Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang sudah ada sejak lama sehingga sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Saham dianggap sebagai instrumen yang dengan potensi keuntungan yang cukup tinggi sehingga digemari masyarakat, akan tetapi hal ini tentu saja diikuti dengan risiko yang sebanding juga. Oleh sebab itu sebelum terjun ke dunia saham sebaiknya anda mempelajari dahulu berbagai hal yang ada di dalamnya.

Salah satu istilah yang sering anda lihat dan dengar adalah indeks saham, istilah ini sangat sering muncul dan dijadikan acuan dalam investasi saham. Oleh sebab itu mari kita bahas lebih lanjut tentang indeks saham.

Table of Content

Indeks Saham

Indeks saham adalah salah satu acuan yang menggambarkan bagaimana pergerakan saham yang ada dalam indeks tersebut. Indeks saham mencerminkan bagaimana trend pasar dari saham apakah memiliki kecenderungan naik atau turun.

Indeks ini menjadi acuan bagi para investor dan manajer investasi untuk melihat bagaimana kondisi dari saham yang ada dalam suatu indeks sehingga membantu mereka mengambil keputusan. Pengukuran indeks saham dilakukan dengan menghitung rata-rata pergerakan dari saham-saham yang ada di dalam suatu indeks.

Indeks harga saham merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat memutuskan berinvestasi melalui instrumen saham. Indeks ini berguna untuk membantu anda memprediksi bagaimana pergerakan saham-saham dalam indeks tersebut di masa mendatang.

Oleh sebab itu sebelum masuk ke pasar saham, anda harus memperhatikan terlebih dahulu indeks harga saham.

Saat ini terdapat 38 indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bisa membantu investasi saham anda. Akan tetapi mari kita bahas indeks harga saham yang bisa membantu investasi anda.

Daftar Indeks Harga Saham

Berikut beberapa indeks harga saham yang bisa membantu investasi anda:

  1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
  2. IDX80
  3. LQ45
  4. IDX30
  5. IDX Quality30
  6. IDX BUMN20
  7. Jakarta Islamic Index (JII)
  8. Indeks Kompas100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Indeks ini merupakan acuan untuk mengukur kinerja harga semua saham yang ada di papan utama dan papan pengembangan BEI, indeks ini merupakan gambaran harga keseluruhan dari saham-saham yang tercatat di BEI.

IDX80

Indeks ini berisikan 80 saham dengan likuiditas tinggi dengan kapitalisasi pasar besar dan didukung fundamental perusahaan yang baik.

LQ45

Indeks ini berisikan 45 saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, serta memiliki fundamental yang baik. Saham yang dalam indeks ini akan direview 6 bulan sekali sehingga sehingga akan ada saham yang masuk dan keluar dari indeks ini.

IDX30

Indeks ini berisikan 30 saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. 30 saham dalam indeks ini diambil dari 30 saham terbaik dari indeks LQ45

IDX Quality30

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang secara historis perusahaan relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

IDX BUMN20

Indeks ini berisikan 20 saham perusahaan jenis Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasi dari perusahaan tersebut.

Apabila anda ingin berinvestasi ke dalam perusahaan jenis BUMN maka indeks bisa anda jadikan sebagai acuan.

Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

Apabila anda tertarik untuk berinvestasi di saham syariah, maka indeks ini bisa jadi acuan keputusan investasi anda.

KOMPAS100

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 100 saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar.

Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola bekerjasama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas).

Investasi untuk Pengembangan Dana Jangka Panjang

Salah satu kunci mengembangkan investasi adalah dengan diversifikasi yang membuat keuntungan menjadi lebih maksimal dengan risiko yang lebih minim.

Selain berinvestasi di pasar modal, investasi bisnis dengan equity crowdfunding merupakan instrumen investasi yang dapat anda coba untuk diversifikasi investasi.

Sistem ini sebenarnya hampir sama dengan investasi saham, namun dalam skala bisnis yang lebih kecil sehingga memudahkan anda untuk menganalisis bagaimana potensi bisnis ini di pasaran.

Platform equity crowdfunding akan memberikan anda pilihan berbagai jenis bisnis potensial yang bisa anda tanami modal sehingga anda berhak mendapatkan dividen saat bisnis tersebut menghasilkan keuntungan.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang memberikan anda pilihan berbagai bisnis terpercaya untuk diversifikasi investasi anda agar lebih menguntungkan.

Yuk Mulai Investasi Bisnis di LandX

Jangan Lupa!!! Follow Instagram @landx.id dengan Berbagai Informasi Terbaru Seputar Investasi dan Bisnis

#LandX.id    #landx     #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: