menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Memahami Apa Itu Indeks Saham dan Fungsi Indeks Saham dalam Investasi

Tuesday, 2 Aug 2022

Read in 5 minutes

Author: Abdul Wahhab
Berbagai Indeks saham Indonesia yang harus kamu pahami agar proses investasi kamu menjadi lebih mudah

Apa itu indeks saham adalah acuan yang menggambarkan pergerakan saham. Indeks harga saham adalah hal yang penting untuk diketahui oleh para investor. Jika kamu salah satunya, yuk ketahui fungsi indeks saham!

Apabila kamu berinvestasi lewat instrumen saham, maka kmau harus paham dengan baik tentangapa apa itu indeks saham.

Indeks saham adalah salah satu acuan yang menggambarkan pergerakan saham yang ada dalam indeks tersebut. Sederhananya, indeks harga saham adalah tolak ukur yang mencerminkan tren pasar saham.

Agar keputusan investasi yang kamu ambil menghasilkan return optimal, yuk pelajari apa itu indeks saham, fungsi indeks saham, dan daftar indeks saham Indonesia yang harus kamu pantau!

Pengertian Indeks Saham

Seperti disinggung sebelumnya, indeks saham adalah gambaran pergerakan saham yang ada dalam indeks tersebut. Indeks saham adalah cerminan atas naik-turunnya pasar saham, termasuk juga gambaran harga-harga saham di pasar.

Indeks saham adalah faktor yang dijadikan acuan oleh para investor dan manajer investasi untuk melihat bagaimana kondisi dari saham yang ada dalam suatu indeks sehingga membantu mereka mengambil keputusan.

Utamanya, cara pengukuran indeks saham adalah dengan menghitung rata-rata pergerakan dari saham-saham yang ada di dalam suatu indeks.

Perlu diingat bahwa indeks harga saham adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi melalui instrumen saham.

Hal ini dikarenakan indeks saham berguna untuk membantu anda memprediksi bagaimana pergerakan saham-saham dalam indeks tersebut di masa mendatang.

Oleh sebab itu sebelum masuk ke pasar saham, anda harus memperhatikan terlebih dahulu indeks harga saham.

Saat ini terdapat 38 indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bisa membantu investasi saham anda. Akan tetapi mari kita bahas indeks harga saham yang bisa membantu investasi anda.

Fungsi Indeks Saham

Fungsi indeks saham adalah sebagai indikator yang menggambarkan kondisi pasar pada periode tententu. Dengan adanya indeks saham, kita dapat mengetahui tren pergerakan harga saham.

Misalnya, jika suatu indeks harga saham bergerak naik, biasanya sebagian besar harga saham yang tergabung di dalamnya juga akan ikut naik. Sama halnya jika satu indeks harga saham turun, maka harga saham yang tergabung juga akan ikut turun.

Selain itu, dilansir dari laman OJK, fungsi indeks saham utamanya adalah sebagai berikut.

  • Mengukur sentimen pasar
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan
  • Benchmark bagi portofolio aktif
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

Daftar Indeks Saham Indonesia

Berikut beberapa index pasar saham Indonesia atau pasar indeks harga saham yang bisa membantu investasi anda:

1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

2. IDX80

3. LQ45

4. IDX30

5. IDX Quality30

6. IDX BUMN20

7. Jakarta Islamic Index (JII)

8. Indeks Kompas100

Penjelasan Indeks Pasar Saham Indonesia

1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Indeks ini merupakan acuan untuk mengukur kinerja harga semua saham yang ada di papan utama dan papan pengembangan BEI. Utamanya, IHSG ini indeks saham adalah gambaran harga keseluruhan dari saham-saham yang tercatat di BEI.

2. IDX80

Dalam IDX80, indeks saham adalah pergerakan 80 saham dengan likuiditas tinggi dengan kapitalisasi pasar besar dan didukung fundamental perusahaan yang baik.

3. LQ45

Indeks ini berisikan 45 saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, serta memiliki fundamental yang baik. Saham yang dalam indeks ini akan direview 6 bulan sekali sehingga sehingga akan ada saham yang masuk dan keluar dari indeks ini.

4. IDX30

Indeks ini berisikan 30 saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. 30 saham dalam indeks ini diambil dari 30 saham terbaik dari indeks LQ45

5. IDX Quality30

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang secara historis perusahaan relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

6. IDX BUMN20

Indeks ini berisikan 20 saham perusahaan jenis Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasi dari perusahaan tersebut.

Apabila anda ingin berinvestasi ke dalam perusahaan jenis BUMN maka indeks bisa anda jadikan sebagai acuan.

7. Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

Apabila anda tertarik untuk berinvestasi di saham syariah, maka indeks ini bisa jadi acuan keputusan investasi anda.

8. KOMPAS100

Dalam KOMPAS100, fokus pengukuran indeks saham adalah pada sekitar 100 saham yang punya likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar.

Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola bekerjasama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas).

Investasi Saham Bisnis Modal Kecil

Salah satu kunci mengembangkan investasi adalah dengan diversifikasi yang membuat keuntungan menjadi lebih maksimal dengan risiko yang lebih minim.

Selain berinvestasi di pasar modal, investasi bisnis dengan equity crowdfunding merupakan instrumen investasi yang dapat anda coba untuk diversifikasi investasi.

Sistem ini sebenarnya hampir sama dengan investasi saham, namun dalam skala bisnis yang lebih kecil sehingga memudahkan anda untuk menganalisis bagaimana potensi bisnis ini di pasaran.

Platform equity crowdfunding akan memberikan anda pilihan berbagai jenis bisnis potensial yang bisa anda tanami modal sehingga anda berhak mendapatkan dividen saat bisnis tersebut menghasilkan keuntungan.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang memberikan anda pilihan berbagai bisnis terpercaya untuk diversifikasi investasi anda agar lebih menguntungkan.

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Jangan Lupa!!! Follow Instagram @landx.id dengan Berbagai Informasi Terbaru Seputar Investasi dan Bisnis


Baca Juga:


#SekarangBisa

Baca Juga