menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

9 Pebisnis Muda Sukses di Indonesia yang Inspiratif

Friday, 11 Mar 2022

Read in 7 minutes

Author: Vlora Riyandi
Entrepreneur muda Indonesia yang sukses membangun berbagai bisnis dan startup di Indonesia

Yuk cek siapa saja pengusaha muda Indonesia tahun 2022??

Muda dan kaya jadi impian semua orang yang sedang menjalani masa mudanya. Namun, banyak usaha yang perlu diinvestasikan dalam menjalankannya. LandX membahas beberapa barisan pebisnis muda Indonesia yang bakal buat kamu membara dan ingin lebih berkarya.

Edward Tirtanata - Kopi Kenangan

Industri F&B Indonesia dibuat heboh oleh sambutan Nasdaq, bursa saham elektronik pertama di dunia, untuk status unicorn Kopi Kenangan yang dipimpin Edward Tirtanata. 

Sebagai perusahaan dengan valuasi mencapai 1 miliar dolar AS, tahun ini Kopi Kenangan gencar untuk menebarkan 1.000 gerai di Indonesia dan berharap dapat IPO pada 2023.

Edward Tirtanata pernah mengemban ilmu keuangan dan akuntansi di Northeastern University di Massachusetts, AS. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan konsultan dunia di Jakarta.

Sembari mengurus bisnis pribadi, Edward terpaku saat melihat antrian kopi yang panjang di sebuah mal saat jam makan siang, hal inilah awal Edward memanfaatkan momentum yang dilihatnya.

Bersama dua rekannya yang sekaligus menjadi cofounder dari Kopi Kenangan, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa, bersama-sama membangun bisnis coffee-chain ini di tahun 2017. Dengan konsep coffee-chain, seluruh gerai coffee shop Kopi Kenangan adalah milik perusahaan, bukan kemitraan.

Amanda Cole - Sayurbox

Warga Jakarta yang suka masak pastinya sudah melirik bahkan menggunakan aplikasi pengantar produk-produk segar dan berkualitas dari Sayurbox. Pendiri sekaligus CEO Sayurbox, Amanda Cole, merintis platform yang menawarkan produk sehat dan segar yang dapat membantu petani Indonesia.

Sekembalinya ke Jakarta setelah lulus dari The University of Manchester jurusan management and finance. Amanda Cole kemudian menjalani kehidupan pekerjaan di Jakarta sembari berkebun, hobi hariannya. 

Tertarik dengan berkebun dan sering berdiskusi dengan pamannya yang mengajar terkait pertanian organik, wanita kelahiran tahun 1990 ini pun kemudian mengolah sebuah lahan pertanian milik pamannya. Di tahun 2017, Amanda pun bertemu dengan Metha dan Rama Notowidigdo yang kemudian merintis Sayurbox.

Para pendiri Sayurbox pun bekerja sama dengan para petani dan ratusan mitra untuk mendistribusikan produk-produk sayur segar pilihan. Kini, Sayurbox mampu mengirimkan lebih dari 1.000 orderan per hari di area Jabodetabek. Amanda Cole juga tercatat di Forbes 30 Under 30 karena perjalanan bisnis dan karirnya yang sukses sebagai pengusaha muda Indonesia tahun 2022.

William Tanuwijaya - Tokopedia 

Berdiri di tahun 2009, Tokopedia mulai dapat diakses oleh publik pada 17 Agustus 2009. Tokopedia kini telah menjadi ecommerce barisan Top of Mind pilihan masyarakat Indonesia. 

Berkat ide bisnis cemerlang dan pendanaan modal ventura skala dunia, berhasil menghantarkan Tokopedia menjadi perusahaan valuasi 1 miliar dolar AS atau  unicorn pada tahun 2017.

Jalur keberhasilan Willian Tanuwijaya membawa Tokopedia ke puncak yang diagung-agungkan tidaklah mudah. Dengan bekal ilmu software komputer dilingkup pekerjaan setelah lulus dari Universitas Bina Nusantara, masih tidak cukup dilirik para investor ide bisnis rupawannya.

Menggandeng Leontinus Alpha Edison, mereka bersama-sama membangun Tokopedia sebagai situs jual beli online (ecommerce) yang gratis bagi seluruh warga Indonesia. Ide bisnis ini pun sukses mendapat pendanaan investor setelah 2 tahun dan Tokopedia pun dirilis tahun 2009.

Haryanto Tanjo - Moka

Haryanto Tanjo adalah cofounder dan CEO dari startup finansial teknologi, Moka. Bersama rekan cofounder Grady Laksmono yang merupakan sesama profesional dibidang teknologi, mereka mulai mengembangkan sistem bisnis point-of-sale (POS) yang membantu operasional bisnis di tahun 2014.

Dilansir media SWA, Haryanto dan Grady bertemu di Los Angeles. Haryanto sedang melanjutkan kuliah S2 di UCLA School of Management dan Grady sedang bekerja sebagai Software Engineer di Zynga, perusahaan yang membuat game sepert FarmVille. Melihat potensi bisnis dan teknologi di Indonesia, mereka pun kembali ke Indonesia untuk berkontribusi memberikan solusi bagi pemilik bisnis UMKM.

Bisnis Moka sukses membantu para pemilik bisnis yang terjebak dengan kegiatan administratif yang menyita waktu seperti rekap transaksi harian di kasir serta stok penjualan. Membantu ribuan pemilik bisnis dengan puluhan cabangnya.

Pada April 2020, Moka diakuisisi oleh Gojek dan menjadi bagian dari lini usaha Gobiz yang fokus menjadi solusi bagi bisnis UMKM Indonesia. 

John Rasjid - Sociolla

Diluncurkan sebagai website beauty commerce berbasis teknologi pada tahun 2015, Sociolla sukses menarik perhatian beauty enthusiast. Sociolla kini telah menjadi destinasi utama untuk mencari produk kecantikan terpercaya.

Tiga sekawan pendiri Sociolla yaitu Christopher Madiam, Chrisanti Indiana dan John Rasjid mendirikan perusahaan ini karena secara pribadi merasakan dulu sulit menemukan produk kecantikan yang resmi. 

John Rasjid adalah lulusan University of Bristish Columbia di Kanada dengan mengambil studi commerce and corporate finance. Di tahun kelulusannya di 2007, ia langsung terjun di industri perbankan, Standard Chatered Bank yang berlokasi di Dubai.

Lebih dari 3 tahun di Dubai, ia kembali ke Jakarta untuk menjadi Associate Director dari perusahaan teknologi investasi dan jasa keuangan yang berkantor pusat di Swiss. Lewat 4 tahun, di tahun 2015 ia kemudian berhenti untuk mengembangkan Sociolla dan membawanya menjadi pilihan utama pemburu produk kecantikan.

Sociolla juga telah berkembang untuk menyeimbangi kegiatan onlinenya dengan membuka gerai offline benuansa pink khasnya diberbagai lokasi. Untuk menyasar konsumen ibu-ibu, John Rasjid dan kawan-kawan merilis brand Lilla by Sociolla dengan konsep dan aksen ungu lembut.

Belva Devara - Ruangguru

CEO dan founder Ruangguru, Belva Devara, tengah jadi perbincangan karena baru saja melangsungkan pernikahannya pada awal Maret tahun 2022 ini. Tidak membahas lebih lanjut pernikahannya, LandX akan bahas terkait dimulainya inovasi aplikasi belajar para milenial satu ini.

Dirintis tahun 2014, Belva Devara fokus mengembangkan aplikasi pendidikan berbasis teknologi yang mencakup materi sekolah dasar hingga umum.  Ide ini berawal dari pengalaman pribadi yang awalnya merasa sulit untuk mencari guru privat dalam mempersiapkan studinya ke Amerika Serikat. 

Lulus dari Harvard University, Belva dan rekannya  Iman Usman memutuskan merintis startup yang fokus pada pendidikan dan menjadi solusi bagi pelajar dan para orangtua. Laporan Ruangguru, aplikasi bimbel ini telah digunakan oleh 22 juta pengguna pada akhir Desember 2020. Kini, Ruangguru adalah aplikasi edukasi teknologi terbesar di Asia Tenggara.

Ferry Unardi - Traveloka

Situs dan aplikasi pemesanan tiket online dengan status unicorn, Traveloka telah menjadi solusi bagi banyak orang. Dirintis tahun 2012, ide bisnis ini berasal kesulitan yang dihadapinya dalam mencari tiket pesawat perjalanan pulang dari sekolah di Amerika, Purdue University dan Sekolah Bisnis Harvard. 

Pebisnis muda Indonesia berumur 34 tahun ini kemudian menjadikan kesulitannya sebagai peluang bisnis. Karena banyak orang memiliki kesulitan yang sama, ia pun membuat situs yang dapat membuat pengguna aplikasi dapat membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai dalam satu waktu dengan harga final yang jujur.

Menyediakan one-stop solution bagi pemesanan tiket pesawat, kereta dan hotel, Ferry Unardi berhasil membawa Traveloka menjadi situs pencarian tiket pesawat no. 1 di Indonesia. Traveloka kini juga telah merambah layanan antar pesan makanan dengan TravelokaEats.

Felicya Angellista - Scarlett Whitening

Bisnis kecantikan lokal kini telah menjadi pilihan favorit beauty enthusiast Indonesia.  Entrepreneur muda dan wirausahawan sukses di Indonesia, Felicya Angellista mengembangkan produk kecantikan. Ia memanfaatkan kategori yang dicintai umumnya masyarakat muda Indonesia yaitu produk yang dapat mencerahkan kulit.

Scarlett Whitening adalah produk skincare lokal yang memiliki fungsi utama mencerahkan kulit. Kini, brand yang hadir di tahun 2017 ini telah mengembangkan jenis produknya dengan merilis produk perawatan tubuh dan rambut.

Awal ide merilis brand Scarlett Whitening berasal dari pertanyaan followers akun media sosial wanita kelahiran 1994 ini. Felicya yang sudah aktif di dunia akting tv dan film Indonesia sering ditanyai terkait tips perawatannya. Ia pun berinisiatif membuat brand kecantikan sendiri dengan melihat peluang yang ada.

Sebagai sosok yang aktif di media sosial, kekuatan utama Felicya dalam memasarkan produk beauty care miliknya dengan memanfaatkan kekuatan promosi artis dan influencer. Ampuh, dengan berbagai artis televisi dan ragam influencer di media sosial sukses membuat brand yang juga pernah menggaet artis korea Song Joong Ki dan Twice ini diincar pemburu skin care.

Jerome Polin - Mantappu Corp

Selebriti internet dan Youtuber Jerome Polin merintis Mantappu Corporation bersama kakaknya Jehian Sijabat. Jerome dikenal dari channel YouTube miliknya yaitu Nihonggo Mantappu yang miliki subscribers hampir 9 juta.

Jerome yang mengemban pendidikan matematika terapan di Universitas Waseda di Tokyo sering memberikan konten interaktif dan menghibur bersama teman-temannya di Jepang. 

Mantappu corp adalah talent management company yang mengurus 14 kreator Indonesia dan luar negeri. Walaupun baru berdiri pada Agustus tahun 2021, kakak Jerome yaitu Jehian, telah berkecimpung di dunia talent management sejak 2018. Melihat potensi kreator dan fungsi talent management, membuat Sijabat bersaudara ini mendirikan perusahaan Mantappu Corp.

Sang adik, Jerome rutin memproduksi konten yang bervariatif dan pernah membuat konten yang mencapur berbagai minuman dengan bahan-bahan unik. Merasa hasil minumannya enak, Jerome pun membuka kedai minuman teh buah di Jakarta Barat yang diberi nama Menantea.

Penutup

LandX sudah bahas para pengusaha muda sukses di Indonesia. Poin yang dapat kamu ambil dari setiap kisah inspiratif para pebisnis muda Indonesia ini adalah cerdas melihat dan memanfaatkan peluang.

Melihat dan memanfaatkan potensi peluang untuk dijadikan solusi bagi masyarakat luas pun perlu usaha dan tekad yang kuat. Dengan memiliki mindset ingin memberikan solusi akan menjadi amunisi diri yang kuat bagi pribadi kita. 

Gimana sobat LandX, apa kamu jadi lebih semangat untuk berkarya?

Jangan lupa cek juga LandX, situs investasi crowdfunding pada bisnis potensial Indonesia.

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga