menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu FMCG? Pengertian, Jenis Produk & Perusahaan FMCG di Indonesia

Tuesday, 2 Aug 2022

Read in 5 minutes

Author: Rafa Syawalia R
Apa Itu FMCG? Pengertian, Jenis Produk & Perusahaan FMCG di Indonesia

Mengenal perusahaan fast moving consumer good, FMCG adalah perusahaan yang memperjualkan produk yang sangat laris, terjual cepat, dan dengan harga yang terjangkau.

Apa itu FMCG? FMCG adalah singkatan dari fast-moving consumer goods. Perusahaan fast moving consumer goods atau dikenal sebagai istilah perusahaan FMCG di Indonesia sangat dikenal sebagai industri yang populer. Produk FMCG juga memiliki perputaran omset yang cepat dengan biaya relatif rendah, selain itu juga masa simpan produk FMCG ini relatif singkat.

Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas mengenai apa itu FMCG, jenis-jenis produk FMCG dan perusahaan FMCG di Indonesia pada artikel ini.

Mengenal Apa Itu FMCG

Melansir dari laman Investopedia, perusahaan FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan berbagai produk keperluan sehari-hari untuk dijual dengan cepat, diproduksi secara banyak dan dan harga yang ditawarkan cenderung lebih murah.

Apa itu FMCG? FMCG adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut produk-produk yang cepat laris. Karena produksi barang dagangan atau consumer good adalah produk yang dibeli untuk dikonsumsi atau digunakan hampir semuanya merupakan kebutuhan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kata pergerakan cepat atau fast moving ini mencerminkan karakteristik barang yang diperjualbelikan oleh perusahaan industri FMCG.

Sebagai contohnya, minuman kemasan seperti susu adalah kebutuhan yang umumnya perlu disediakan setiap seminggu sekali. Batu baterai yang digunakan untuk remote televisi merupakan kategori dari produk FMCG sebagai produk yang memiliki masa pakai yang relatif pendek.

Kebutuhan produk tersebut diperlukan oleh masyarakat, maka perusahaan FMCG di Indonesia maupun di negara lain biasanya akan menyalurkan produk yang mereka buat ke berbagai tempat.

Sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dan mudah ditemukan di manapun mereka berada. Selanjutnya akan membahas mengenai jenis-jenis produk FMCG.

Jenis-jenis Produk FMCG

Terdapat banyak jenis produk yang masuk sebagai produk FMCG. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa produk FMCG adalah barang yang memiliki masa dan umur singkat, dikonsumsi dengan cepat, dan merupakan bahan yang tidak tahan lama. Apa saja yang termasuk produk FMCG? Berikut produk FMCG yang berada di Indonesia:

  • Makanan olahan seperti produk keju, sereal, pasta kemasan, daging kornet sapi dan masih banyak lagi.
  • Makanan siap saji seperti sosis, nugget, mie instan, kentang goreng, dan produk frozen food atau dry foods seperti makanan kucing, dan semacamnya.
  • Minuman seperti air mineral kemasan, susu, minuman energi, dan lainnya.
  • Pastry & snacks.
  • Obat-obatan seperti pereda nyeri, dan macam-macam obat tanpa resep dokter juga diproduksi oleh perusahaan FMCG.
  • Produk kebutuhan rumah tangga seperti pembersih piring, jendela dan kaca, pelembut pakaian dan lainnya.
  • Peralatan atau perlengkapan kantor dan sekolah seperti buku, pensil, pulpen dan lainnya.
  • Perlengkapan mandi dan perawatan tubuh seperti pasta gigi, sabun mandi, shampoo, pembalut, dan lainnya.

Perusahaan FMCG di Indonesia

Dari ulasan mengenai apa itu FMCG dan jenis produk FMCG, sekarang kita akan membahas mengenai perusahaan FMCG di Indonesia.

Merek yang masuk kategori perusahaan FMCG di Indonesia umumnya memiliki brand awareness yang kuat karena sering dipromosikan dalam bentuk iklan televisi. Bahkan ketika kita memikirkan produk makanan cepat saji, di otak kita dapat langsung terlintas nama restoran siap saji misalnya KFC atau Mcdonald.

Contoh perusahaan FMCG di Indonesia yang sangat terkenal dan produk-produknya sering kita gunakan serta sukses dalam industri FMCG adalah Orang Tua, Indofood, dan Wings Corporation. Untuk perusahaan global dalam industri FMCG juga banyak seperti P&G, Nestle, Johnson & Johnson, Unilever dan lain-lain.

Perkembangan Industri FMCG di Indonesia

Sektor industri FMCG di Indonesia mulai berkembang seiring meningkatnya macam-macam kebutuhan manusia. Hal ini disebabkan faktor permintaan pasar yang menginginkan produk berkualitas dengan waktu pemenuhan yang relatif singkat. Sehingga perusahaan FMCG membutuhkan sistem produksi yang tepat untuk menggaet konsumen lebih maksimal.

Terjadinya perkembangan industri FMCG di Indonesia secara umum memengaruhi pergerakan sektor ekonomi dari industri primer menuju sekunder. Pergeseran tersebut menandai pergerakan perubahan produksi barang mentah menjadi barang setengah jadi dalam kategori.

Pertumbuhan pada sektor industri FMCG ini membutuhkan strategi yang tepat dan konsisten untuk mewujudkan industri yang mampu bersaing di dalam pasar domestik maupun internasional. Dengan demikian kebutuhan masyarakat terhadap produk FMCG bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, menambahkan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Produk FMCG diproduksi dan dijual dalam jumlah besar, sehingga dianggap sebagai sumber pendapatan yang diandalkan. Dalam dunia investasi, saham FMCG umumnya dipandang cukup menjanjikan karena potensi bisnis secara fundamental terbilang baik. Hal ini menjadi pertimbangan untuk beberapa investor pada sektor consumer goods sebagai investasi dengan prospek jangka panjang.

Sektor consumer goods bergantung pada perilaku konsumen dan berhubungan dengan segala permintaan dan kebutuhan pribadi konsumen. Meskipun masa produk relatif sebentar dan tidak tahan lama namun, hal ini membuat sirkulasi persediaan yang harus cepat membuat saham FMCG terlihat cukup menjanjikan untuk para investor menanamkan modalnya.

Namun, sebelum melakukan investasi pada sektor consumer goods atau industri FMCG perlunya pemahaman mengenai fundamental masing-masing perusahaan consumer goods dan melakukan analisa terhadap pergerakan saham pada sektor consumer goods.

Kesimpulan

FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan berbagai produk untuk keperluan sehari-hari yang dijual dengan cepat dalam jumlah yang sangat banyak, dan harga jual dipasaran juga relatif murah. Ada banyak jenis-jenis produk FMCG di Indonesia yang tersedia karena perusahaan FMCG memproduksi barang harian yang berdasarkan perilaku konsumen.

Klasifikasi saham pada industri FMCG masuk pada sektor consumer goods atau perusahaan yang memproduksi kebutuhan masyarakat. Sektor consumer goods berhubungan berhubungan dengan segala permintaan dan kebutuhan konsumen yang macam-macam, sehingga pergerakan saham pada sektor consumer goods umumnya dipandang menjanjikan untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, Anda juga bisa investasi untuk jangka panjang melalui skema equity crowdfunding untuk mendanai bisnis bersama masyarakat luas. Bisnis yang Anda danai nantinya akan berkembang dan melakukan ekspansi sehingga potensi bisnis tersebut bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Dengan skema equity crowdfunding, Anda hanya perlu modal yang kecil untuk memulai investasi ke bisnis yang nanti Anda danai, dan mendapatkan potensi keuntungan berupa dividen secara rutin sesuai performa bisnis. Tentunya melalui platform berizin OJK dan berpengalaman mendanai bisnis potensial seperti LandX ya!

Yuk Mulai Investasi Bisnis Potensial di LandX Sekarang Juga!

Yuk mulai patungan bisnis menguntungkan jangka panja g bersama LandX

Baca Juga