Saat ini investasi merupakan hal yang sangat penting untuk persiapan masa depan. Investasi yang ada juga sangat beragam, seperti investasi emas, deposito, saham, valuta asing, dan properti. Dari berbagai jenis investasi di atas, investasi properti merupakan salah satu yang paling diminati karena dianggap dapat mendatangkan keuntungan yang besar di kemudian hari.

Alasan lain yang menunjukkan pentingnya investasi properti secepatnya adalah kelangkaan lahan untuk perumahan. Bayangkan saja, jumlah penduduk di bumi semakin hari semakin bertambah, sedangkan besar atau luas bumi tidak akan pernah bertambah. Itulah sebabnya kenapa investasi properti dianggap sangat penting untuk dilakukan secepatnya, sebelum properti semakin langka dan harganya pun semakin tinggi.

6 Alasan Pentingnya Untuk Berinvestasi Properti Secepatnya

Ada beberapa alasan penting yang perlu saya jelaskan untuk menunjukkan pentingnya berinvestasi properti secepatnya. Alasan-alasan tersebut adalah:

1. Harga properti semakin naik

Sebagaimana yang sudah saya singgung di atas bahwa bahwa peningkatan jumlah penduduk berdampak terhadap kelangkaan properti. Bahkan di suatu daerah tertentu pemerintahnya harus menyediakan tempat tinggal bagi masyarakatnya. Jadi, jika di daerah tersebut jumlah penduduknya semakin meningkat, maka kebutuhan akan properti juga otomatis meningkat.

Namun, peningkatan kebutuhan properti tersebut lama-kelamaan tidak sesuai dengan luas wilayah yang tidak bisa meningkat. Tidak heran kalau di daerah yang ramai penduduknya, harga properti semakin lama menjadi semakin tinggi.

Terkait lokasi properti, semakin strategis lokasi tersebut atau akses yang mudah, maka harganya pun akan semakin mahal dan cenderung cepat melambung dibandingkan lokasi lain. Bukankah alasan ini cukup untuk membuat kita berpikir untuk berinvestasi properti secepatnya?

2. Harga melewati tingkat inflasi

Inflasi menjadi hal yang tak terhindarkan selama ada pertumbuhan ekonomi.

Tentu saja hal ini berbeda dengan para investor properti. Jika inflasi meningkat, mereka pun juga akan meningkatkan harga properti mereka sesuai dengan inflasi yang terjadi. Maka dari itu, memiliki investasi properti merupakan suatu langkah yang tepat untuk berlindung dari inflasi karena harganya akan meningkat secara bersamaan.

3. Berpenghasilan tetap lewat investasi properti

Jika saat ini kita sudah berinvestasi properti, akan tetapi properti tersebut belum kita gunakan atau tempati, maka kita bisa jadikan properti tersebut untuk lahan bisnis atau tempat usaha yang bisa menambah penghasilan kita. Sebab, beberapa properti adalah produk yang bisa disewakan dengan harga yang tinggi. Jadi, investor dapat menikmati keuntungan dari investasi properti tersebut melalui biaya sewa tahunan atau bulanan.

4. Harga ditentukan oleh pemilik

Keuntungan lainnya dalam berinvestasi propeti adalah kontrol dari nilai properti tersebut dipegang sepenuhnya oleh pemilik. Misalnya, jika Anda menjual emas atau valuta asing, nilai dari investasi tersebut biasanya diatur oleh pergerakan harga saham. Sedangkan properti, pemilik bebas mengendalikan harga sewa ataupun harga jual tanpa ada yang mengatur. Tetapi kita harus tetap cerdas dalam memasarkan dan menentukan harga dari properti kita.

5. Nilai aset bisa ditingkatkan

Investasi di bidang properti juga dikenal lebih fleksibel. Maksudnya, nilai aset dapat ditingkatkan sesuai dengan keinginan sang pemilik dengan cara merenovasi asetnya, seperti memperluas halamannya, membuat kolam renang, menambah ruangan atau lantai, dan sebagainya.

6. Tidak memakan waktu lama untuk mengurusnya

Properti merupakan investasi yang tidak memerlukan banyak waktu untuk menanganinya. Meskipun aset properti yang kita miliki berada di lokasi yang jauh, kita tetap bisa mempekerjakan manajer properti atau facility manager untuk merawat aset kita tersebut.

Solusi Untuk Memulai Bisnis Properti Modal Kecil

Kabar gembira bagi Anda yang saat ini ingin memulai bisnis properti namun modal yang dimiliki belum cukup untuk membeli sebuah properti, kini telah hadir LandX! Sebuah platform yang akan membantu menghubungkan Anda dengan investor lainnya yang juga memiliki kendala yang sama, sehingga Anda dan para investor tersebut bisa patungan untuk membeli sebuah properti yang potensial. Mengapa dikatakan potensial? Sebab LandX memiliki tim riset yang berpengalaman dan ahli dalam memilih properti yang potensial untuk dijual kembali dengan keuntungan yang besar, dan juga memiliki penghasilan sewa yang tinggi.

LandX juga hadir sebagai solusi bagi Anda yang sudah memiliki modal untuk memulai bisnis properti, tapi khawatir akan kesulitan dalam menjualnya kembali, atau merasa repot dan kewalahan jika harus mengurus sendiri berbagai hal yang diperlukan seperti legal, maintenance, dan yang lainnya.