menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu Opportunity Cost? Ini Contoh dan Cara Menghitungnya

Wednesday, 22 Jun 2022

Read in 5 minutes

Author: Nadya A. Faatihah
Apa Itu Opportunity Cost

Tidak hanya bagi investor atau pebisnis saja, memahami apa itu opportunity cost akan membantu siapa pun untuk menentukan pilihan terbaik dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai ekonomi yang paling bermanfaat.

Secara sederhana, yang dimaksud dengan apa itu opportunity cost adalah biaya yang timbul karena hilangnya kesempatan dari pemenuhan suatu kebutuhan lain. Secara konsep ekonomi, contoh opportunity cost adalah biaya yang muncul ketika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan, tetapi ia harus memilih salah satunya saja.

Berikut penjelasan lengkap tentang apa itu opportunity cost, fungsi, dan rumus opportunity cost lengkap dengan contohnya.

Pengertian Opportunity Cost

Biaya peluang atau opportunity cost adalah kemunculan biaya atau risiko karena seseorang memilih untuk mengorbankan satu hal agar mendapat hal lainnya. Dasar dari teori biaya peluang adalah sumber daya ekonomi yang terbatas, sehingga menuntut seseorang untuk menentukan pilihan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai gambaran, contoh biaya peluang adalah: Ketika Dea sedang di kantor, ia hanya memiliki uang Rp50.000. Ia dihadapkan dengan dua kebutuhan, yaitu membeli segelas es kopi atau seporsi makan siang. Karena Dea merasa lapar, ia memilih untuk membeli seporsi makan siang. 

Namun, Dea kehilangan kesempatan yang hanya bisa dirasakan dari segelas es kopi yaitu kesempatan untuk tidak mengantuk dan lebih fokus saat melanjutkan pekerjaannya. Sehingga, apa itu opportunity cost didefinisikan sebagai kesempatan-kesempatan yang hilang dari opsi yang tidak dipilih oleh seseorang.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Dari penjelasan tentang pengertian biaya peluang, maka rumus inilah yang menggambarkan perhitungan apa itu opportunity cost jika kondisi pilihan-pilihan yang tersedia dapat dihitung dengan angka, misalnya nominal uang seperti contoh sebelumnya.

Meski begitu, secara sederhana menghitung apa itu opportunity cost dapat didefinisikan dengan konsep “Jika untuk jangka panjang atau pun pendek Foregone Option (FO) lebih bernilai daripada Chosen Option (CO), maka opsi ini kurang menguntungkan. Sementara, jika FO lebih kecil nilainya dari CO, maka itu adalah opsi terbaik yang harus diambil.”

Tujuan Menghitung Biaya Peluang

Memahami apa itu opportunity cost dalam berbagai opsi yang ada di kehidupan dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan terbaik dengan nilai ekonomi yang paling tinggi. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang fungsi atau tujuan memahami apa itu opportunity cost. 

1. Meningkatkan Kemampuan dalam Mengambil Keputusan

Dalam setiap pilihan yang dibuat akan menghasilkan mengorbankan pilihan lain. Karena pada dasarnya sumber daya yang dimiliki seseorang terbatas, tetapi keinginannya dapat tak terbatas, maka seseorang harus memilih beberapa keinginan untuk dipenuhi, dan menyingkirkan yang tidak dapat dipenuhi. 

Sehingga dengan memahami apa itu opportunity cost, seseorang dapat belajar menimbang dengan matang pilihan mana yang lebih menguntungkan, sesuai dengan skala prioritas.

2. Mengenali Risiko dari Setiap Keputusan yang Diambil

Memahami konsep apa itu opportunity cost membuat seseorang menyadari akan ada konsekuensi yang ditimbulkan dari opsi yang dipilih, atau pun tidak dipilih. Konsekuensi ini bisa berdampak baik atau pun buruk. Namun, dengan menyadari adanya biaya peluang, seseorang pastinya akan mempersiapkan dengan matang kemungkinan untung atau risiko kerugian yang didapatkan dari pilihan-pilihan yang ada.

3. Memaksimalkan Prospek Peluang

Jika Anda seorang pebisnis atau pun seorang investor, maka memahami apa itu opportunity cost adalah salah satu komponen paling penting untuk memaksimalkan peluang. Misalnya, peluang untuk ekspansi bisnis, peluang untuk mendapatkan persenan dividen yang lebih tinggi, atau pun peluang lainnya yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan peluang tersebut, tentu Anda akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan sulit yang akan menghasilkan pengorbanan. Karena itu, tujuan menghitung opportunity cost adalah konsep yang membantu Anda untuk benar-benar menentukan opsi yang paling berpeluang memberi keuntungan.

3. Dasar Perhitungan Modal

Fungsi konsep biaya peluang dapat diterapkan dalam perhitungan modal bagi investor atau pun pebisnis. Misalnya, Anda memiliki Rp50 juta yang dihadapkan dengan pilihan membangun bisnis sendiri atau berinvestasi pada bisnis yang sudah ada.  

Jika Anda memilih untuk membangun bisnis sendiri, maka modal Rp50 juta ini perlu dialokasikan untuk biaya bahan baku, sewa, operasional dan lainnya. Namun, jika diinvestasikan, Anda tidak perlu mengurus secara mendetail dan tinggal mengawasi proses pembagian dividen.

Dari dua pilihan ini, tentu keuntungan ekonomi secara jangka pendek dan panjangnya akan berbeda. Konsep apa itu opportunity cost akan membantu proses Anda menentukan apakah modal yang dikeluarkan untuk suatu pilihan, akan memiliki nilai keuntungan yang paling menjanjikan.

4. Mitigasi Risiko

Memahami opportunity cost yang ada dari setiap pilihan akan memberikan gambaran tentang risiko yang ada di masa yang akan datang. Karena hal ini, konsep opportunity cost akan membantu Anda merencanakan masa depan dengan membuat pilihan yang paling tepat, tentu setelah melewati perhitungan yang matang.

Dalam proses menentukan pilihan, gambaran mengenai risiko yang mungkin hadir dapat membantu Anda menyusun rencana mitigasi risiko. Dengan demikian, perencanaan masa depan Anda akan lebih matang. Jika ternyata terdapat masalah dari pilihan yang telah dibuat, maka Anda bisa memanfaatkan rencana mitigasi risiko yang telah dipersiapkan

Contoh Kasus Menghitung Apa Itu Opportunity Cost

Dalam kehidupan sehari-hari manusia dihadapkan dengan berbagai pilihan. Mulai dari pilihan sederhana seperti memilih Makanan A atau Makanan B, hingga pilihan yang lebih rumit seperti menentukan instrumen investasi saham atau obligasi. 

Pros dan cons dari semua pilihan yang ada perlu dipikirkan dengan matang agar seseorang bisa menentukan pilihan terbaik tanpa menyesali biaya peluang yang ditimbulkan dari kesempatan yang tidak dipilih. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Opportunity Cost Produk A vs Produk B

Misalnya Anda memiliki budget Rp200.000 untuk membeli bahan memasak. Menu yang dimasak harus memiliki protein dari daging, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Anda dihadapkan dengan 2 pilihan berikut.

Jika Anda memilih List A, maka Anda memiliki sisa lebih Rp60.000 yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Namun, Anda kehilangan biaya peluang mendapatkan 750gr buah semangka yang 2x lipat lebih banyak dari buah anggur meski dengan harga yang sama. Contoh ini mengilustrasikan apa itu opportunity cost dari pembelian kebutuhan sehari-hari. 

2. Opportunity Cost Investasi 

Sama halnya dalam berinvestasi, opportunity cost pasti hadir sebagai hasil dari opsi yang dibuang setelah menentukan sebuah pilihan dari berbagai opsi yang ada. Misalnya, Anda memiliki Rp2.000.000 untuk berinvestasi. 

Terdapat pilihan antara membeli saham melalui platform reksadana atau equity crowdfunding. Dengan alokasi dana yang sama, Anda memilih untuk membeli saham PT ABC Tbk di platform reksadana dibanding saham PT XYZ di platform crowdfunding. Namun ternyata, setelah berjalan tiga bulan, dividen PT XYZ adalah 25% sementara PT ABC Tbk hanya 15%. Sehingga, Anda hanya mendapat dividen Rp300.000. 

Maka, hilangnya kesempatan Anda mendapat Rp500.000 dari berinvestasi di equity crowdfunding adalah yang dimaksud dengan apa itu opportunity cost.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu opportunity cost, fungsi, cara menghitung, dan contoh ilustrasinya Tidak hanya bagi investor atau pebisnis saja, memahami konsep ini tentu akan membantu siapa pun untuk menentukan pilihan terbaik dengan nilai ekonomi yang paling bermanfaat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jadi Bos Bisnis Hanya Butuh Modal 1 Juta? Yuk, Temukan Peluang Bisnis Menjanjikan di LandX Sekarang!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga