online di masyarakat semakin berkembangan pesat. Salah satu bisnis yang berkembang pesat mengikuti perkembangan ini adalah jasa pengantaran atau delivery service yang menjadi salah satu komponen utama dari belanja online.

Untuk membuka bisnis ini sendiri kini semakin mudah karena beberapa perusahaan delivery besar di Indonesia membuka kemitraan dengan sistem franchise sehingga anda dapat memulai bisnis dengan lebih mudah. Yang terpenting adalah anda menemukan brand yang sesuai dengan calon konsumen anda karena setiap brand memiliki positioning dan target pasar mereka masing-masing.

3. Makanan dan Minuman Sehat

Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu efek pandemi yang dirasakan banyak orang.  Hal ini karena orang-orang semakin aware dengan berbagai ancaman yang muncul selama pandemi sehingga perlu mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat agar memiliki sistem imun yang baik untuk menghadapi situasi ini. Salah satu langkah awal yang banyak diambil orang untuk melakukan ini adalah mengubah apa yang mereka makan dan minum menjadi produk yang lebih sehat. Oleh sebab itu, bisnis ini sangat potensial untuk anda mulai di masa pandemi. Selain itu, bisnis ini juga sangat potensial untuk jangka panjang karena gaya hidup sehat ini akan menjadi kebiasaan baru masyarakat walaupun masa pandemi ini telah usai nantinya.

4. Bisnis Laundry

Masyarakat yang semakin sibuk membuat bisnis laundry menjadi salah satu bisnis dengan potensi perkembangan jangka panjang yang bisa anda coba. Bisnis ini sangat potensial terutama apabila anda berada di kawasan yang mendukung seperti area kostan atau kampus yang memiliki banyak konsumen potensial.

Bisnis laundry pun bisa dibilang merupakan bisnis yang tetap berjalan dengan baik selama pandemi karena jasa ini tetap dibutuhkan walaupun orang hanya di rumah. Bisnis ini pun membutuhkan modal yang relatif kecil sehingga bisa jadi pilihan bisnis yang anda mulai di masa pandemi.

5. Cloud Kitchen

Walaupun pandemi membuat banyak bisnis F&B gulung tikar karena berbagai pembatasan, tapi cloud kitchen merupakan salah satu yang tetap bertahan dan berkembang selama pandemi.

Konsep bisnis cloud kitchen merupakan konsep bisnis F&B yang sangat optimal di masa pandemi karena pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk set-up dine-in yang tidak optimal di masa pandemi.

Karena tidak memakan biaya untuk makan di tempat, modal bisnis menjadi lebih kecil dan keuntungan menjadi lebih optimal lagi. Biaya yang dibutuhkan pun menjadi semakin kecil karena persiapan akan berfokus pada bagaimana membangun dapur produksi yang baik.

Selain itu, bisnis ini sangat cocok dengan era yang serba digital seperti saat ini yang membuat pemesanan makanan pun bisa dilakukan via aplikasi. Pengembangan bisnis cloud kitchen berbasis pemesanan online membuat proses bisnis bisa berjalan dengan lebih optimal dan mencakup target pasar yang lebih luas lagi. Oleh sebab itu, bisnis makanan dengan model cloud kitchen pun tetap sangat potensial walaupun masa pandemi telah usai.

Hangry merupakan salah satu contoh brand cloud kitchen yang sukses berkembangan dalam beberapa tahun belakangan dan mengembangkan pemesanan lewat aplikasi miliki mereka sendiri. Konsep ini sangat potensial karena dalam satu lokasi, bisa isi bangun beberapa brand makanan dan minuman sekaligus sehingga keuntungan menjadi lebih optimal.

Sekarang, anda bisa ikut patungan membangun bisnis cloud kitchen potensial ini hanya modal mulai 1 juta. Investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk memiliki bagian kepemilikan dari berbagai bisnis potensial yang ada di sekitar anda.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang membantu anda menemukan bisnis dengan potensi keuntungan terbaik dari berbagai sektor seperti properti, klinik kecantikan, hingga bisnis F&B.

Yuk Temukan Bisnis Terbaik untuk Investasi Anda di LandX

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi.

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: