Investor Penerbit
menu-mobile

6 Tips Investasi untuk Generasi Milenial yang Bisa Kamu Coba

29 August 2022

|

7 Min Read

|

Author: Della Octavilia
6 Cara Milenial Investasi & Tips Investasi Milenial Terbaik

Investasi untuk milenial menjadi salah satu bagian dalam pengelolaan keuangan milenial agar memiliki kondisi finansial yang stabil di masa depan. Oleh sebab itu, penting bagi generasi milenial memahami dengan baik strategi investasi yang mengoptimalkan aset yang mereka miliki. Karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut tentang investasi untuk milenial.

Meningkatnya literasi keuangan membuat kegiatan investasi kian digandrungi oleh kaum milenial di Indonesia yang saat ini sedang berada di masa-masa produktifnya. Menurut Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pada demografi investor per-September 2021 di Indonesia didominasi oleh kaum milenial sebesar 59,23%.

Walaupun didominasi oleh kaum millennial, namun bila dilihat dari keseluruhan total generasi milenial di Indonesia, hanya sekitar 3% saja mereka yang telah melakukan investasi. Jadi, masih lebih banyak generasi milenial yang belum melakukan investasi. Padahal dengan melakukan investasi sedini mungkin, kaum milenial akan memiliki simpanan untuk masa tua nanti.

Pada artikel investasi milenial ini kita akan membahas tips seputar cara milenial investasi hingga rekomendasi investasi uang terbaik masa kini. Jadi ikuti terus artikel ini, ya.

Investasi Milenial

Generasi milenial adalah mereka-mereka yang lahir di antara tahun 1981-1996. Generasi milenial sendiri disebut-sebut sebagai generasi yang pertama kali merasakan perkembangan teknologi dan memiliki kepekaan teknologi yang lebih baik daripada generasi sebelumnya, yaitu generasi Baby Boomer.

Perkembangan teknologi yang semakin maju dan kepekaan kaum milenial terhadap teknologi ini dimanfaatkan pada sektor pasar modal. Dimana banyak perusahaan-perusahaan sekuritas di Indonesia yang mulai membuat inovasi dalam menawarkan kemudahan dalam bertransaksi di pasar modal yang sudah dapat dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk menarik minat kaum milenial untuk mulai melakukan investasi sejak dini.

Inovasi investasi mudah dan aman yang dilakukan para perusahaan sekuritas di Indonesia ini pun membuahkan hasil, investasi milenial pun semakin banyak digandrungi. Banyaknya kaum milenial yang mulai berinvestasi dapat dilihat dari data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang menyebutkan demografi investor per September 2021 di Indonesia didominasi oleh kaum milenial, yaitu sebesar 59,23%.

Investasi saham untuk milenial saat ini semakin berkembang dan mudah diakses seiring berkembangnya sistem investasi berbasis digital yang mempermudah akses milenial ke berbagai instrumen investasi. Akan tetapi, sebagai generasi milenial kita tetap butuh melakukan riset mendalam tentang suatu saham dan cara kerja dari suatu instrumen saham.

Walaupun investasi milenial semakin digandrungi dan pasar modal didominasi oleh kaum milenial, tetapi bila melihat jumlah keseluruhan generasi milenial di Indonesia, hanya 3% saja dari mereka yang telah melakukan investasi. Ini artinya masih jauh lebih banyak dari mereka yang belum melakukan investasi. Mengapa demikian? Hal ini karena gaya hidup kaum milenial yang terkenal konsumtif, jadi mereka masih belum terpikir untuk melakukan investasi.

Ya, generasi milenial dikenal sebagai generasi konsumtif. Mereka lebih mementingkan keinginan mereka yang dapat memberikan kesenangan sementara, daripada harus membatasi pengeluaran mereka. Jadi, bisa dibilang untuk menabung dan investasi pun masih kerap dilupakan oleh generasi ini. Makanya banyak juga generasi milenial yang mengalami krisis finansial akibat dari gaya hidup mereka yang konsumtif.

Nah, bagi kalian yang tidak mau mengalami krisis finansial dan berkeinginan untuk melakukan investasi, yang pertama kalian harus lakukan adalah memahami seputar instrumen investasi. Karena saat melakukan investasi, kalian akan menghadapi berbagai risiko. Dalam memulai investasi juga sebagai kaum milenial kalian harus pintar dalam memilih investasi mudah dan aman, agar investasi yang kalian jalani berpotensi mendatangkan keuntungan.

Tips Investasi untuk Milenial

Sebagai generasi yang dikenal memiliki gaya hidup konsumtif dan rentan mengalami krisis finansial, sudah sepatutnya Anda untuk menjadikan investasi sebagai gaya hidup. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari kesulitan finansial di masa mendatang dan Anda telah memiliki dana simpanan untuk masa tua nanti.

Sebelum mulai melakukan investasi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips investasi mudah dan aman untuk meminimalisir segala risiko saat berinvestasi. Berikut ini beberapa tips investasi untuk milenial, yaitu:

1. Toleransi Risiko (Risk Tolerance)

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebelum investasi milenial adalah dengan memahami toleransi risiko. Maksud dari memahami toleransi risiko adalah bagaimana kemampuan dan kemauan kalian dalam menangani risiko kerugian saat berinvestasi. Karena risiko kerugian ini dapat bersifat permanen atau sementara.

Memahami toleransi risiko investasi itu penting karena mempengaruhi cara dan keputusan Anda saat terjadi dalam merespon kondisi di pasar modal.

2. Alokasi Aset (Asset Allocation)

Tips investasi milenial selanjutnya adalah dengan melakukan alokasi aset. Anda arus memikirkan juga nih saat mengembangkan atau membangun portofolio investasi, seberapa banyak yang bisa dialokasikan untuk saham aset lainnya, seperti obligasi atau real estate.

3. Diversifikasi (Diversification)

Diversifikasi dilakukan demi menekan risiko dan meningkatkan potensi keuntungan saat investasi. Cara menerapkan diversifikasi yaitu dengan menempatkan aset jenis lain di portofolio. Karena jika memiliki satu aset saja risiko kerugiannya jauh lebih tinggi. Maka jauh lebih baik jika kalian memiliki jenis aset yang berbeda dalam portofolio untuk menurunkan risiko kerugian investasi.

4. Aktif vs Pasif

Tips cara milenial investasi selanjutnya adalah dengan memutuskan apakah kalian ingin menjadi investor yang aktif atau pasif. Untuk investor aktif sendiri bertujuan untuk mencari return yang tinggi dalam jangka pendek. Biasanya investor aktif ini sering menjual dan membeli saham guna mendapatkan return yang besar. Sedangkan untuk investor pasif biasanya dilakukan untuk jangka waktu panjang. Dimana mereka lebih membatasi perputaran dana yang ada atau lebih menahan sahamnya.

6 Investasi Masa Kini untuk Milenial

Setelah kita membahas tips investasi untuk milenial, selanjutnya kita akan membahas 6 investasi milenial masa kini yang sedang digandrungi dan berpotensi mendapatkan keuntungan. Ada apa saja? Berikut ini 6 investasi masa kini untuk milenial, yaitu:

1. Investasi Saham

Investasi satu ini kerap kali disebut sebagai pilihan investasi generasi muda. Karena banyak generasi muda, terutama generasi milenial memilih investasi saham saat memulai investasi. Jika Anda memilih investasi saham, artinya Anda akan membeli kepemilikan saham di suatu perusahaan. Nah, nantinya ketika perusahaan tersebut meraih keuntungan, kalian berkesempatan mendapatkan keuntungan juga.

Jenis investasi milenial ini dinilai menjadi salah satu instrumen investasi yang berpotensi membawa keuntungan tinggi, namun risikonya juga tinggi. Karena saham sendiri bergerak secara variatif setiap detiknya.

2. Reksa dana

Selain investasi saham, reksa dana juga dipilih sebagai investasi generasi muda. Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi dengan mewadahi modal dari sekumpulan investor untuk menanamkan modalnya di aset-aset yang terdapat di pasar modal. Reksa dana dinilai cocok untuk generasi milenial, karena nantinya modal yang sudah ditanamkan akan dikelola oleh Manajer Investasi. Memulai investasi reksa dana pun dapat dilakukan dengan modal yang minim.

3. Deposito

Investasi milenial selanjutnya adalah deposito. Deposito merupakan salah satu produk bank berupa simpanan dalam jangka waktu tertentu dengan bunga yang lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasanya.

Jika memilih deposito sebagai investasi, pertama-tama Anda harus menyetorkan dana sebagai modal awal, kemudian memilih jangka waktu simpanannya. Jangka waktu dalam deposito biasanya dengan jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Anda bisa mencairkan dana sesuai jatuh tempo yang telah disepakati dengan bank.

4. Obligasi Pemerintah

Satu lagi dari investasi milenial lainnya adalah obligasi pemerintah atau surat berharga negara. Obligasi pemerintah sendiri dikenal sebagai salah satu produk investasi yang memiliki risiko rendah. Obligasi adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dan ditawarkan kepada masyarakat umum dalam rangka mendapat pendanaan.

Nantinya Anda yang membeli obligasi pemerintah ini tidak langsung mendapatkan menerima imbal hasil, Anda harus menunggu hingga jatuh tempo berdasarkan ketentuan dari pemerintah. Contoh dari obligasi pemerintah adalah Obligasi Negara Ritel (ONR), Sukuk Tabungan, Sukuk Ritel, dan lainnya. Anda yang membeli obligasi pemerintah selain akan mendapat imbal hasil, juga berperan dalam membantu pembangunan negara.

5. Emas

Investasi emas sampai kapanpun akan terus menjadi primadona, baik untuk generasi Baby Boomer, hingga ke generasi milenial. Apalagi banyak yang memilih investasi emas sebagai investasi untuk jangka waktu panjang.

Cara kerja dari investasi emas juga dibilang mudah dan cenderung mengalami kenaikan harga di tiap tahunnya, alhasil investasi masa kini ini selalu banyak peminatnya.

Jika Anda memilih untuk melakukan investasi emas, caranya mudah yaitu hanya perlu membeli emas dalam bentuk batangan maupun perhiasan. Investasi emas pun dapat menjadi pilihan jika kalian sedang membutuhkan dana cepat, karena dapat dijual kapanpun.

6. Investasi Equity Crowdfunding

Pilihan investasi milenial lainnya yang dapat kalian pilih adalah investasi dengan sistem equity crowdfunding. Nantinya Anda akan menanamkan modal kalian secara patungan dengan beberapa investor lainnya ke salah satu bisnis yang berpotensi.

Melalui equity crowdfunding Anda berkesempatan menjadi salah satu pemilik bisnis yang telah tersedia. Namun, sebelum Anda memulai investasi ini terlebih dahulu kalian harus mengecek lebih dalam bisnis yang akan kalian pilih untuk meminimalisir segala risiko yang dapat terjadi.

Nah, dari bisnis yang sudah Anda danai secara patungan, nantinya Anda juga berpotensi mendapatkan keuntungan berupa dividen sesuai dengan besaran penanaman modal di awal.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang dapat dipilih untuk menanamkan modal kalian di berbagai bisnis yang telah listing. LandX juga telah memiliki market cap terbesar se-Indonesia dan telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). memulai investasi di LandX juga dapat dilakukan dengan modal yang kecil, yaitu mulai dari 1 jutaan, saja.

Persiapkan Masa Depan Terjamin dengan Investasi di LandX Sekarang Juga

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga