menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

7 Cara Mendapat Modal Usaha Tahun 2022, Nomor 5&7 Boleh Nih! | LandX

Monday, 11 Apr 2022

Read in 7 minutes

cara mendapat modal usaha tahun 2022, crowdfunding, pinjaman modal usaha

Setelah memahami target market, langkah selanjutnya adalah mendapatkan modal usaha. Berikut 7 cara mencari modal usaha di tahun 2022..

Untuk mulai berbisnis hal paling penting adalah mengerti pasar (market). Dengan mengerti kebutuhan market dan cara mengisi kebutuhan target market, maka Anda dapat menentukan strategi selanjutnya. 

Menentukan produk dan mencari modal menjadi fokus selanjutnya bagi seorang pebisnis.  Namun, sejumlah target modal ternyata sulit untuk dikumpulkan. Atau ketika bisnis Anda telah berjalan dan terlihat ada peluang untuk ekspansi namun tersendat karena kekurangan dana.

Nah, LandX akan bantu berikan 7 opsi cara mendapatkan modal usaha di tahun 2022 untuk ide pengembangan bisnis Anda. 

7 Cara Mendapat Modal Usaha Tahun 2022

1. Dana Pribadi

Cara mendapat modal usaha pertama adalah dari dana pribadi. Dan pribadi dapat berasal dari tabungan pribadi Anda, menjual atau menjamin aset berharga pribadi di lembaga Pegadaian.

Aset berharga yang dapat Anda jaminkan pada lembaga bersangkutan yaitu emas perhiasan, emas batangan, surat kendaraan bermotor, barang elektronik, dan surat tanah. Jaminan yang Anda berikan dibalas dengan uang tunai yang dapat dijadikan modal usaha.

Namun, Anda juga dapat mendaftar program kredit khusus pinjaman usaha dari Pegadaian. Dengan modal surat BPKB kendaraan bermotor saja, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai Rp 1 juta.

Proses pengajuan pinjaman usaha Pegadaian dapat diproses dalam 3 hari hingga dicairkan. Anda dapat melakukan pelunasan dengan jangka waktu pilihan mulai 12 hingga 48 bulan sembari membayar sewa modal (bunga pinjaman) dan angsuran tetap setiap bulan.

2. Rekan Bisnis

Jika mengandalkan tabungan pribadi terasa berat untuk dijadikan modal usaha, Anda dapat mencari rekan bisnis untuk membangun usaha bersama. Carilah rekan bisnis yang memiliki karakteristik visioner dan minat yang sama.

Penting sebelum resmi berjalan sebagai rekan bisnis bersama, Anda perlu menjelaskan tujuan Anda serta strategi secara rinci. Tidak lupa, bahas dan setujui bersama car pembagian keuntungan usaha ke depannya.

Memiliki rekan bisnis banyak keuntungannya, salah satunya ialah memiliki teman diskusi untuk brainstorming memperkuat strategi bisnis yang dijalankan.

3. Bank

Sumber pinjaman modal usaha selanjutnya adalah mengajukan pinjaman kepada bank. Bank menyediakan sistem Kredit Tanpa Agunan (KTA) bagi para pemilik bisnis. Setiap bank memiliki produk KTA dengan ketentuan dan syarat masing-masing.

KTA dapat diajukan dengan Anda sebagai nasabah bank tersebut. Kemudian, Anda harus melalui langkah pengajuan KTA yang pada umumnya sebagai berikut:

  • Memiliki skor kredit yang bagus – skor kredit adalah suatu penilaian profil kredit preminjam (debitur) oleh lembaga yang melayani keuangan untuk menentukan kelayakan.
    Cara skor kredit dilakukan adalah dengan melihat riwayat pinjaman yang dimiliki debitur. Seperti kredit barang elektronik, rumah atau kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan untuk melihat kemampuan debitur untuk membayar cicilan pinjaman.
  • Memenuhi persyaratan yang diperlukan – lengkapi berkas fotokopi data diri, slip penghasilan, buku tabungan serta proposal bisnis (business plan).
    Cari tahu apa itu business plan di sini!
  • Mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan – bank memiliki standar sendiri untuk menentukan jumlah pinjaman yang boleh diajukan. Hal ini untuk mencegah risiko kegagalan bayar yang mungkin terjadi.
  • Tentukan tenor pinjaman – setelah dana pinjaman Anda berhasil disetujui, tentukan batas pelunasan pinjaman yang disepakati oleh Anda dan pihak bank.

4. Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah (KUR)

Terdapat beberapa bantuan pemodalan bisnis dan usaha dari pemerintah, salah satu yang banyak diberikan kepada pelaku usaha adalah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman KUR tahun 2022 bisa didapatkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Pemerintah masih memberikan suku bunga yang sama seperti seperti tahu sebelumnya yaitu di level 6 %. Terdapat beberapa perubahan pada subsidi KUR yang bisa diakses melalui situs resmi. 

Manfaatkan KUR untuk pengembangan usaha Anda dengan akses lamar kur.bri.co.id dan buat akun. Cara daftar pinjaman KUR dapat dilakukan secara online dengan mengisi data yang diberikan BRI seperti profil nasabah, prodil usaha, unggah dokumen dan data pengajuan.

5. Pinjaman dari E-commerce, Dompet Digital, dan P2P Fintech

Ternyata Anda juga dapat mengajukan pinjaman dari fitur yang disediakan oleh e-commerce dan dompet digital. 

  • Pinjaman modal usaha dari E-commerce

Pada e-commerce asal Singapore, Shopee, Anda dapat mengajukan pada program Pinjaman Modal Shopee yang bekerja sama dengan pihak ketiga.Syarat utama yang harus Anda penuhi untuk dapat mengajukan pinjaman modal lewat Shopee ialah aktif berjualan selama minimal 6 bulan di platform Shopee.
Baru saja melangsungkan IPO saham GOTO bersama perusahaan mergernya Gojek, Tokopedia juga menyediakan fasilitas pinjaman modal bagi pelanggannya. Fitur Modal Toko dapat Anda akses pada bagian layanan keuangan aplikasi Tokopedia Seller. 

Dengan mengisi sejumlah data dan total dana yang diajukan, permintaan Anda akan diproses. Apabila disetujui oleh Tokopedia maka modal dapat dicairkan hanya dalam 3 hari proses saja.

  • Pinjaman modal usaha dari dompet digital

Dompet digital semakin canggih, kini tersedia fitur paylater yang menyediakan kredit pinjaman. OVO, Gopay, Shopeepay telah menyediakan layanan paylater. Anda dapat mengajukan kredit dan melakukan pelunasan dan cicilan mulai 3 hingga 9 bulan.

  • Pinjaman modal usaha dari fintech

Berbagai aplikasi finansial teknologi seperti peer-to-peer (P2P) lending bertebaran dalam menawarkan pinjaman online (pinjol). Proses super kilat dan syarat yang ringan membuat sebagian orang tergiur mengajukan sejumlah pinjaman.

Hati-hati dalam memilih penyelenggaran pinjol, pastikan fintech P2P yang Anda pilih terdaftar di OJK. Anda dapat melakukan pengecekan perusahaan yang pinjaman online yang terdaftar di OJK melalui situs resmi.

6. Investor: Investor Keluarga, Venture Capital, Angel Investor

Mendapatkan pendanaan dari investor tidaklah mudah. Sebagai investor, mereka akan mementingkan penawaran angka return yang menarik dan menguntungkan. Untuk dapat menawarkan angka return yang realistis bagi bisnis Anda kepada investor maka penting untuk mengenalkan bisnis dalam sebuah proposal business plan.

Dalam business plan akan dibutuhkan hasil riset Anda sebagai pemilik bisnis terkait potensi dan deskripsi usaha serta target market, strategi untuk menjangkau market, potensi risiko dan sikap mitigasi dan proyeksi laporan keuangan.

Jika Anda memiliki ide bisnis yang dapat menciptakan perubahan pada keseharian masyarakat secara luas, pelajari cara pitching atau presentasi ide bisnis kepada investor modal besar seperti venture capital dan angel investor.

Untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis kecil, Anda dapat menjangkau orang terdekat seperti anggota keluarga atau sodara untuk digaet sebagai investor. 

7. Crowdfunding: Equity dan Securities

Crowdfunding adalah sistem mengumpulkan sejumlah dana untuk bisnis dari masyarakat secara online. Kegiatan penggalangan dana crowdfunding juga dikenal sebagai patungan bisnis dengan bentuk kepemilikan saham. Crowdfunding memiliki sifat layaknya gotong-royong.

Dengan mendaftarkan perusahaan Anda pada sistem yang menyediakan layanan crowdfunding, Anda dapat mengundang para pemilik modal untuk menjadi investor bisnis Anda. 

Terdapat dua jenis sistem crowdfunding, walaupun dasarnya namun memiliki sedikit perbedaan:

  1. Equity Crowdfunding – Equity crowdfunding atau disingkat ECF adalah pendanaan pada bisnis kecil, UKM atau startup pemula. 
  2. Securities Crowdfunding – Securities crowdfunding adalah skema pendanaan yang dihimpun secara online dari sejumlah masyarakat untuk pengembangan bisnis. Mirip dengan equity crowdfunding, namun pada securities crowdfunding juga menyediakan produk seperti saham, obligasi, saham syariah, dan sukuk.

Keuntungan mendaftarkan bisnis pada pendanaan crowdfunding adalah sebagai berikut:

Pengajuan pendanaan secara online
Bisnis Anda akan dapat menyebarkan sejumlah bagian saham kepada publik untuk dijual secara online(listing). Mendapat pendanaan dari masyarakat yang melihat dan mereview potensi bisnis Anda.

1. Proses mudah, cepat, dan aman karena diawasi OJK 
Setiap penyelenggara crowdfunding harus terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dikarenakan berkaitan dengan transaksi keuangan secara online.

Pendanaan pun dibuka kepada publik dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 45 hari. Sebelum jangka waktu tersebut, bisnis Anda juga dapat meraih pendanaan lebih cepat jika para calon investor tertarik dengan bisnis Anda.Karena itu penting untuk memberikan penjelasan yang jelas namun strategis terhadap langkah perusahaan Anda saat pendanaan dibuka.

2. Akses terbaru dalam dunia permodalan 
Crowdfunding muncul layaknya industri baru khususnya di Indonesia. Namun, sistem crowdfunding sudah dikenal dan digunakan secara luas di luar negeri seperti Amerika. Jika mengajukan modal usaha kepada lembaga keuangan lainnya melalui proses dokumen yang panjang, dengan crowdfunding dapat dijalankan lebih efisien.

Itulah beberapa opsi bagi Anda pemilik bisnis untuk mendapatkan modal usaha. Membangun dan mengelola bisnis memiliki tantangan dan pencapaian yang luar biasa. Tidak mudah, namun tidak akan menyerah jika passion menguasai Anda.

Memiliki Bisnis dengan Modal Sejutaan

Apa Anda memiliki bisnis impian untuk dimiliki? Namun, ingin memiliki bisnis secara mudah sebagai pemegang saham saja? Anda dapat menjadi investor bisnis di platform crowdfunding LandX.

Di LandX, Anda dapat tergabung sebagai calon investor project-project bisnis potensial yang telah melalui proses seleksi standar aset yang tinggi. Berinvestasi pada skema crowdfunding akan membuat Anda dapat memiliki keuntungan bagi hasil dari laba perusahaan berupa dividen.

Memiliki bisnis, berinvestasi dan mendapat keuntungan dividen sekarang bisa dengan modal mulai sejutaan saja di LandX. Cukup dengan download aplikasi LandX dan lakukan verifikasi akun, Anda dapat memilih sendiri project bisnis impian dan menerima keuntungan dividen rutin.

Karena itu,

Yuk, download aplikasi LandX, verifikasi akun dan pilih bisnisnya sekarang! 

*kuota terbatas untuk setiap project bisnis

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga