Berbicara terkait dengan investasi, istilah ini tentu saja sangat sering kita dengan belakangan ini. Bagi kamu yang sudah mulai memiliki penghasilan, investasi adalah salah satu rencana keuangan jangka panjang yang harus kamu siapkan.

Investasi adalah kegiatan penanaman modal ke dalam suatu proyek atau bisnis baik dalam jangka panjang maupun pendek dengan harapan tujuan mendapatkan keuntungan atau return dari investasi atau penanaman modal yang dilakukan tersebut.

Investasi artinya kamu akan menaruh uang kamu ke dalam suatu instrumen investasi yang return atau besar keuntungannya berbeda-beda tergantung dengan pilihan instrumen investasi anda. Tapi jangan lupa, dalam investasi ada yang namanya risiko yang sejalan dengan return yang didapatkan.

Banyak orang salah mengartikan tentang konsep investasi ini dan beranggapan bahwa investasi merupakan cara mudah dan cepat untuk melipat gandakan uang yang mereka miliki.

Supaya kamu paham dengan baik tentang apa itu investasi dan bagaimana cara menemukan instrumen investasi yang tepat, mari simak artikel di bawah ini.


Table of Content

Apa Itu Investasi?

Seperti yang sudah kita bahas sekilas sebelumnya, investasi simpelnya adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan kepada suatu kegiatan ekonomi dengan harapan return dari kegiatan tersebut.

Hal ini bisa digambarkan sebagai berikut, misalnya pihak A sedang mengembangkan suatu bisnis potensial tapi kekurangan dana untuk pengembangan bisnis tersebut sehingga mereka membuka diri kepada investor untuk menanamkan modal mereka.

Sebagai gantinya, investor akan mendapatkan return dari bagi hasil keuntungan bisnis yang dijalankan tersebut.

Dalam kehidupan nyata, penamanan modal ini dilakukan melalui berbagai metode dan instrumen investasi seperti membeli saham, obligasi, atau patungan bisnis melalui equity crowdfunding.

Saat ini, tersedia berbagai jenis instrumen investasi dengan skema yang berbeda-beda dan estimasi return yang beragam. Oleh sebab itu, kamu harus paham dengan baik bagaimana skema dari investasi yang akan anda lakukan agar kamu paham bagaimana investasi yang anda lakukan dapat memberikan keuntungan.

Selanjutnya, mari kita bahas kenapa kita harus mulai berinvestasi sedini mungkin.

Alasan Kenapa Investasi Sangat Penting

Kalau kamu masih ragu berinvestasi, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus memulai investasi:

1. Melawan Laju Inflasi

Inflasi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan tergerusnya nilai dari uang yang anda miliki. Oleh sebab itu, menyimpan uang di bank saja tidak cukup untuk menjaga nilai yang anda miliki sehingga kamu butuh investasi dengan return terbaik agar uang anda bisa terus berkembang dan melawan laju inflasi.

2. Meningkatkan Sumber Penghasilan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, investasi yang tepat bisa membantu akan menghasilkan return yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang dapat membantu cashflow anda. Karena itu, kamu butuh investasi terbaik yang bisa menjadi sumber passive income untuk keuangan kamu.

3. Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Investasi merupakan bagian penting yang harus anda perhatikan apabila anda sedang menyusun tujuan keuangan jangka panjang. Hal ini karena investasi akan merupakan salah satu faktor penting yang membantu yang akan membantu anda mencapai berbagai tujuan keuangan anda. Karena itu, kamu harus mulai menyisihkan uang yang anda miliki untuk rencana investasi jangka panjang anda.

Bagi kamu yang sudah mulai memiliki penghasilan, investasi adalah salah satu rencana keuangan jangka panjang yang harus kamu siapkan.

Gimana, investasi sangat penting bukan untuk rencana keuangan anda. Apabila anda masih ragu bagaimana cara memulainya, berikut langkah yang bisa anda coba.

Cara Memulai Investasi untuk Pemula

Apabila anda pemula dalam dunia investasi, berikut beberapa langkah investasi yang bisa anda ikuti:

1. Menentukan Tujuan Investasi

Pertama, tentukan tujuan investasi yang ingin anda capai. Hal ini menjadi bagian yang sangat penting karena anda perlu memikirkan tujuan dari investasi yang ada lakukan.

Karena instrumen investasi harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin anda raih karena setiap jenis investasi memiliki keunggulan dan risiko yang berbeda. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk menyusun tujuan investasi anda dengan jelas.

2. Menghitung Profil Risiko

Kedua, pahami Profil risiko investasi online. Setiap investasi tidak pernah terlepas dari resiko. Dalam investasi, risiko merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari karena berbanding lurus dengan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Karena itu investasi yang memiliki resiko tinggi tentu saja memiliki potensi keuntungan yang besar pula. Oleh sebab itu, seorang investor harus mempelajari profil risiko dari investasi online yang akan mereka lakukan.

3. Cek Legalitas Instrumen Investasi

Ketiga, cek legalitas investasi. Sebelum memulai investasi anda perlu memastikan legalitas dari skema yang akan anda gunakan. Hal ini untuk memastikan bahwa anda memilih instrumen investasi yang legal dan tidak akan merugikan anda dimasa yang akan datang.

Sebagai investor pemula tentu anda harus paham apakah jenis investasi yang ingin anda tekuni merupakan skema yang legal dan sudah disetujui oleh aturan yang ada. Hal ini berkaitan dengan makin maraknya investasi yang ilegal dan akan merugikan anda.

4. Memilih Platform Investasi yang Kredibel

Keempat, pilih platform yang kredibel. Investor perlu memastikan bahwa mereka menempatkan mereka dalam platform investasi online terpercaya sehingga terhindar dari berbagai macam resiko.

Karena investasi online tidak memungkinkan anda melakukan pengecekan secara langsung maka pengecekan dapat anda lakukan dengan melihat perizinan dan pengalaman dari platform dalam mengelola dana anda.

5. Monitoring Investasi

Kelima, lakukan monitoring secara berkala. Setelah memutuskan di mana anda akan menanamkan modal, maka anda perlu melakukan monitoring secara berkala terhadap modal yang sudah anda tanamkan. Hal ini  agar anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan program investasi sedang anda lakukan sehingga anda dapat menyusun rencana untuk tindakan ke depan.

Pada saat ini beberapa platform online sudah menyediakan layanan notifikasi untuk memberikan informasi kepada anda terkait performa investasi yang akan anda lakukan.

6. Diversifikasi

Keenam, untuk memperkecil risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan dari investasi, anda perlu melakukan diversifikasi terhadap instrumen investasi yang anda gunakan. Oleh sebab itu, anda bisa mengalokasikan dana anda ke beberapa instrumen invsestasi agar risiko yang anda harus tanggung menjadi lebih kecil.

Menyusun rencana diversifikasi yang  baik merupakan bagian dari mitigasi risiko yang penting anda siapkan dalam investasi. Anda bisa mulai dengan mangatur alokasi dana investasi, misal 50% di alokasikan ke instrumen risiko rendah, 30% risiko sedang, dan 20% sisanya bisa anda masukkan ke instrumen dengan risiko tinggi.

Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pemula

1. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau pemerintah dan dana investor akan dikembalikan beserta bunganya pada akhir periode yang telah dijanjikan. Investasi jenis ini sangat cocok untuk pemula karena terbilang memiliki risiko yang rendah terutama obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah karena risiko gagal bayar yang rendah.

Instrumen ini sangat cocok untuk investor pemula karena selain risiko yang terbilang rendah, instrumen ini juga bisa dimulai dengan modal kecil. Saat membeli obligasi anda harus memperhatikan siapa penerbit dari obligasi ini untuk melihat tingkat risiko gagal bayar dari investasi yang anda lakukan.

2. Reksa Dana

Reksa dana merupakan jenis investasi yang sangat cocok untuk investor pemula terutama yang belum punya kemampuan yang cukup untuk mengatur sendiri investasinya. Dalam reksa dana, uang yang anda miliki akan dikumpulkan dan dikelola oleh seorang manajer investasi yang akan menyalurkan uang anda ke berbagai instrumen investasi yang menguntungkan.

Jenis juga sangat digemari oleh pemula karena modal yang dibutuhkan dalam investasi ini terbilang kecil dan mudah di akses melalui berbagai platform investasi online.

3. Equity Crowdfunding

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi bisnis dengan sistem equity crowdfunding.

Sistem ini memberikan anda kesempatan untuk melakukan patungan bisnis bersama para investor lain yang akan menjadi memiliki saham dari bisnis menguntungkan tersebut.

Investasi melalui platform ini bisa memberikan anda passive income melalui dividen yang bisa membantu kamu mencapai berbagai tujuan finansial jangka panjang yang ingin anda capai. Karena itu,

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Equity crowdfunding merupakan salah satu instrumen investasi dengan potensi keuntungan menjanjikan untuk pemula yang mau berinvestasi

Jangan Lupa!!! Follow Juga Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Informasi Terupdate Seputar Investasi

#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha


Baca Juga: