Investor Penerbit
menu-mobile

Apa itu Devisa Negara dan Fungsinya bagi Perekonomian Negara?

18 November 2022

|

6 Min Read

|

Author: Alula
Devisa negara

Apa itu devisa negara? Devisa negara adalah alat atau barang yang dapat digunakan untuk transaksi perdagangan internasional. Alat yang digunakan untuk transaksi berupa uang, emas dan surat berharga.

Kamu pasti sudah tidak asing jika mendengar kata devisa negara. Devisa negara sangat berkaitan erat dengan perekonomian suatu negara. Devisa negara juga dapat menjadi tolak ukur kekayaan suatu negara. Devisa negara adalah alat transaksi untuk perdagangan internasional. Selain itu, devisa menjadi pendorong negara untuk melakukan pembangunan nasional.

Salah satu kegiatan yang dapat menambah nilai devisa negara adalah kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan oleh negara. Lantas mengapa ekspor barang dapat menjadi sumber devisa bagi suatu negara? Sebenarnya apa itu devisa negara? untuk lebih paham pengertian devisa negara, fungsi, jenis dan sumber devisa negara, yuk baca dan pahami artikel berikut ini!

Pengertian Devisa Negara

Devisa negara adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan transaksi internasional. Devisa negara adalah kumpulan valuta asing berupa mata uang yang telah memiliki pengakuan internasional sebagai alat transaksi perdagangan lintas negara. Devisa negara juga dapat dikatakan sebagai aset dan kewajiban finansial milik negara yang berfungsi sebagai alat pembayaran untuk transaksi internasional.

Valuta asing yang telah diakui dunia internasional adalah mata uang milik Amerika Serikat berupa Dollar, mata uang Inggris berupa Poundsterling, mata uang Eropa berupa Euro, dan mata uang Jepang berupa Yen. Selain uang, valuta asing lainnya yang diakui sebagai alat transaksi internasional adalah emas dan surat berharga seperti obligasi dan saham.

Fungsi Devisa Negara

Devisa negara berfungsi seperti alat transaksi atau uang pada umumnya, namun cakupan lingkungan transaksinya digunakan secara lebih luas. Selain berfungsi sebagai alat pembayaran, fungsi devisa negara lainnya adalah untuk melihat kemampuan perekonomian suatu negara apakah kuat, atau malah sebaliknya. Berikut fungsi devisa negara secara umum :

1. Alat Transaksi Internasional

Pada dasarnya devisa negara adalah alat pembayaran internasional atau transaksi perdagangan internasional. Perdagangan tersebut biasanya berupa ekspor dan impor.

Sebagai contoh, terdapat pengusaha Indonesia yang mengimpor ikan tuna dan salmon ke Jepang. Maka, baik eksportir dan importir akan melakukan kesepakatan mengenai valuta asing mana yang akan digunakan. Kemudian keduanya sepakat untuk menggunakan Yen, maka transaksi ekspor yang dilakukan oleh pengusaha Indonesia dibayar dengan mata uang Yen.

2. Alat untuk Membayar Utang

Selain melakukan transaksi perdagangan, devisa negara adalah alat pembayaran utang luar negeri. Untuk menjaga devisa agar tetap konsisten, maka devisa harus dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Sebagai contoh dari pemanfaatannya adalah saat ini pemerintah sedang gencar dengan membangun infrastruktur untuk mendukung fasilitas pariwisata, hal ini membuat negara meminjam banyak uang dari luar negeri. namun, nantinya infrastruktur tersebut akan menambah devisa negara. Infrastruktur yang baik akan mendatangkan banyak wisatawan mancanegara sehingga dapat menambah devisa dan negara akan mampu membayar utangnya.

3. Alat Membangun Relasi

Devisa negara juga berfungsi untuk membangun relasi dengan negara lainnya, artinya, devisa negara juga digunakan untuk mewujudkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan di luar negeri.

Contohnya, Indonesia memiliki pertemuan untuk melaksanakan perjanjian di Singapura. Dana yang digunakan pihak yang berkepentingan untuk melakukan dinas ke luar negeri berasal dari devisa negara.Alat untuk Membangun Relasi Internasional

4. Sumber Kekayaan Negara

Devisa negara adalah sumber pendapatan negara atau aset jangka panjang. Hal ini karena devisa dapat digunakan sebagai sumber dana untuk melakukan pembangunan nasional.

Jenis Devisa

Jenis devisa negara dapat dibedakan berdasarkan wujud dan sumbernya. Adapun jenis devisa negara adalah sebagai berikut:

  • Jenis Devisa Berdasarkan Sumbernya

Sumber devisa negara dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu berasal dari devisa umum dan devisa kredit. Devisa umum berasal dari hasil ekspor barang dan jasa. Sedangkan devisa kredit berasal dari perolehan pinjaman luar negeri.

  • Jenis Devisa Berdasarkan Wujudnya

Sama seperti jenis devisa berdasarkan sumbernya, jenis devisa berdasarkan wujudnya juga dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu devisa kartal dan devisa giral. Devisa kartal merupakan devisa berupa uang yang terdiri dari logam dan kertas. Sedangkan devisa giral merupakan devisa berupa surat-surat berharga.

Sumber Devisa Negara

Sumber utama penambahan devisa negara berasal dari perdagangan atau transaksi internasional. Tetapi, masih ada beberapa sumber pendapatan devisa dari suatu negara, berupa :

1. Kegiatan Ekspor

Mengapa ekspor barang dapat menjadi sumber devisa bagi suatu negara? Ekspor merupakan kegiatan mengirim barang untuk dijual ke luar negeri dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Kemudian bagaimana pengaruh perdagangan internasional terhadap devisa negara? Dengan aktivitas tersebut, maka negara akan mendapatkan income berupa mata uang yang telah disepakati bersama. Semakin tinggi kegiatan ekspor yang dilakukan oleh negara maka devisa negara juga akan terus bertambah. Terlebih mata uang yang digunakan dalam ekspor variatif.

2. Wisatawan Asing

Turis atau wisatawan asing secara tidak langsung juga akan menambah devisa negara.  Dengan banyaknya turis yang datang ke Indonesia, maka semakin banyak juga devisa yang didapatkan. Turis akan berkunjung ke Indonesia dengan membawa mata uang asli dari negaranya, kemudian mata uang tersebut akan ditukar dengan rupiah. Tentu hal tersebut akan menambah devisa yang dimiliki oleh negara.

3. Bantuan Luar Negeri

Devisa juga dapat diperoleh dari bantuan luar negeri. Bentuk dari bantuan devisa tersebut dapat berupa uang maupun barang. Bantuan devisa berupa uang akan langsung menambah devisa negara. Sedangkan pinjaman devisa berupa barang, akan membantu negara untuk menghemat pengeluaran devisa tertentu.

4. WNI yang Bekerja di Luar Negeri

Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri secara tidak langsung juga dapat menambah devisa negara. Hal ini karena pekerja yang bekerja di luar negara akan memberikan kontribusi penghasilan devisa melalui uang yang mereka transfer ke dalam negeri.

5. Pungutan Bea Masuk

Bea masuk berasal dari pungutan yang dilakukan atas barang-barang luar negeri yang masuk ke Indonesia. Pungutan tersebut akan berpengaruh pada peningkatan devisa negara. Sama halnya seperti ekspor, semakin banyak barang luar negeri yang masuk ke Indonesia maka semakin banyak juga devisa yang didapatkan.

Devisa negara adalah alat dan pembiayaan yang penting bagi suatu negara. Selain itu, devisa adalah sumber kekayaan dan aset jangka panjang yang dimiliki negara.

Dengan adanya devisa, maka suatu negara dapat melakukan pembangunan nasional yang bertujuan untuk memakmurkan masyarakat. Pembangunan nasional di bidang ekonomi menjadi salah satu fokus utama untuk mensejahterakan rakyat.

Pada dasarnya pembangunan nasional berfungsi untuk meningkatkan pendapatan nasional. Banyak sekali hal yang dapat mendorong peningkatan pendapatan nasional, salah satunya dengan melakukan investasi.

Investasi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru yang memungkinkan terjadinya pendapatan nasional.  Saat ini kemajuan teknologi juga mempermudah masyarakat untuk melakukan investasi, salah satunya dengan investasi equity crowdfunding.

Investasi equity crowdfunding merupakan investasi yang dilakukan dengan teknik pendanaan secara patungan oleh suatu kelompok atau banyak orang. Platform investasi equity crowdfunding sendiri juga sangat beragam.

Sebelum melakukan investasi, pastikan platform yang kamu tuju memiliki legalitas yang jelas. LandX merupakan platform equity crowdfunding yang memiliki legalitas jelas karena telah mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

LandX juga memiliki market cap terbesar di Indonesia dan akan menghubungkan para investor dan pemilik UMKM potensial untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan berinvestasi, kamu telah menjadi salah satu tokoh yang berperan dalam pembangunan ekonomi nasional.

Yuk Miliki Saham Investasi Bisnis dengan Modal 1 Jutaan!