Investasi di saham property merupakan salah satu instrumen bisnis yang paling populer, karena property menjadi aset yang nilainya akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Mirip dengan logam mulia, properti termasuk properti nyata atau aset berwujud yang dapat dilihat dalam bentuknya.

Meski sifatnya tidak likuid, namun karena pertumbuhan nilainya di masa depan, kepemilikan aset akan terus menumbuhkan aset bersih. Oleh karena itu, dalam jangka panjang, ini adalah pilihan investasi yang menjanjikan untuk anda.

Apa kelebihan serta jenis investasi saham property? Bagaimana cara berinvestasi dengan benar dalam instrumen ini? Kami akan membahas semuanya di artikel ini.


Table of Content

Apa itu Saham Property?

Agar lebih mudah memahami pengertian saham property, mari kita cek dulu apa itu investasi dan apa itu properti.

Investasi adalah upaya investasi dana atau modal ke dalam satu atau lebih jenis aset dalam jangka waktu tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan atau meningkatkan nilai investasi.

Properti adalah istilah yang mengacu pada kepemilikan hak eksklusif oleh individu atau badan usaha. Oleh karena itu, pengertian investasi ini adalah upaya menginvestasikan dana atau modal ke dalam aset yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha, dengan tujuan memperoleh keuntungan penjualan dari kenaikan nilai investasi selanjutnya.

Investasi property atau real estat sangat erat kaitannya dengan aset berupa tanah dan bangunan. Menurut konsep perencanaan keuangan, jika pemilik menjual aset di masa depan, maka aset tersebut dapat dinyatakan sebagai aset investasi. Namun, jika pemiliknya menggunakannya untuk perumahan atau kebutuhan pribadi, meskipun nilainya akan tetap naik (terus naik), itu juga akan menjadi aset yang dapat dikonsumsi.

Apa Keuntungan Investasi di Saham Property?

Ada banyak alasan menguntungkan untuk berinvestasi di saham property. Mari kita temukan di bawah ini beberapa keuntungan berinvestasi di saham property.

1. Harga Terus Naik

Seperti yang telah disebutkan di atas, harga berbagai properti akan terus meningkat di masa mendatang. Tapi kenapa bisa begitu?

Jawabannya tentu saja karena laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dar. Dengan begitu, permintaan akan rumah di masa depan semakin meningkat, dan mengenai ketersediaan properti mungkin tidak mencukupi.

Menurut hukum ekonomi. Saat ketersediaan produk rendah dan permintaan tinggi, maka harganya pasti tinggi.

2. Dapat Digunakan Sebagai Jaminan

Layaknya properti riil atau aset keuangan lainnya, properti merupakan aset yang dapat dijadikan jaminan.

Ketika pemilik membutuhkan pinjaman untuk menjaga ketersediaan aset saat ini, properti tersebut dapat digunakan sebagai jaminan. Pemilik tidak perlu menjual aset tersebut untuk mendapatkan dana baru, mereka bisa menjaminkan sertifikat kepemilikan untuk mendapatkan dana yang mereka butuhkan.

3. Harga Jual Properti di Tangan Pemiliknya

Properti memiliki harga pasar, tetapi harga jual properti ada di tangan pemiliknya. Jika pemilik ingin menjualnya dengan cepat, maka mereka bisa menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatakan bahwa investasi saham property tidak terlalu rumit untuk investor pemula. Selain bisa meningkatkan nilai aset, harga jualnya juga bisa Anda sesuaikan sendiri.

4. Bermanfaat untuk Kesejahteraan Anak Cucu

Ingat poin pertama di bagian ini, pertumbuhan populasi di masa depan dan ketersediaan properti tidak selalu seimbang.

karena itu  investasi saham property  yang anda lakukan akan sangat bernilai di masa akan datang sehingga dapat membantu generasi berikutnya. Investasi properti yang anda lakukan di masa sekarang akan sangat berarti di masa akan datang karena besarnya potensi kenaikan nilai di masa akan datang. Hal ini juga berlaku untuk nilai saham, nilai saham property berpotensi naik berkali-kali lipat dalam kurun waktu 5-10 tahun kedepan.  

5. Depresiasi

Sekalipun nilai tiap bangunan disusutkan atau didevaluasi, peraturan pemerintah di bidang ini juga dilonggarkan. Pemerintah mengizinkan pemotongan pajak properti langsung selama masa hidup mereka sehingga investor masih bisa mendapatkan keuntungan.

nilai depresiasi dari properti pun terhitung cukup rendah jika dibandingkan dengan investasi jenis lain. Maka dari itu anda harus sesegera mungkin mulai memasukkan dana anda ke dalam investasi properti.

Jenis Investasi Properti Online

Dalam pembahasan berikut, kami akan memperkenalkan kepada Anda jenis-jenis investasi  property menarik yang dapat Anda pilih. Ini adalah 3 di antaranya:

1. Tanah

Investasi tanah adalah salah satu jenis investasi property yang cocok untuk pemula, karena tidak perlu melakukan pengelolaan yang rumit setelah membeli tanah.

Untuk bisa berinvestasi di tanah, Anda hanya perlu memahami lokasi tanah mana yang akan mengalami kenaikan harga yang pesat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menunggu lama untuk segera mendapatkan keuntungan dari investasi Anda.

Berdasarkan pengalaman kami, berikut adalah tips memilih tanah dengan harga yang naik pesat:

Letak tanah ada di pinggir jalan raya, atau minimal satu jalan umum bisa mencapai lokasi tanah. Coba lihat rencana pembangunan dimana letak lahan tersebut, jika ternyata baik pemerintah maupun swasta telah merumuskan rencana pembangunan yang sangat besar, maka harga tanah akan naik dengan cepat.

Lokasi tanah bebas dari banjir, atau lokasi yang kemungkinan kecil terjadi bencana. Ini menjadi pertimbangan yang sangat penting, karena di daerah rawan bencana, kenaikan harga akan lambat.

2. Rumah

Perkembangan populasi kita yang pesat telah menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal di salah satu tempat yang paling dibutuhkan. Hal ini terlihat jelas dari sulitnya mencari harga sewa rumah di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, investasi perumahan merupakan salah satu investasi property yang direkomendasikan. Dengan berinvestasi pada jenis property ini, Anda akan langsung mendapatkan 2 jenis pendapatan :

  • Yang pertama adalah mendapatkan keuntungan dari menyewakan rumah
  • Alasan kedua adalah keuntungan naiknya harga rumah, karena harga rumah naik setiap tahun.

kalau anda masih ragu karena mempertimbangkan biaya yang besar, anda bisa mulai membeli properti dengan crowdfunding sehingga anda dapat memiliki saham di berbagai properti potensial di sekitar anda.  

3. Properti Kost

Jika Anda memiliki dana yang cukup atau investasi perumahan yang cukup besar, Anda bisa memilih properti kost. Penghasilan Anda dari investasi saham property ini pasti lebih besar dari berinvestasi di tanah atau menyewa rumah, karena:

Pertama-tama, karena banyaknya rumah kost yang disewakan, penghasilan bulanan Anda pasti jauh lebih tinggi. Kedua, kenaikan harga kos harus jauh lebih besar daripada harga rumah biasa.

Faktanya, Anda dapat memilih dari banyak jenis investasi saham property, dan sekarang dengan mendaftar di platform investasi properti online terpercaya dengan sistem crowdfunding, Anda dapat memulai semua investasi ini dengan modal yang kecil.

Cara Investasi Saham Property

Nah, setelah memahami keuntungan dari investasi saham property, mungkin banyak dari kita yang semakin tertarik untuk mulai berinvestasi di bidang ini. Tapi bagaimana caranya?

Ada banyak cara untuk berinvestasi di saham property. Anda dapat mulai melakukan hal berikut:

Investasi Properti Sewa

Tentu saja, cara paling umum adalah membangun atau membeli properti secara pribadi. Namun, jika Anda terbatas dari segi biaya kepemilikan dan berbagai administrasi anda bisa mulai dengan crowdfunding properti yang disediakan oleh LandX.

Anda dapat menjadi bagian dari bisnis sewa untuk mendapatkan penghasilan pasif secara rutin tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas sendiri namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka bisnis ini sudah pasti bisa jadi pilihan Anda.  

Bisnis Flip Properti

Bisnis Flip properti mengacu pada proses dan metode memiliki rumah atau properti lainnya. proses ini mencakup perbaikan sebuah properti dan dijual kembali dalam waktu singkat, dan membuat perbedaan harga d yang menguntungkan. Orang yang terlibat dalam bisnis property ini disebut fliper, dan proses penjualannya sendiri disebut flip.

Bisnis ini di Indonesia memang tidak terlalu populer, namun bukan berarti model bisnis ini tidak bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Dalam investasi properti ini dapat dilakukan siapa saja, baik itu masyarakat maupun penjual real estate.

Alasan menjual properti dengan harga lebih rendah mungkin karena penjual perlu menghasilkan uang dengan cepat atau kondisi yang tidak bagus. namun hal ini bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk mengambil keuntungan.


Artikel Terkait:


Investasi Properti Online

Siapa bilang investasi saham saja bisa diperdagangkan melalui dunia maya?

Saat ini, investasi saham property juga dapat dilakukan secara online melalui platform khusus yang menghubungkan pengelola aset real estat dan investor.

Karenanya, Anda dapat menginvestasikan dana Anda di platform online seperti LandX.

Di LandX kami memastikan setiap transaksi dan setiap langkah yang dilakukan aman, dan tentu Anda dapat memperoleh keuntungan yang bisa anda mulai dengan modal sekecil mungkin