menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Mengenal Bisnis F&B dengan Konsep Foodtruck dan Modal Usaha Foodtruck

Tuesday, 26 Apr 2022

Read in 5 minutes

Cara Kerja Bisnis F&B dengan sistem food truck

Yuk simak lebih detail tentang usaha foodtruck yang sangat potensial untuk bisnis jangka panjang anda...

Sebagai negara berkembang, harus aktif, dan selalu mengikuti semua tren dan perubahan di berbagai bidang. Hal ini juga terjadi di Indonesia, dimana saat ini banyak bermunculan berbagai bisnis yang menghadirkan  ide dan berbagai bentuk kreativitas. 

Banyak orang yang berkecimpung dalam industri kuliner yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Pengusaha di bidang kuliner terus bereksperimen dengan cara-cara baru untuk menghasilkan uang dan memperluas bisnis mereka. Hal ini masuk akal, mengingat banyak orang mengalami perubahan dalam hidupnya, termasuk dengan makanan. Salah satunya adalah membangun bisnis kuliner dengan Food Truck.

Mengetahui tentang food truck dan potensi keberhasilannya tentu membuat banyak orang penasaran dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang itu semua. Salah satu hal yang menarik dalam menjalankan bisnis adalah mempelajari apa yang harus dilakukan agar bisnis food truck ini sukses. Yuk simak penjelasan mengenai bisnis f&b food truck di bawah ini!

Apa itu Foodtruck? 

Bisnis food truck adalah bisnis yang fokus pada makanan dan minuman, dan beroperasi dengan memasak dan menyajikan makanan dalam kendaraan besar. Perkembangan food truck sendiri tidak terlepas dari tren pertumbuhan food truck di berbagai kota besar di luar Indonesia yang merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pebisnis kuliner di kota-kota besar seperti Jakarta. Jakarta ramai karena kehadiran food truck sebagai alternatif restoran tradisional.

Cara Memulai Bisnis Food Truck 

Peluang bisnis food truck masih banyak, dan pangsa pasar yang bisa ditangkap cukup besar. Bisnis food truck memiliki omzet yang tinggi sehingga dapat menekan biaya operasional. Berikut adalah beberapa tips memulai bisnis truk makanan. Berikut panduan cara memulai bisnis Foodtruck:1. Tentukan Jenis Makanan yang Akan Dijual. 

Saat memulai bisnis, penting untuk fokus pada produk yang sudah kamu pilih. Menu yang biasa dijual di food truck biasanya jenis makanan atau minuman yang bisa cepat diolah. Alasannya karena model bisnis ini tidak scalable. Lakukan riset untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan keahlian, praktis dan mahir.

1. Modal Usaha Foodtruck 

Bisnis tidak akan berhasil jika harus menyewa lahan atau membangun bangunan untuk mengoperasikan truk makanan. Modal yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis truk makanan bervariasi, tergantung pada jenis truk makanan kamu dimulai. Namun, umum truk makanan modal usaha berkisar dari sekitar Rp20 juta hingga milyaran rupiah. Faktor utama yang mempengaruhi jumlah dari mobil ini adalah harga dari sebuah truk makanan. Jika bijak dalam peralatan, kamu  hanya perlu berinvestasi sekitar Rp100 juta. Peralatan tidak harus baru, tapi itu harus dalam kondisi baik. 

2. Modifikasi Mobil 

Kamu bisa melakukan perubahan pada eksterior mobil agar terlihat lebih menarik. Cari inspirasi di internet, dan lihat bagaimana truk makanan dirancang berbeda. Sesuaikan dengan jenis makanan atau minuman yang dijual. Jika ingin lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan jasa ahli desain foodtruck terpercaya. Meskipun akan meningkatkan biaya, efeknya akan lebih memuaskan.

3. Pilih Tempat Strategis 

Ada banyak konvensional restoran yang hanya menunggu pelanggan, jadi penting untuk memilih yang benar. Jika tidak ada konsumen, di mana keuntungan datang dari? Dengan food truck, kamu dapat mengambil makanan ringan yang lezat untuk diri sendiri. Jika ada acara atau keramaian, kamu dapat mulai menjual. Jika kamu membuka bisnis makanan di daerah yang sulit dijangkau, sangat mungkin bahwa hal itu akan sulit untuk mempromosikannya menggunakan media sosial. Truk makanan ini keuntungan dapat bergerak di sekitar dan mengikuti orang banyak, sehingga kamu bisa mendapatkan makanan dan harga terbaik.

Foodtruck di Indonesia 

Berikut beberapa food truck terpopuler di Indonesia terutama di Jakarta yang dilansir dari berbagai sumber. Foodtruck memiliki banyak hal, tetapi umumnya dianggap bahwa tren lebih banyak hal yang ada akan terus berlanjut bahkan di luar Jakarta. Yuk simak!

1. Retro Gourmet

Retro Gourmet dikenal dengan suasana bertema retro, dengan kemasan dan mobil truk yang mencerminkan hal tersebut. Dibandingkan dengan food truck lainnya, retro Gourmet juga meluncurkan penjualan kue kering, cake, kue kismis, dll. Kebanyakan penjual menggunakan mobil dengan warna pink yang sama, biasanya memilih kendaraan dengan format MPV (multi-purpose vehicle) panjang atau minibus bekas. untuk mengangkut penumpang untuk tujuan bisnis. Toyota Hiace memiliki kabin panjang yang memanjang beberapa meter ke belakang.

2. Tabanco Coffee

Tabanco Coffee berbeda dari orang lain dalam hal ini difokuskan terutama pada penjualan kopi. Pemilik Tabanco Coffee memiliki berbagai biji kopi untuk mereka yang menikmati haus. Dari format yang ada, sudah jelas bahwa pemilik Tabanco Coffee adalah mencoba untuk menciptakan suasana retro dengan menggunakan berbagai Volkswagen Kombi mobil. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengangkut banyak barang. Jakarta biasanya memiliki car free day, di mana pengendara diimbau untuk menggunakan bentuk-bentuk lain dari transportasi.

3. Red Bucket 

Red Bucket merupakan food processor yang menyediakan makanan olahan ayam untuk food truck di Indonesia sejak tahun 2014. Menu restoran Red Bucket di Ardenwald terdiri dari Buttermilk Chicken dan Bucky D Chick dengan harga empat puluh ribu riyal. Red Bucket menggunakan format food truck untuk pertama kalinya, menggunakan Toyota Dyna dengan modifikasi bodi yang menarik. Lampu lalu lintas merah menyala dan sangat sulit untuk dilewatkan saat melewati kawasan Halim Perdana Kusuma.

4. Bebek Dower

Olahan masakan bebek merupakan peluang yang baik bagi pengusaha, karena memberikan banyak potensi untuk sukses. Tren tersebut bermula ketika masyarakat Madura dan sekitarnya mulai menggemari pemasaran bebek goreng dengan format lalapan. Kemudian menjadi jargon dan pemilik food truck Bebek Dower yang semboyannya adalah “The Heritage Cooking Islands”. Dower Bebek biasanya mendistribusikan barang-barangnya di sekitar Cibubur menggunakan mobil Double Cab milik Isuzu.

Itulah mengenai bisnis f&b dengan sistem food truck , ada beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan serta syarat dan contoh untuk dapat memiliki bisnis food truck di Indonesia. Apa kamu tertarik mempunyai bisnis ini?

Memperkecil Risiko dalam Investasi

Modal investasi tentu menjadi hal terpenting untuk dapat memiliki sebuah bisnis. Namun, kamu dapat memiliki bisnis secara mudah dengan menjadi investor di salah satu bisnis di platform equity crowdfunding LandX.

Di LandX, dengan modal sejutaan kamu dapat langsung berinvestasi pada bisnis potensial yang sudah melewati tahap evaluasi dengan standar tinggi dan mendapatkan keuntungan bagi hasil.

Keuntungan bagi hasil yang kemudian disebut dividen ini didapatkan setelah bisnis berjalan dan mendapat profit penjualan yang umumnya berkisar 10-30%. Dengan modal sejutaan tadi, keuntungan dapat kamu terima hanya dalam 3, 6 atau 9 bulan sesuai perjanjian yang ditawarkan kepada kamu.

Mendapat keuntungan dari bisnis potensial dan brand ternama #SekarangBisa dengan sejutaan.

Yuk, jadi bos bisnis dan terima keuntungan rutin di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga