Menjadi investor properti merupakan salah satu pilihan instrumen investasi yang cocok dan digemari oleh investor pemula.

Hal ini karena properti dipandang memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Banyak orang memilih menjadi investor di bidang properti karena dinilai bisa menguntungkan dalam jangka panjang.

Properti juga dipilih karena dirasa memiliki risiko yang rendah sehingga investor dapat merasa aman saat menginvestasikan uang mereka ke dalam properti.

Walaupun beberapa jenis investasi properti tidak likuid, properti merupakan investasi riil atau nyata sehingga dapat dilihat bentuk fisiknya oleh investor.

Apabila anda tertarik untuk menjadi investor properti anda bisa melakukan dengan berbagai cara mulai menyesuaikan dengan budget dan tujuan investasi anda. Karena itu mari kita bahas secara mendalam tentang bagaimana menjadi investor properti yang bisa memberikan anda keuntungan.


Table of Content


Keuntungan Investasi Properti

Sebagai investor tentu saja anda mengharapkan keuntungan dari investasi yang anda lakukan. Karena itu sebagai investor anda harus paham dulu berbagai keuntungan berinvestasi dibandingkan instrumen investasi lain.

Memiliki Nilai Stabil

Salah keunggulan utama dari investasi properti adalah kestabilan nilai yang memperkecil risiko yang harus ditanggung oleh investor.

Kita bisa melihat bukan harga properti yang terus meningkat dan sangat jarang mengalami penurunan nilai. Hal ini membuat menjadi investor di bidang properti sangat cocok untuk pemula.

Nilai yang stabil ini juga dipengaruhi dengan kebutuhan akan properti yang terus meningkat sehingga nilai properti cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini membuat banyak investor untuk mulai berinvestasi lewat properti.

Dapat Menjadi Agunan

Walaupun tidak likuid, properti tetap bisa digunakan sebagai agunan untuk pinjaman dana yang akan lakukan. Investor yang membutuhkan dana tetap bisa menggunakan

properti yang mereka miliki sebagai jaminan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dana anda. Hal ini membuat investor tidak perlu menjual aset yang mereka miliki apabila membutuhkan dana.

Prospek Jangka Panjang Menjanjikan

Investor banyak memilih properti karena potensi keuntungan jangka panjang yang menjanjikan dari instrumen ini.

Properti bisa memberikan investor keuntungan melalui berbagai cara, apabila anda tidak ingin menjual anda bisa menyewakan properti anda sehingga bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang untuk anda.

Namun, sebagai investor properti anda juga harus tau kekurangan properti dari investasi ini sebagai pertimbangan sebelum melakukan investasi.

Kekurangan Investasi Properti

Biaya Perawatan Tinggi

Hal penting yang perlu diperhatikan investor adalah biaya perawatan dari properti yang mereka miliki terutama apabila properti yang anda miliki merupakan properti sewaan yang butuh perawatan agar terus terisi dan bisa menghasilkan keuntungan untuk anda.

Merawat properti dengan baik sangat penting agar properti yang anda miliki tidak mengalami penurunan nilai karena kondisi properti yang buruk.

Properti Tidak Likuid

Walaupun properti merupakan jenis aset riil yang memiliki bentuk fisik yang bisa dilihat, properti merupakan jenis aset yang tidak likuid sehingga investor membutuhkan waktu untuk menjual properti saat anda membutuhkan uang.

Sifat yang tidak likuid ini membuat properti disarankan untuk investor yang punya tujuan jangka panjang karena butuh waktu supaya nilai properti sesuai dengan tujuan investasi anda.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kini muncul jenis investasi properti properti yang lebih likuid dengan investasi properti lewat sistem equity crowdfunding.

Karena sistem ini berbasis patungan, maka investor akan memiliki saham yang bisa mereka jual di pasar sekunder. Karena itu investor pemula bisa mulai investasi melalui sistem ini.

Properti merupakan jenis investasi yang membutuhkan modal besar terutama apabila anda merupakan investor tunggal yang ingin membangun sebuah properti. Karena itu sebagai investor yang ingin berinvestasi lewat properti harus bisa memperhitungkan berapa biaya yang perlu anda keluarkan untuk membangun sebuah properti.

Namun, apabila anda merupakan investor properti dengan modal kecil, anda bisa mulai menjadi investor properti melalui sistem equity crowdfunding yang membuat anda bisa patungan membangun sebuah properti bersama investor lain.

Setelah paham berbagai keuntungan dan kerugian dari properti, mari kita bahas berbagai cara investasi properti yang bisa dilakukan investor pemula

Berbagai Cara Menjadi Investor Properti

Pada saat ini ada berbagai cara yang bisa anda coba untuk menjadi investor properti. Apabila anda tertarik menjadi investor properti berikut beberapa pilihan cara investasi properti untuk anda.

Membangun Properti Sewaan

Membangun properti untuk disewakan merupakan salah satu cara menjadi investor properti yang bisa memberikan anda keuntungan jangka panjang.

Walaupun bisnis sistem ini membutuhkan modal yang cukup besar properti ini akan memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang.

Properti ini sewaan ini bisa berbagai macam menyesuaikan lokasi dan tujuan investasi yang anda lakukan.

Apabila berada di kawasan strategis di tengah keramaian anda bisa membangun properti yang disewakan untuk berbagai kepentingan bisnis seperti perkantoran dan restoran.

Selain itu anda juga bisa  menyewakan properti anda sebagai hunian dengan membuka rumah kontrakan atau kost-kostan.

Namun, karena investasi ini membutuhkan modal besar anda harus menghitung dengan jelas besar dana yang perlu anda siapkan sampai properti itu bisa disewakan agar pembangunan tidak terhenti ditengah jalan karena anda mengalami kekurangan dana.

Flip Property

Cara lain adalah dengan sistem flip property, dalam sistem investor perlu membeli sebuah properti yang akan dibenahi sehingga harga dari properti tersebut dapat meningkat saat dijual kembali.

Investor yang ingin melakukan investasi properti dengan sistem ini harus teliti dalam memilih properti yang memilih properti yang memiliki potensi cukup besar untuk dibenahi agar harganya mengalami kenaikan yang cukup besar.

Investor yang ingin memulai usaha properti ini harus menyiapkan dana yang cukup besar karena selain biaya pembelian properti, investor juga harus menyiapkan biaya untuk pembenahan properti agar harganya dapat naik di pasaran.

Membeli Saham Properti di Pasar Modal

Salah satu cara mudah untuk menjadi investor properti adalah dengan membeli saham dari perusahaan properti di pasar modal. Di pasar modal anda bisa memilih perusahaan pengembang properti mana yang sahamnya ingin anda beli.

Pembelian saham ini bisa anda lakukan berbasis online melalui berbagai aplikasi pembelian saham yang tersedia saat ini. Dalam investasi saham anda akan mendapatkan keuntungan berupa dividen dan capital sehingga bisa memberikan anda keuntungan.

Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding merupakan sistem investasi yang mempertemukan para investor untuk mendanai sebuah bisnis atau properti yang memiliki potensi keuntungan.

Sistem ini memberikan kesempatan kepada investor dalam cakupan yang luas baik yang memiliki modal kecil maupun besar.

Investor yang memiliki modal kecil namun tertarik berinvestasi properti bisa mulai dengan menggunakan sistem ini.

Equity crowdfunding memberikan kesempatan para investor untuk patungan dalam membangun sebuah properti yang bisa memberikan anda keuntungan, hal ini menjadi solusi bagi investor yang masih memiliki dana terbatas.

Investor akan mendapatkan keuntungan berupa dividen dan capital gain. Sistem ini sebenarnya hampir sama dengan sistem saham di pasar modal di mana potensi keuntungan yang anda dapatkan disesuaikan dengan besar modal yang anda miliki.

Dalam equity crowdfunding salah satu hal penting yang harus diperhatikan investor adalah memilih platform yang kredibel dan terpercaya agar investasi yang anda lakukan aman dan lebih minim risiko.

Yuk Mulai Jadi Investor Properti Hanya Dengan Modal 1 Juta Bersama LandX

LandX memberikan anda kesempatan menjadi investor untuk berbagai properti strategis yang bisa memberikan anda keuntungan jangka panjang.


Baca Juga:


Biar Gak Ketinggalan Berbagai Informasi Terbaru Lainnya, Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

‌#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha