Sebagai investor pemula, memilih investasi yang tepat merupakan langkah awal yang perlu dipersiapkan secara matang. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan berbagai pilihan investasi dengan berbagai return yang dijanjikan. Salah satu investasi bisnis yang cocok untuk pemula adalah equity crowdfunding atau urun dana yang memberikan investor kesempatan investasi bisnis dengan modal kecil.

Equity Crowdfunding Indonesia atau urun dana adalah skema investasi bisnis yang akan memberikan investor bagian kepemilikan dari bisnis sesuai dengan modal yang ditanamkan oleh investor. Skema ini memudahkan investor untuk menginvestasikan dana mereka ke dalam berbagai sektor bisnis privat yang sesuai dengan analisis mereka. Investasi bisnis dengan urun dana akan memberikan fleksibilitas kepada investor untuk menanamkan modal ke dalam sektor bisnis privat dengan modal kecil yang sebelumnya sulit untuk dilakukan. Crowdfunding atau urun dana pada dasarnya merupakan sistem investasi berbasis digital sehingga pengumpulan modal dilakukan secara online lewat platform equity crowdfunding.


Table of Content


Kenapa Equity Crowdfunding ?

Dari sekian banyak pilihan investasi bisnis untuk pemula, crowdfunding merupakan cara investasi bisnis termudah untuk para investor pemula. Pasalnya, equity crowdfunding memberikan fleksibilitas kepada investor untuk memilih berinvestasi ke dalam berbagai sektor bisnis mulai seperti properti dan F&B dengan modal kecil yang sangat sulit dilakukan apabila tidak dengan crowdfunding atau urun dana. Equity crowdfunding membuat investasi bisnis dapat dilakukan dengan skala yang lebih kecil yang sangat membantu investor pemula.

Selain itu sistem ini akan memudahkan investor pemula untuk melakukan analisa terhadap bisnis yang akan ditanami modal sesuai dengan pemahaman mereka terhadap potensi pasar sebuah bisnis. Memilih platform urun dana yang tepat juga akan membantu investor memilih bisnis potensial untuk investasi karena platform penyelenggara equity crowdfunding atau urun dana akan menjadi pihak yang pertama kali melakukan penyaringan bisnis yang akan listing agar dapat ditanami modal oleh para investor. Jadi sebenarnya secara tidak langsung investor pemula telah diberikan pilihan investasi bisnis yang terbaik apabila mereka dapat memilih platform investasi yang tepat.

Potensi Keuntungan Jangka Panjang melalui Equity Crowdfunding

Dengan equity crowdfunding investor akan mendapatkan dua potensi keuntungan sekaligus saat mereka akan memulai investasi yaitu dividen dan capital gain. Salah satu keuntungan investasi dengan sistem urun dana adalah anda mendapatkan bagian kepemilikan atau saham dari bisnis yang anda berikan modal. Hal ini membuat anda sebagai investor akan terus mendapatkan profit jangka panjang melalui bagi hasil selama bisnis yang anda tanami modal menguntungkan berkembang menuju skala yang lebih besar.

Potensi perkembangan skala bisnis di masa yang akan datang juga merupakan bentuk keuntungan jangka panjang yang akan investor dapatkan. Karena nilai saham yang anda miliki akan meningkat mengikuti perkembangan bisnis. Hal ini membuat sistem equity crowdfunding ini sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai investasi bisnis, karena selain kemudahan untuk investasi dengan modal kecil sistem ini juga memberikan banyak potensi keuntungan dalam jangka panjang kepada investor.

Tapi sebelum mulai investasi, yuk pahami beberapa tips berikut.

Tips Sebelum Investasi Crowdfunding

  • Pilih platform yang tepat

Dalam melakukan equity crowdfunding, anda perlu mencari tahu bagaimana portofolio dari platform yang akan anda gunakan. Karena sebagai penyelenggara, platform crowdfunding memiliki peranan yang sangat penting sebagai pihak yang akan menghubungkan investor dan pemilik usaha. Untuk itu, anda harus mencari platform equity crowdfunding yang kredibel dan sudah berpengalaman dalam melakukan urun dana sehingga anda dapat melakukan investasi dengan aman. Platform urun dana yang baik akan memberikan informasi yang lengkap dan transparan terkait bisnis sehingga investor dapat lebih mudah memulai investasi.

  • Pahami berbagai Resiko yang timbul

Dalam investasi anda tentu saja akan dihadapkan oleh berbagai resiko, karena itu anda harus paham apa resiko yang timbul dari investasi bisnis yang anda lakukan. Misalnya potensi kegagalan bisnis yang harus anda perhitungkan. Anda harus melihat berapa besar potensi kerugian dari sebuah bisnis saat mengalami kegagalan sehingga anda bisa menyusun strategi bisnis mana yang paling tepat untuk anda tanami modal sesuai dengan profil risiko yang anda miliki.

  • Menilai perusahaan yang akan anda tanami modal

Sebelum memutuskan bisnis mana yang akan anda pilih, anda perlu melakukan penilaian terhadap bisnis yang akan anda danai. Pastikan anda paham dana yang ditanamkan akan digunakan untuk keperluan apa, seperti untuk perluasan cabang atau upgrade pabrik produksi sehingga anda paham keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain itu anda juga harus harus mengerti bagaimana kondisi pasar  dari bisnis terkait seperti besar potensi dan persaingan yang dalam pasar. Lebih lanjut anda juga perlu melihat lebih dalam tentang portofolio pihak yang akan menjalankan bisnis agar anda bisa memastikan bisnis tersebut dikelola secara profesional.

  • Diversifikasi

Dalam setiap investasi tentu saja anda akan dihadapkan oleh berbagai resiko. Diversifikasi merupakan cara anda untuk memperkecil resiko dengan menanamkan modal anda ke dalam beberapa jenis bisnis. Karena anda tidak bisa mengharapkan satu jenis bisnis selalu untung karena pasar yang terus berubah. Dengan diversifikasi maka anda akan dapat memperkecil resiko kerugian yang akan timbul.

Yuk Mulai Investasi ke Dalam Berbagai Bisnis menguntungkan Bersama LandX

Supaya Tidak Ketinggalan Berbagai Tips Investasi Lainnya Yuk Follow @landx.id di Instagram

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha