Kegiatan investasi properti secara online sedang marak-maraknya. Berbagai keunggulan yang didapatkan dari investasi properti online menjadikan orang-orang berlomba-lomba untuk ikut di dalamnya. Salah satu platform investasi online yang terpercaya saat ini adalah LandX.id. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh platform equity crowdfunding, diantaranya kemudahan monitoring melalui aplikasi yang disediakan oleh LandX yang membantu Anda untuk bisa memonitoring berbagai informasi terkait penjualan properti Anda di mana saja Anda berada, melalui perangkat berbasis android atau ios yang Anda gunakan.

Sebelum Anda ikut bergabung dalam investasi properti online, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting seputar cara melakukan investasi properti online di bawah ini.

1. Ketahui Tujuan Investasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan investasi. Apakah rencana penjualan kembali properti tersebut dalam jangka pendek yaitu untuk mendapatkan imbal hasil dalam waktu yang cepat atau untuk jangka panjang berupa imbal hasil yang bisa didapatkan secara berkala.

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan, sebuah properti sebaiknya disimpan minimal 3-5 tahun.

Jika Anda ingin berinvestasi properti jangka pendek, sebaiknya Anda membeli properti yang sudah menghasilkan cashflow. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mendapatkan penghasilan dari properti tersebut.

Jika Anda ingin menyimpan properti dalam jangka panjang, sebaiknya Anda membeli properti dengan harga rendah, dan juga memiliki penghasilan sewa sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Lalu tunggu hingga properti tersebut mengalami kenaikan harga, dengan begitu Anda bisa menyewakan dengan nilai yang lebih baik, dan juga menjualnya di harga yang menguntungkan.

2. Pilih Tipe Properti

Tentukan tipe properti yang Anda ingin investasikan. Saat ini ada beberapa tipe properti, seperti tanah kosong, ruang perkantoran, indekost, kost-hotel, apartemen, ruko, kios, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tipe properti yang Anda pilih akan menentukan harga properti dan biaya perawatan yang harus Anda keluarkan. Oleh karena itu, seharusnya Anda sudah memiliki estimasi anggaran biaya terkait investasi properti yang nantinya akan Anda keluarkan.  

3. Cek Kondisi Properti

Lakukan pengecekan kondisi properti yang akan Anda beli sebagai investasi. Pastikan kondisi properti tersebut memang dalam keadaan baik. Beberapa hal yang harus dicek dengan seksama adalah kondisi dan usia bangunan, dinding, lantai, struktur atap, listrik, air, saluran udara, dan pembuangan.

4. Perhatikan Lokasi

Sebelum membeli sebuah properti, pastikan lokasi properti tersebut memang bisa mengundang minat penyewa. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan di sini adalah akses transportasi, titik banjir atau longsor, lokasi sekolah dan sekolah tinggi, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, dan yang lainnya.

5. Cek Kondisi Tetangga dan Lingkungan Sekitar

Meskipun properti Anda terlihat menarik, tapi Anda harus melalukan pengecekan kondisi tetangga dan lingkungan sekitarnya. Perhatikan sejauh mana tingkat keamanan lokasi di sekitar properti tersebut, kondisi jalan dan penerangannya, lokasi parkir, dan semisalnya.

6. Cek Legalitas Dokumen

Lakukan pengecekan legalitas dokumen properti seperti sertifikat bangunan, IMB, dan bukti pembayaran pajak dengan seksama.  Pastikan kalau nama yang tertera pada sertifikat tersebut memang merupakan nama penjual.

7. Cek Harga Pasaran & Negosiasi Harga

Setelah semua poin di atas sudah selesai, pastikan Anda melakukan pengecekan terhadap harga properti sejenis di lingkungan sekitar. Untuk mendapatkan informasi lebih akurat, Anda bisa menggunakan jasa appraisal, bertanya kepada agen properti, atau mencarinya langsung melalui internet.

Jika Anda bergabung bersama LandX, Anda tidak perlu repot-repot melakukan sendiri semua yang disebutkan pada semua poin-poin di atas, karena LandX memiliki tim profesional yang akan melakukan riset dan hal-hal penting lainnya untuk setiap properti yang akan dibeli.

Pilihan Investasi untuk Pemula

Menjadi Investor Properti dengan Modal 5 Juta

Alasan Pentingnya untuk Berinvestasi Properti Secepatnya