menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu Startup: Jenis, Karakteristik dan Contohnya | Bisnis Startup

Wednesday, 11 May 2022

Read in 5 minutes

apa itu startup, jenis-jenis startup, karakteristik startup, contoh startup

Startup adalah bisnis atau perusahaan baru yang mencoba mendisrupsi pasar. Perusahaan rintisan masih berada pada fase mengembangkan produk dan..

Hebatnya Indonesia!

Indonesia tempati posisi kelima sebagai negara dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia. Berdasarkan laporan Startup Rangking, Indonesia miliki 2.361 perusahaan startup hingga tahun 2022.

Istilah startup telah lama digunakan semenjak popularitas dan adaptasi layanan dari perusahaan berbasis teknologi. Tapi, apa itu startup? Pengertian dan karakteristik startup bagaimana?

Dalam artikel ini, LandX akan bahas untuk kamu agar lebih mengerti tentang startup.

Apa Itu Startup

Startup adalah bisnis atau perusahaan baru yang mencoba mendisrupsi pasar. Berdasarkan arti kata, start up artinya memulai atau perusahaan yang baru mulai pada fase mengembangkan produk dan menemukan pasar. Perusahaan-perusahaan ini memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Namun, startup paling sukses dapat menjadi legenda dunia bisnis dengan inovasi bisnisnya.

Karakteristik Startup

Apakah semua perusahaan baru adalah startup? Ada kategori kenapa sebuah bisnis diberikan label startup atau perusahaan rintisan. Berikut ulasannya.

  • Problem Solving

Perusahaan startup dirancang untuk memecahkan masalah. Karena itu perusahaan startup sering disebut sebagai disruptor terhdap kondisi yang telah ada dan tak jarang terjadi penolakan. Namun, dengan efektivitas yang diberikan serta edukasi produk yang dijalankan buat perlahan bisnis ini semakin diterima masyarakat luas.

Contohnya pada awal kehadiran layanan ojek online seperti Gojek yang buat pengendara ojek konvensional merasa resah dan terancam wilayah layanan usahanya.

Walaupun memakan waktu, kini manfaat dari kehadiran bisnis berbasis pemanfaatan teknologi dengan sentuhan ini mampu memikat hati banyak ojek konvensional. Mendapat orderan lebih banyak dan beragam (ojek, pesan-antar makanan, pesan-antar barang) dari satu aplikasi.

  • Perkembangan pesat

Startup merupakan perusahaan yang memiliki budaya yang terus berkembang, berubah, dan beradaptasi untuk menghadapi tantangan dan peluang. Target sebuah startup bersifat dinamis untuk mencapai tujuannya.

Perusahaan startup adalah kombinasi unik dari orang, ide, teknologi, dan sumber daya yang disatukan untuk mencapai tujuan. Operasional bisnis startup melibatkan pengembangan dan peluncuran produk atau layanan baru dalam skala waktu yang cepat.

  • Secara umum berbasis teknologi

Bisnis startup yang masih muda dan eksperimental buat perusahaan ini berada pada fase mengeksplorasi kemungkinan ide-idenya. Dan kenyataannya, mereka belum yakin seperti apa bentuknya di masa depan.

Banyak startup berbais teknologi (tech-oriented) dalam mengembangkan ide bisnisnya. Pendiri memiliki kemampuan pengolahan software dan melakukan development pada program komputer untuk menunjang layanan pada target pasarnya.

  • Berisiko tinggi

Perusahaan startup memiliki tingkat kegagalan yang tinggi, tetapi startup yang paling sukses dapat menjadi legenda dunia bisnis. Ada banyak faktor yang menyebabkan startup gagal.

Beberapa faktor yang menyebabkan startup gagal yaitu ketidakmampuan mengeksekusi ide, kesalahan dalam membentuk tim, serta product-market fit yang tidak sesuai. Namun tentunya terdapat startup yang dapat menghadang terjadi kegagalan dengan mengubah model bisnis atau strategi pivot.

Jenis Startup

Menurut Steve Blank, entrepreneur, ada enam jenis startup yang berbeda yaitu lifestyle, small business, scalable, buyable, large company dan social.

  1. Lifestyle Startup

Lifestyle startup terdiri dari mereka yang bekerja untuk diri mereka sendiri. Khususnya mendalami pekerjaan yang mereka senangi. Contohnya adalah para freelancer atau web designer yang memiliki passion terhadap pekerjaannya.

  1. Small Business Startup

Small business startup merupakan seorang yang tidak terlalu ambisius dengan tujuannya. Ia fokus untuk memberikan kehidupan yang nyaman bagi keluarganya. Contohnya adalah pengelola personal cafe, toko kelontong, toko roti, dan lainnya.

  1. Scalable Startup 

Perusahaan ini terdiri dari pengusaha yang percaya bahwa ide bisnisnya dapat mengubah dunia. Para pendiri startup berusaha menemukan model bisnis yang dapat terukur untuk menarik perhatian investor dan meningkatkan bisnisnya. 

Contohnya adalah Google, Uber, Facebook, Gojek, Ruangguru.

  1. Buyable Startup

Bisnis ini mereka lahir dengan tujuan dijual ke perusahaan besar setelah mencapai hasil positif yang menarik perhatian mereka. Jenis startup yang satu ini sudah sangat umum di perusahaan pengembang solusi web dan mobile. 

Contohnya adalah pembelian Instagram oleh Facebook dan Moka yang dibeli oleh Gojek.

  1. Large Company Startup 

Perusahaan ini merujuk pada mereka yang memulai dari kecil namun dengan produk yang revolusioner. Kemudian diakui secara global dan dianggap sebagai perusahaan rintisan besar. 

Seiring waktu karena terjadi perubahan pasar, preferensi pengguna, dan tekanan persaingan, bisnis ini cenderung menciptakan produk inovatif baru untuk pengguna baru dari pasar yang berbeda.

Contoh large company startup ialah Microsoft, Samsung, Apple dan lainnya

  1. Social Startup 

Startup sosial semakin muncul ke permukaan dengan ide bisnis mereka yang membuat isu sosial jadi perhatian bersama. Bisnis berbasis kepedulian sosial ini digarap oleh mereka yang ingin membuat perubahan dalam masyarakat dan membuat dunia yang lebih baik.

Dengan demikian, tujuan utamanya bukan untuk mencari keuntungan, melainkan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. 

Contoh bisnis social startup di Indonesia adalah Waste4Change, KitaBisa, Katadata dan startup dengan model bisnis crowdfunding.

Startup Crowdfunding Indonesia

Istilah crowdfunding terasa masih asing secara umum. Crowdfunding sendiri memiliki arti kata penggalangan dana. Startup crowdfunding merujuk pada kegiatan bisnis yang mengumpulkan dana secara kolektif dari masyarakat luas untuk sebuah project.

Project bisnis startup crowdfunding dapat berbasis sosial dan keuangan. Contoh startup crowdfunding berbasis sosial adalah kegiatan penggalangan dana untuk membantu penanggulangan isu sosial dan dapat juga membantu manusia lainnya.

Isu sosial seperti meningkatkan tanggung jawab terhadap pengelolaan sampah yang dilakukan dapat sekaligus memperbaiki lingkungan. Kegiatan bisnis ini juga didasari pada salah satu dari 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggun jawab.

Bentuk lain project bisnis startup crowdfunding keuangan biasanya didasari pemanfaatan teknologi (fintech). Contoh startup crowdfunding fintech di Indonesia ada LandX.

Ide model bisnis crowdfunding LandX adalah kegiatan urun dana dari sejumlah besar masyarakat Indonesia untuk mendanai sebuah project bisnis atau unit usaha. Model bisnis ini dikenal sebagai equity crowdfunding.

Melalui equity crowdfunding, setiap masyarakat Indonesia dapat berkontribusi membantu pengembangan bisnis dengan memberikan modal sebagai investor. Imbalan bagi setiap investor skema crowdfunding adalah bagi hasil keuntungan profit project bisnis yang didanai.

Tertarik jadi investor bisnis dan ingin lihat bentuk pendanaan crowdfunding?

Kunjungi situs LandX dan download aplikasi equity crowdfunding terdepan di Indonesia!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga