Pada dasarnya, setiap orang tentu saja ingin mengembangkan uang yang mereka miliki untuk mencapai berbagai tujuan investasi yang sudah direncanakan sebelumnya.

Cara investasi uang setiap orangberbeda-beda tergantung dengan profil risiko dan tujuan yang ingin dicapai. Karena itu saat ini tersedia berbagai instrumen investasi online yang bisa jadi sumber passive income dan menjadi mesin uang otomatis untuk kamu.

Investasi uang adalah hal yang perlu kamu pikirkan sesegera mungkin karena kita tahu bahwa semakin cepat kita mulai, maka semakin cepat kita bisa mencapai tujuan keuangan yang ingin kita capai.

Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa berinvestasi merupakan proses membangun mesin uang untuk masa depan sehingga bukanlah sesuatu yang instan yang bisa didapatkan dalam satu malam.

Supaya kamu paham bagaimana membangun mesin uang untuk masa depan kamu, yuk simak artikel ini sampai habis...


Table of Content


Kenapa Harus Investasi ?

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk membangun mesin uang otomatis yang bisa memberikan kamu passive income di masa mendatang asalkan kamu bisa memilih instrumen yang sesuai.

Selain itu, berinvestasi juga sangat penting karena seiring perkembangan ekonomi, uang kita pada saat ini mungkin saja akan mengalami penurunan nilai karena tergerus inflasi setiap tahun sehingga kita perlu menginvestasikan uang kita agar tidak tergerus inflasi.

Tapi ingat, kamu harus memasukkan uang kamu ke dalam instrumen yang tepat dan aman agar bisa memberikan keuntungan di masa mendatang, karena saat ini banyak sekali penipuan dengan kedok investasi.

Supaya kamu tidak terjebak dengan berbagai skema penipuan, yuk simak tips menginvestasikan uang dengan benar dan aman.


Baca Juga:


Memilih Investasi Uang Terpercaya

Perkembangan era digital memunculkan peluang baru yaitu sistem investasi online, akan tetapi sistem ini juga menimbulkan banyak skema penipuan yang memakan korban. Untuk itu mari kita bahas bagaimana cara memilih instrumen yang aman dan terpercaya.

1. Cek Legalitas Perusahaan
Sebelum berinvestasi, anda perlu memperhatikan apakah perusahaan investasi memiliki legalitas yang lengkap sebagai pihak yang akan menampung dana investasi anda. Izin dari OJK merupakan indikator penting yang harus diperhatikan dalam memilih investasi. Walaupun pihak perusahaan sudah menaruh logo OJK dalam situs mereka, anda tetap harus verifikasi ulang dengan mengunjungi website resmi OJK untuk melihat detail izin yang dimiliki perusahaan tersebut.

2. Cek Kredibilitas Situs dan Media Sosial
Situs web dan sosial media merupakan sesuatu yang penting pada era digital seperti saat ini. Kamu bisa melihat apakah situs web yang mereka memberikan informasi yang detail dan jelas terkait investasi yang mereka tawarkan. Website juga membantu mendapatkan informasi lebih detail seperti kontak dan alamat dari perusahaan. Selanjutnya kamu perlu melihat apakah mereka memiliki media sosial yang aktif dan profesional. Hal ini untuk memastikan kredibilitas dari platform tempat kamu akan berinvestasi.

3. Cari Tahu Rekam Jejak Perusahaan
Berikutnya, cek rekam jejak dari perusahaan tempat kamu akan berinvestasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi dari berbagai berita atau sharing pengalaman orang lain di media sosial. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan informasi terkait rekam jejak yang dimiliki perusahaan untuk memastikan kamu memilih perusahaan investasi yang aman.

4. Perhatikan Keamanan Data Anda
Keamanan data merupakan hal yang harus anda perhatikan selama melakukan transaksi untuk menghindari potensi berbagai jenis kejahatan yang terjadi karena data kita mungkin saja dipakai tidak sesuai aturan.Pemahaman tentang data apa saja yang boleh diminta seperti KTP atau NPWP untuk kepentingan administrasi sangat penting untuk menjaga keamanan privasi. Tapi perlu diperhatikan bahwa perusahaan tidak boleh mengakses bagian privasi anda seperti kontak atau password.

5. Pahami Skema yang Digunakan
Terakhir, kamu harus melihat skema yang mereka gunakan untuk memahami lebih dalam skema yang digunakan seperti sistem pembagian keuntungan, resiko dan apakah sistem ini telah memiliki perlindungan hukum yang jelas untuk memperkecil risiko kerugian yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Mengatur Investasi Online

Setelah memahami dengan baik tentang instrumen dan mulai berinvestasi, anda perlu menyusun rencana bagaimana mengatur investasi  dengan baik.

Salah satu strategi yang baik adalah dengan diversifikasi untuk memperkecil risiko dan memaksimalkan keuntungan. Jika kamu berinvestasi ke dalam bisnis, maka diversifikasi bisa dilakukan dengan menaruh modal anda ke dalam beberapa jenis bisnis yang berbeda sehingga anda memiliki potensi keuntungan yang bervariasi dan memperkecil risiko.

Anda juga perlu mengatur nominal yang akan diinvestasi secara rutin untuk memperbesar peluang keuntungan yang bisa anda dapatkan. Karena investasi tidak hanya terkait besar nominal yang ditanamkan namun juga tentang konsistensi mengembangkan uang yang dimiliki.

Berbagai Bentuk Return dalam Investasi

Selanjutnya, anda perlu mengenal beberapa jenis keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam investasi :

  • Interest
    Interest atau suku bunga merupakan nilai keuntungan yang mungkin anda dapatkan setelah menaruh dana anda ke dalam sebuah perusahaan. Dalam hal ini anda bisa memperhitungkan besar perkembangan modal anda dengan melihat suku bunga yang dijanjikan saat anda akan memulai investasi.

  • Dividen
    Dividen merupakan pembagian profit dengan periode yang telah ditentukan dalam RUPS. Dividen akan dibagikan kepada semua pemegang saham apabila bisnis memiliki keuntungan. Nilai dividen akan mengikuti besar saham yang anda miliki dalam satu bisnis, semakin besar porsi saham anda, maka semakin besar potensi dividen untu para investor.

  • Appreciation of Value
    Appreciation of value adalah kenaikan nilai saham para investor. Saat harga saham anda naik, maka anda memiliki kesempatan untuk menjual saham anda dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual pada saat ini. Hal ini harus anda lakukan dengan baik agar anda tidak melewatkan keuntungan lebih besar lagi di masa mendatang.

Membangun Mesin Uang Otomatis melalui Investasi Online

Membangun mesin uang otomatis bukanlah perkara mudah, untuk itu anda perlu bisa memulai dengan menanamkan modal ke dalam instrumen dengan prospek sangat bagus di masa mendatang. Dengan melakukan ini anda akan memiliki potensi penghasilan tambahan melalui dividen dari keuntungan bisnis tersebut.

Karena itu, kamu perlu menghitung berapa besar dana untuk berinvestasi. Hal ini penting disiapkan agar investasi bisa memberikan keuntungan sesuai dengan tujuan keuangan kamu..

Tapi kini anda bisa melakukannya dengan lebih mudah melalui investasi online tepercaya pada platform crowdfunding terpercaya di Indonesia di Indonesia. LandX akan membantu anda memilih bisnis potensial untuk investasi online jangka panjang anda.

Yuk Investasi di LandX Supaya Pengembangan Uang Kamu Makin Optimal

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang


Baca Juga:


#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsahaMem