Berikut 7 Bisnis Paling Menguntungkan untuk Pemula dengan Modal Kecil

Membangun bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang tentu saja impian semua orang saat ingin membangun suatu bisnis. Akan tetapi, hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah apalagi melihat persaingan pasar yang semakin ketat. Oleh sebab itu, agar bisnis menguntungkan anda perlu menyusun strategi jitu yang membuat bisnis yang anda miliki dapat bersaing dengan kompetitor.

Namun, sebelum membahas bagaimana menyusun strategi bisnis yang menguntungkan anda harus menentukan dulu jenis bisnis yang ingin anda buka. Apabila anda masih bingung dan belum memiliki ide, berikut 7 rekomendasi bisnis menguntungkan yang bisa anda coba.

Table of Content

Rekomendasi Bisnis yang Menguntungkan

1. Bisnis Tanpa Modal dengan Sistem Dropship

Salah satu bisnis menguntungkan dengan modal dan risiko yang cenderung kecil adalah bisnis dropship. Dalam sistem ini anda tidak perlu menyiapkan modal untuk stok barang karena sebagai dropshipper anda akan meneruskan orderan dari konsumen anda kepada supplier anda.

Supplier nantinya akan mengemas dan mengirim produk yang telah anda pesan kepada konsumen anda. Oleh sebab itu, apabila ingin memulai bisnis dengan sistem ini anda perlu mencari supplier terpercaya sehingga bisnis yang anda lakukan dapat berjalan lancar.

Menjalankan bisnis ini kini semakin mudah karena banyak bisnis membuka kemitraan dengan sistem ini dan beberapa e-commerce pun kini menyediakan fitur yang mempermudahan dropshipper dalam menjalankan bisnis.

Cara ini bisa anda coba apabila anda ingin memulai bisnis tapi masih belum memiliki modal yang cukup. Agar memberikan keuntungan yang maksimal, anda perlu melakukan analisis mendalam untuk menemukan supplier dengan harga dan pelayanan terbaik sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Budidaya Ikan Hias

Ikan hias menjadi hobi yang sangat populer dan digandrungi oleh berbagai kalangan dalam beberapa waktu belakangan ini. Mulai dari koleksi ikan jenis cupang, koi, dan ikan eksotis seperti jenis arwana semakin banyak peminatnya belakangan ini.

Tingginya permintaan ini bisa anda jadikan kesempatan membangun bisnis budidaya ikan hias seperti cupang yang budidayanya cenderung mudah dibanding ikan lain. Bisnis ini sangat potensial karena industri ini memiliki potensi pasar yang luas hingga mancanegara.

3. Bisnis Makanan Sehat

Bisnis F&B merupakan salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat dan bertahan di masa pandemi. Kondisi pandemi membuat trend bisnis F&B pun berubah sehingga muncul model bisnis F&B dengan konsep cloud kitchen yang semakin populer dalam beberapa waktu belakangan.

Selain model bisnis, produk F&B pun kini kian beragam mengikuti perkembangan pasar dan kebutuhan dari masyarakat. Makanan sehat merupakan salah satu jenis produk yang semakin diminati belakangan ini karena pandemi mendorong masyarakat untuk menjalankan hidup yang lebih sehat. Kesempatan ini bisa anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dengan membuka bisnis yang menjual makanan sehat seperti salad, paket catering diet, atau berbagai cemilan rendah kalori.

4. Bisnis Custom Gift

Saat memberikan hadiah, banyak orang ingin memberikan sesuatu yang unik sehingga penerima dapat terus mengingat hadiah tersebut. Oleh sebab itu, kini banyak bermunculan jasa custom gift yang membantu konsumen menciptakan hadiah unik untuk orang tersayang mereka.

Apabila anda memiliki kemampuan untuk merancang gift box yang unik dan menarik maka anda bisa mulai membangun bisnis ini. Bisnis ini sangat menjanjikan karena saat ini semakin banyak momen yang mendorong orang untuk saling mengirim hadiah seperti ulang tahun, kelulusan, atau momen menyemangati seseorang saat sedang isolasi mandiri.

5. Memulai Bisnis Fashion

Fashion merupakan salah satu industri yang tidak ada matinya karena industri ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Untuk memulai bisnis anda memiliki dua pilihan, anda bisa menjual pakaian yang sudah jadi atau menjual pakaian dengan modal dan desain yang anda produksi sendiri.

Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa anda sesuaikan dengan modal dan pasar yang anda tuju. Apabila anda memang memiliki ide dan kemampuan untuk memproduksi sendiri, maka anda memikirkan bagaimana cara produk baru yang anda jual ini disukai oleh pasar. Oleh sebab itu, anda perlu memikirkan konsep dari bisnis fashion yang akan dijalankan secara matang.

6. Bisnis Car Wash

Jasa pencucian mobil dan motor bisa jadi pilihan bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan untuk anda. Bisnis ini sangat potensial karena banyak orang tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri kendaraan mereka. Selain itu, menggunakan jasa car wash dinilai lebih efektif karena lebih bersih dan cepat karena didukung oleh alat yang lengkap.

Apabila tertarik memulai bisnis ini, anda harus menyiapkan lokasi yang strategis seperti dekat dengan jalan raya agar bisnis anda dapat mudah diakses oleh konsumen. Apabila kesulitan merencanakan sistemnya, maka anda bisa membuka bisnis ini dengan skema franchise sehingga anda lebih mudah menjalankan bisnis ini.

7. Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang terus berkembang dan memiliki pasar yang semakin besar dari waktu ke waktu. Hal ini karena orang-orang semakin sibuk sehingga mereka tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Selain itu, hal ini juga terjadi karena banyak orang yang tinggal di kontrakan atau kost tidak memiliki ruang yang cukup untuk mesin cuci. Hal ini membuat laundry kiloan menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang.

Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, bisnis ini sangat menjanjikan apabila anda berhasil menemukan lokasi yang strategis yang mudah diakses oleh calon konsumen anda. Selain lokasi, anda juga harus memperhatikan keunggulan dari laundry yang ingin anda buka sehingga menarik perhatian konsumen. Konsep laundry ramah lingkungan merupakan contoh gebrakan baru yang membuat konsumen semakin tertarik menggunakan laundry anda.

Menyusun Strategi agar Bisnis Menguntungkan

Salah satu cara menyusun strategi yang bisa anda terapkan adalah dengan analisis SWOT sehingga anda bisa membangun strategi untuk bisnis dengan keuntungan yang lebih optimal. Supaya anda lebih paham mari kita bahas satu per satu komponen dari analisis SWOT

1. Strength

Komponen pertama adalah strength atau kekuatan, komponen ini merupakan faktor internal yaitu kekuatan yang dimiliki oleh bisnis yang akan anda bangun. Anda harus membuat daftar kelebihan apa saja yang bisnis anda miliki sehingga bisa anda gunakan untuk memberikan anda keuntungan yang lebih maksimal. Hal ini bisa dari sisi produk, lokasi, atau sumber daya yang anda miliki.

2. Weakness

Selanjutnya, anda perlu memperhatikan weakness atau kelemahan dari bisnis anda untuk anda perbaiki dan optimalkan lagi. Anda perlu menganalisis kekurangan dari bisnis anda dari kompetitor sehingga anda tahu apa saja yang harus diperbaiki untuk mencapai bisnis dengan keuntungan yang optimal.

3. Opportunity

Opportunity merupakan faktor eksternal yang perlu anda analisis untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Anda perlu melihat berbagai peluang yang ada di pasar pada saat ini. Anda bisa mulai dengan melihat kebutuhan konsumen apa saja yang belum terpenuhi sehingga bisa anda manfaatkan sebagai peluang pengembangan bisnis.

4. Threat

Terakhir, threat merupakan ancaman yang muncul dari luar seperti kompetitor yang harus anda waspadai saat menjalankan suatu bisnis. Untuk itu anda harus menyusun strategi bagaimana agar bisnis anda tidak ketinggalan dan bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Risiko dalam Bisnis

Dibalik potensi keuntungan yang besar, membangun bisnis juga memiliki risiko yang besar sehingga anda harus berhati-hati dalam membangun bisnis. Tingginya risiko kerugian ini juga disebabkan oleh masih kurangnya pengalaman anda sebagai pemula dalam mengelola bisnis. Oleh sebab itu, anda harus melakukan analisis dengan baik sebelum memulai suatu bisnis.

Apabila anda belum sanggup untuk menanggung risiko ini, ada cara yang lebih mudah yaitu investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding. Sistem ini membuat risiko kerugian anda menjadi lebih kecil karena bisnis yang anda danai akan dikelola oleh pihak yang sudah berpengalaman. Selain itu, cara ini sangat cocok untuk pemula karena investasi ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Karena itu, tunggu apalagi yuk…

Yuk Pilih Bisnis Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang Anda Bersama LandX

Biar Terus Update Berbagai Info Terbaru Seputar Bisnis, Yuk Follow Instagram Kami di @landx.id

#LandX.id#landx.id#landx  #InvestasiBisnis#EquityCrowdfunding#InvestasiMenguntungkan#Urundana#BisnisPatungan#InvestasiUsaha

Baca Juga: