menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu Kartu Kredit: Keuntungan dan Kerugian Saat Menggunakannya

Friday, 17 Jun 2022

Read in 11 minutes

Author: Della Octavilia
keuntungan kartu kredit

Apa itu kartu kredit? Dengan kartu kredit kamu dapat melakukan segala transaksi dengan dibayarkan oleh bank terlebih dahulu, namun kamu wajib untuk membayar kembali seluruh transaksi kamu pada bank.

Masih banyak masyarakat Indonesia saat ini yang masih bingung seputar apa itu kartu kredit dan fungsi kartu kredit. Apakah kamu salah satunya?

Padahal kartu kredit banyak digunakan oleh sebagian masyarakat sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai.

Di artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai kartu kredit, perbedaannya dengan kartu debit, hingga keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit.

Yuk, simak penjelasannya bersama!

Apa itu Kartu Kredit?

Merujuk dari Bank Indonesia (BI), kartu kredit adalah APMK (Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan untuk melakukan penarikan tunai.

Pada penggunaan kartu kredit dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipennuhi terlebih dahulu oleh penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan sekaligus atau secara angsuran.

Singkatnya, kartu kredit sebagai alat pembayaran yang digunakan dalam kegiatan transaksi. Dimana pada kegiatan awal transaksi terlebih dahulu akan dibayaran oleh penerbit, lalu setiap awal bulan pengguna harus membayar jumlah transaksi yang dilakukannya pada penerbit.

Jadi disini pengguna berhutang kepada pihak bank dan memiliki kewajiban untuk melunasinya.

Penggunaan kartu kredit saat ini banyak dipilih oleh masyarakat, karena praktis dan mereka tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Dengan kemudahan dalam proses transaksi yang diberikan kartu kredit, telah membuat seseorang cenderung untuk berbelanja lebih banyak. Oleh karena itu, penting untuk kamu ketahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan memiliki kartu kredit.

Tetapi sebelum itu, kita akan membahas fungsi kartu kredit terlebih dahulu.

Fungsi Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki berbagai fungsi yang dapat kamu nikmati sebagai pengguna.

  • Transaksi menjadi praktis dan nyaman Banyaknya masyarakat yang memilih menggunakan kartu kredit karena dengan kartu kredit transaksi jauh lebih praktis dan nyaman.
    Dengan menggunakan kartu kredit kamu tidak harus membawa banyak uang tunai dalam kegiatan transaksi, karena hal ini dinilai tidak efisien.
    Dalam menggunakan kartu kredit kamu juga tidak perlu khawatir bila uang yang ada tidak cukup untuk melakukan transaksi, karena proses transaksi akan dibayarkan oleh pihak bank terlebih dahulu.
  • Aman Fungsi kartu kredit berikutnya yaitu aman. Aman disini adalah saat terjadi kehilangan kartu kredit langsung dapat di blokir agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.
    Saat kartu kredit yang kamu gunakan hilang atau dicuri, kamu dapat segera melaporkan kehilangannya pada pihak bank. Lalu, tidak lama kartu kredit akan diblokir pihak bank, sehingga kartu kredit pun tidak bisa dipakai dan menciptakan keamanan bagi pengguna.
  • Membantu saat keadaan darurat Saat kamu sedang tertimpa musibah atau sedang berada di kondisi yang tidak menyenangkan. Sehingga kamu memerlukan uang tunai dengan cepat, kartu kredit bisa menjadi jalan keluar yang dapat membantu kamu.
  • Pengeluaran sudah terlacak Saat kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, setiap transaksi yang kamu lakukan pasti sudah terlacak dalam lembar tagihan di setiap bulannya. Jadi, kamu dapat melakukan pengecekan jumlah pengeluaran yang kamu lakukan pada tagihan yang terlacak oleh pihak bank.
  • Transaksi online jauh lebih mudah Dengan menggunakan kartu kredit juga akan mempermudah kamu dalam transaksi online.
    Dengan berkembangnya marketplace di Indonesia, membuat banyak masyarakat Indonesia berpindah dengan transaksi online. Dengan kartu kredit, setiap transaksi online dapat dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak bank.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Apa sih perbedaan kartu kredit dan debit? Bukannya sama-sama dikeluarkan oleh bank dan sebagai alat transaksi, ya? Lalu apa yang membedakan kedua kartu ini?

Sekarang di masyarakat Indonesia tersebar tiga jenis kartu sebagai alat transaksi pengganti uang tunai. Umunya, masyarakat telah menggunakan salah satu kartu tersebut, dua diantaranya, atau memakai ketiganya. Tetapi sampai saat ini banyak masyarakat yang masih bingung perbedaan kartu kredit dan debit.

Berikut ini beberapa perbedaan kartu kredit dan debit.

  • Perbedaan saat melakukan transaksi Saat melakukan transaksi dengan kartu kredit, maka pembayaran terlebih dahulu akan dilakukan oleh pihak penerbit atau bank. Lalu pengguna akan membayar keseluruhan jumlah transaksi pada waktu yang telah ditentukan bersama.
    Berbeda dengan kartu kredit, dimana transaksi kamu dibayarkan terlebih dahulu oleh bank. Saat melakukan transaksi dengan kartu debit, saldo yang terdapat dalam kartu debit otomatis terpotong sesuai jumlah transaksi yang dilakukan. Jadi, langsung menggunakan uang pengguna yang tersimpan dalam kartu debit.
  • Beda limit penggunaan Limit merupakan batas maksimal yang diperbolehkan dalam kegiatan transaksi.
    Pada kartu kredit terdapat limit yang berlaku dalam hitungan bulanan dan sudah ditentukan oleh pihak bank. Nominalnya pun berbeda, tergantung dari jenis kartu dan kebijakan dari pihak bank.
    Sedangkan pada kartu debit, limit tidak berlaku. Karena semua tergantung pada saldo pengguna yang tersimpan dalam kartu debit. Selama saldo masih tersedia, pengguna selalu dapat melakukan transaksi.
    Saldo pada kartu debit pun dapat diisi oleh pengguna setiap saat, baik secara transfer atau setor tunai. Jadi, dana yang dapat dikeluarkan pun terbatas sesuai saldo.
  • Perbedaan dalam biaya transaksi Besaran biaya transaksi yang dikeluarkan pada kartu kredit dan debit pun berbeda. Biaya transaksi kartu kredit lebih besar dibanding dengan kartu debit.
    Contohnya, saat kamu pengguna kartu debit melakukan transfer ke bank lain maka akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 6.000 saja.
    Selain itu, juga terdapat biaya untuk administrasi saldo rata-rata bulanan, biaya penarikan di ATM yang berbeda. Lalu juga terdapat biaya penggantian kartu yang rusak atau hilang, dan biaya untuk menutup rekening, tetapi masih dalam biaya yang kecil.
    Pada kartu kredit terdapat sejumlah biaya yang lebih besar dan harus dibayarkan seperti biaya transaksi tahunan, biaya materai, biaya keterlambatan. Lalu, terdapat biaya bunga, biaya kelebihan pemakaian, biaya tarik tunai, biaya konversi mata uang.
    Selain itu terdapat juga biaya salinan dan cetakan tagihan bulanan, dan biaya transaksi lainnya yang jauh lebih besar dari kartu debit.
  • Perbedaan pada mekanisme transaksi Antara kartu kredit dan kartu debit memiliki perbedaan mekanisme transaksi.
    Saat menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi, pengguna harus melakukan verifikasi dengan tanda tangan. Jadi, pada pemakaian kartu kredit harus dilakukan langsung oleh pengguna dan tidak dapat digantikan.
    Sedangkan pada kartu debit, mekanisme transaksi dapat dipindahtangankan. Bisa saja pengguna meminta orang lain untuk mengambil uang di ATM, asalkan orang lain tersebut mengetahui PIN kartu kredit pengguna.
    Mekanisme transaksi kartu debit jauh lebih mudah dibandingkan dengan kartu debit.
  • Perbedaan pada promo yang diberikan Promo yang diberikan untuk pengguna kartu kredit dinilai lebih menarik dan beragam dibandingkan dengan pengguna kartu debit.
    Pihak bank mengeluarkan promo menarik khusus pengguna kartu kredit. Dimana promo yang diberikan dapat ditukar aneka hadiah hingga cashback yang didapatkan dari hasil transaksi. Selain itu banyak promo menarik tersedia saat berbelanja.
    Sedangkan bagi pengguna kartu debit juga terdapat tawaran promo, tetapi tidak sebanyak pengguna party kredit.

Cara Pakai Kartu Kredit dan Bunga Kartu Kredit

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, ada baiknya kamu mengetahui cara pakai kartu kredit dan bunga kartu kredit. Agar nantinya kamu dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, dan membantu kamu dalam mengelola keuangan bulanan.

Berikut ini cara-cara pakai kartu kredit dengan bijak.

  • Pilih kartu kredit berdasarkan kebutuhan Jika kamu memutuskan sebagai pengguna kartu kredit, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih kartu kredit berdasarkan kebutuhan. Saat ini banyak jenis-jenis kartu kredit yang dapat dipilih.
    Misalkan kamu menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi kebutuhan sehari-hari, carilah jenis kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan supermarket atau merchant penyedia kebutuhan sehari-hari, dan memberikan berbagai cashback.
    Atau jika kamu tipe orang yang suka traveling menggunakan pesawat, kamu dapat memilih jenis kartu kredit penerbangan atau kartu kredit travel. Dimana kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan intensif poin yang dapat ditukarkan tiket pesawat.
    Jadi, kamu harus bijak dalam memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Tidak menggunakan banyak kartu kredit Sebenarnya tidak apa-apa untuk memiliki lebih dari satu kartu kredit. Namun, kamu harus mengetahui konsekuensi yang akan kamu tanggung setiap bulannya.
    Kamu harus membayar semua transaksi dengan kartu kredit yang dimiliki. Kamu harus membayar biaya bunga, iuran tahunan, biaya keterlambatan,biaya cek tagihan bulanan, dan masih banyak biaya lainnya.
    Bila kamu orang yang tidak bisa mengatur pengeluaran dengan baik, menggunakan banyak kartu kredit akan membawa petaka di kemudian hari. Saat kamu terlambat dalam melunasi tagihan, maka nama kamu akan masuk blacklist Bank Indonesia. Atau nama kamu punya skor kredit yang buruk dalam SLIK-OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan-Otoritas Jasa Keuangan).
    Jadi lebih baik untuk kamu tidak menggunakan banyak kartu kredit,ya.
  • Sesuaikan limit kartu kredit Cara pakai kartu kredit selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dengan menyesuaikan limit kartu kredit berdasarkan kebutuhan.
    Memang, yang menentukan limit kartu kredit adalah tugas dari pihak bank. Namun, biasanya pihak bank menawarkan limit dengan 2-3 kali gaji bulanan.
    Jadi, jika kamu memiliki gaji sebesar Rp5 juta/bulan, maka limit yang akan kamu dapatkan antara Rp10 juta sampai Rp15 juta per bulan.
    Jadi, penting untuk kamu dapat memakai limit kredit dengan bijak, jangan dengan limit yang besar kamu akan habiskan semuanya dalam sebulan. Pakailah sesuai dengan kebutuhan dan prioritas kamu.
  • Hindari tarik tunai Memang dengan menggunakan kartu kredit, kamu memiliki fasilitas tarik tunai dengan cepat. Jadi, jika kamu tidak memiliki uang, kamu bisa mendapatkannya dengan cepat melalui tarik tunai dengan kartu kredit.
    Namun, dengan fasilitas yang diberikan kartu kredit setiap bulannya terdapat biaya yang harus dibayar. Saat kamu melakukan tarik tunai, kamu akan membayar bunga tarik tunai kartu kredit yang cukup tinggi sebesai 2,25% per bulan. Kamu juga akan menanggung biaya tambahan sebesar 4-6% dari nilai tarik tunai kamu.
    Jadi, lebih baik kamu menghindari melakukan tarik tunai dengan kartu kredit.
  • Tutup kartu kredit yang tidak dipakai Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, namun terdapat kartu kredit yang ternyata sudah dipakai, lebih baik untuk kamu menutup kartu kredit tersebut. Karena pada kartu kredit yang sudah tidak dipakai, kamu tetap harus membayar iuran tahunannya.
    Jika kamu memutuskan untuk menutup kartu kredit, pastikan semua tagihan dalam kartu kredit sudah kamu lunasi, lalu ikuti prosedur penutupan kartu kredit sesuai dengan pihak bank terkait.

Setelah kamu sudah mengetahui cara pakai kartu kredit, selanjutnya kamu juga harus tahu seputar bunga kartu kredit.

Dengan kecepatannya, dimana kita bisa membeli barang tanpa harus mengumpulkan uang, kamu juga harus mengetahui bunga kartu kredit yang akan kamu tanggung setiap bulannya.

Rata-rata bunga kartu kredit berada di kisaran 2% dan tidak lebih dari 2,5% setiap bulannya, ini tergantung dengan kebijakan dari bank penerbit kartunya.

Walaupun begitu, perhitungan bunga kartu kredit umumnya memakai bunga harian. Ini dimaksudkan untuk mempermudah proses perhitungan denda keterlambatan bayar sekaligus selisih tagihan.

Syarat Punya Kartu Kredit

Saat kamu memutuskan untuk membuat kartu kredit, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu syarat pengajuan kartu kredit.

Memang syarat punya kartu kredit setiap penerbit atau bank berbeda-beda. Tetapi, secara umum syarat punya kartu kredit yang haru disiapkan, yaitu:

  • Usia pemegang kartu utama minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Usia pemegang kartu tambahan minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun
  • Kartu identitas yaitu KTP/SIM/Paspor
  • Fotokopi slip gaji
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (bagi yang pernah memiliki kartu kredit)
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha)
  • Fotokopi akte pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha)
  • Fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional)

Haruskah Kita Memiliki Kartu Kredit?

Menurut kamu, siapa sih yang sebaiknya menggunakan kartu kredit dan siapa yang sebaiknya tidak memakai kartu kredit?

Sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit, kamu harus dapat mengetahui untuk apa saja nanti kamu memakai kartu kredit. Pertimbangkan juga semua konsekuensi yang akan kamu tanggung nantinya.

Jika kamu seorang pengusaha atau profesional, kamu juga memiliki penghasilan yang tinggi, dan kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik, kamu bisa menggunakan kartu kredit.

Tapi, tetap kamu harus mengontrol pemakain kartu kredit dan melakukan pemeriksaan secara berkala semua transaksi yang kamu lakukan. Sehingga kamu dapat mengetahui total pengeluaran yang telah kamu lakukan.

Tetapi, jika kamu memiliki pendapatan yang pas-pasan, kamu masih belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan kamu belum bisa mengontrol pengeluaran. Lebih baik, kamu tidak menggunakan kartu kredit.

Mungkin kamu bisa menggunakan kartu debit sebagai sarana kamu untuk menyimpan uang sebagai tabungan.

Oleh karena itu, jika kamu memutuskan membuat kartu kredit, pikirkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan kamu dan cara bagaimana kamu akan membayar tagihan pada kartu kredit setiap bulannya.

Keuntungan dan Kerugiaan Memakai Kartu Kredit

Jadi kamu telah mengetahui seputar kartu kredit. Terakhir dan tidak kalah penting yang harus kamu ketahui sebelum membuat kartu kredit adalah keuntungan dan kerugian memakai kartu kredit.

Keuntungan memakai kartu kredit:

  • Praktis dibawa dan digunakan
  • Memiliki berbagai promo menarik
  • Dapat melakukan transaksi dengan mudah walaupun belum memiliki uang
  • Terhindari dari risiko kehilangan uang
  • Mempermudah dalam membayar tagihan
  • Dapat menggunakan dana yang lebih besar dari yang dimiliki

Kerugian memakai kartu kredit:

  • Terdapat biaya iuran pertahun
  • Terdapat beban bunga saat tarik tunai
  • Beban bunga yang lebih besar saat melakukan transfer antar bank
  • Bunga pinjaman tinggi
  • Memiliki denda keterlambatan pembayaran yang besar
  • Membuat seseorang boros

Nah, kita telah membahas lengkap seputar kartu kredit. Gimana kamu rencana kamu untuk membuat kartu kredit?

Untuk mengimbangi pemakaian kartu kredit yang kamu miliki, kamu bisa loh mulai mempersiapkan keuangan kamu untuk di masa yang akan datang atau bisa juga untuk membayar tagihan pada kartu kredit kamu.

Cara yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah dengan melakukan investasi bersama LandX.

LandX merupakan platform equity crowdfunding memberikan kamu kesempatan untuk melakukan investasi modal kecil dengan patungan ke berbagai bisnis yang menguntungan. Kamu bisa melihat berbagai bisnis yang memiliki prospek bagus di LandX, dan tentukan pilihanmu!

Persiapkan Dana Masa Depanmu dengan Investasi di LandX Sekarang Juga!