Mengelola keuangan dengan memang sesuatu yang susah-susah gampang apalagi hal ini tidak dibiasakan sedini mungkin sehingga sulit untuk dibiaskan. Mengatur uang dengan baik akan membantu anda terhindar dari berbagai masalah finansial di masa yang akan datang. Selain itu pengelolaan uang dengan baik akan membantu anda menghadapi berbagai kondisi yang tidak terduga beberapa waktu mendatang. Oleh sebab itu, pemahaman tentang bagaimana mengatur keuangan dengan baik ini sangat penting terutama untuk generasi milenial yang masih belum terbiasa mengatur uang dengan baik.

Gaya hidup hedonisme merupakan salah satu penyebab milenial kesulitan dalam mengatur uang yang mereka miliki. Prinsip hidup YOLO (you only live once) yang kini populer di kalangan milenial mendorong gaya hidup konsumtif yang tidak memikirkan bagaimana manajemen keuangan yang baik dalam jangka panjang. Hal ini menyebabkan milenial kesulitan mencapai kondisi stabil secara finansial walaupun sudah bekerja selama bertahun-tahun. Selain itu manajemen keuangan yang buruk akan membuat milenial kesulitan menghadapi kondisi yang tidak terduga karena mereka tidak memiliki tabungan dana darurat yang seharusnya sudah mereka siapkan dari jauh-jauh hari.  Akan anda tidak perlu khawatir karena tidak ada kata terlambat untuk memulai. Karena itu yuk ikuti beberapa tips di bawah ini untuk kondisi keuangan lebih baik di tahun 2021.


Table of Content


Gunakan Prinsip 50-30-20

Prinsip ini merupakan cara yang populer untuk mengatur uang pribadi anda. Cara ini cukup simpel, anda perlu memisahkan uang anda ke dalam tiga kelompok dengan porsi 50%, 30%, dan 20% dari penghasilan yang anda miliki. Pembagian ini akan membuat anda lebih mudah mengelompokkan uang sesuai dengan porsinya, dalam prinsip ini anda akan menyisihkan 50% gaji anda untuk kebutuhan pokok dan biaya hidup sehari-hari anda seperti uang makan, transportasi, biaya air dan listrik, dan berbagai tagihan lain. Berikutnya, 30% dari gaji anda disisihkan untuk biaya entertainment atau hiburan seperti liburan atau menekuni hobi yang anda miliki. Sedangkan 20% lainnya merupakan dana yang harus anda sisihkan untuk investasi atau tabungan yang akan anda siapkan untuk berbagai kondisi di masa depan. Sistem ini akan membantu anda mengatur keuangan dengan baik dengan merencanakan alokasi dana yang yang anda miliki dengan baik. Akan tetapi, nilai ini tidak baku dan bisa menyesuaikan penghasilan yang anda miliki karena bagian terpenting dari sistem adalah bagaimana anda bisa memilah uang dengan baik dan konsisten menyisihkan uang untuk rencana jangka panjang anda.

Miliki Beberapa Rekening Tabungan

Agar anda lebih mudah mengatur keuangan, sebaiknya anda membuat rekening terpisah untuk uang yang anda miliki agar tidak tercampur dan tanpa sadar terpakai. Buat beberapa rekening sesuai dengan rencana keuangan anda. Misal satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, satu lagi untuk kebutuhan hiburan dan satu lagi rekening khusus untuk menyimpan dana darurat dan investasi yang anda lakukan. Dengan begitu anda bisa memperkecil kemungkinan dana tabungan anda tercampur dan terpakai untuk hal-hal lain.  

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang harus anda siapkan untuk kondisi yang tidak terduga seperti saat jatuh sakit, kendaraan yang rusak, atau hal yang tidak terduga lainnya. Dana darurat merupakan tabungan mendasar yang harus disiapkan oleh setiap orang karena kita sulit menghadapi berbagai kondisi ke depan. Contoh nyatanya adalah pandemi saat ini yang dapat mengganggu perekonomian anda. Untuk jumlah sendiri dana darurat tidak memiliki nilai yang baku, biasanya dihitung dengan kalkulasi kebutuhan pokok anda selama 6 bulan ke depan agar anda tidak mengalami kesulitan kalau terjadi hal-hal tidak terduga.

Mulai Menyiapkan Dana Pensiun

Menabung untuk dana pensiun adalah hal penting yang harus disiapkan untuk mengelola keuangan dalam jangka panjang. Tips menabung untuk dana pensiun adalah anda harus pintar memilih instrumen investasi jangka panjang untuk menyimpan tabungan pensiun. Anda harus bisa memperkirakan berapa lama lagi anda akan pensiun dan berapa banyak dana yang akan anda siapkan untuk menghadapi hari tua anda nanti. Dana pensiun merupakan sesuatu hal yang harus anda siapkan sedini mungkin agar anda bisa menjalani masa pensiun sesuai dengan keinginan anda.

Siapkan Asuransi

Selain dana darurat, asuransi merupakan hal penting yang perlu disiapkan untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak terduga karena dengan asuransi kondisi keuangan anda tidak akan terganggu karena berbagai kondisi yang tidak terduga seperti sakit yang tidak terduga dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun dalam hal ini  penting bagi anda untuk memilih asuransi terpercaya yang bisa menanggung berbagai kondisi serta sistem pencairan yang cepat.

Mulailah Belajar Investasi Secara Bertahap

Setelah anda bisa mengelola keuangan dengan baik, tidak ada salahnya anda mulai melakukan investasi ke dalam berbagai instrumen yang tersedia di pasaran. Investasi akan merupakan cara yang baik untuk menyimpan dana yang anda miliki dalam jangka panjang dibandingkan sekedar menabung yang nilai uang anda bisa menurun karena dipengaruhi inflasi dari waktu ke waktu. Anda bisa mulai dengan investasi dengan risiko rendah dahulu seperti reksa dana atau equity crowdfunding yang memiliki risiko dengan dan memiliki potensi keuntungan dalam jangka panjang. Apabila anda sudah paham dan bisa menerima risiko investasi yang lebih tinggi anda bisa mulai belajar investasi di pasar modal atau instrumen investasi lain dengan risiko yang lebih tinggi lagi.

Merencanakan Investasi Dalam Jangka Panjang

Hal penting dalam mengelola keuangan dengan baik adalah bagaimana anda bisa membangun aset investasi dengan baik. Dalam hal ini banyak orang memiliki mindset bahwa investasi dan menabung merupakan hal yang sama. Padahal dua hal ini akan memiliki hal yang berbeda saat dilakukan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu anda harus mulai investasi sedini mungkin agar bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Karena itu..

Yuk Mulai Investasi Equity Crowdfunding Bersama LandX

Anda harus membuang pikiran jauh-jauh bahwa investasi harus dimulai dengan modal yang besar karena di LandX anda bisa mulai berinvestasi ke dalam berbagai bisnis menguntungkan mulai dengan 1 Juta bersama LandX
Yuk Follow Instagram Kami @landx.id Biar Terus Update Info Investasi Terbaru

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha


  • Situs Resmi    : https://landx.id/
  • Contact  :
  • Telepon    : (+62) 21 2245 5061
  • WhatsApp   : (+62) 813 8186 2878
  • Email      : [email protected]
  • Instagram      : @landx.id
  • Twitter        : @LandX_id
  • YouTube        : LandX ID
  • LinkedIn       : LandX
  • Alamat         : Italian Walk C.15-16, Mall of Indonesia, Jl. Yos Sudarso, RT.18,RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara,  Jakarta 14240