menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Cara Mulai Investasi Saham dengan Mudah untuk Investor Pemula

Wednesday, 3 Aug 2022

Read in 6 minutes

Author: Abdul Wahhab
Simak Cara Investasi Saham bagi Investor Pemula

Yuk simak cara mulai investasi saham yang bisa memberikan kamu keuntungan jangka panjang.

Mencapai kondisi finansial independen dan stabil di masa mendatang tentu saja impian setiap orang. Namun, untuk mencapai tahap ini kamu perlu menyusun rencana finansial yang baik serta mulai berinvestasi untuk kondisi finansial yang lebih baik di masa mendatang. Salah satu caranya adalah mulai investasi saham.

Mulai investasi saham merupakan salah satu pilihan investasi terbaik yang dapat membantu kamu membangun kondisi keuangan yang lebih baik dan stabil di masa mendatang. 

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu cara mulai investasi saham dan bagaimana cara kerja saham. Banyak pribadi yang masih bingung terkait cara investasi saham untuk pemula 

Berkat perkembangan teknologi, investasi saham kini semakin mudah untuk kamu lakukan asalkan kamu paham bagaimana cara investasi saham dengan benar.

Karena itu, mari kita bahas cara investasi saham untuk pemula yang ingin memulai.


Apa Itu Saham

Istilah dasar sebelum memulai investasi saham yang harus kamu pahami adalah apa itu saham. Saham merupakan bagian dari instrumen investasi, penting untuk memahami sebuah instrumen investasi secara mendalam sebelum memutuskan menginvestasikan uang kamu miliki.

Memahami sebuah instrumen investasi akan membantu kamu mengetahui potensi keuntungan yang dapat diterima serta memahami kondisi risiko yang dapat muncul.

Singkatnya, saham adalah surat bukti bahwa seseorang memiliki modal dari sebuah perusahaan atau bisnis. Saat membeli saham artinya kamu akan menjadi salah satu pemilik dari sebuah perusahaan.

Dengan kepemilikan saham artinya kamu berhak mendapatkan potensi imbalan keuntungan berupa dividen namun, turut menanggung berbagai risiko yang dapat muncul dan melanda perusahaan.

Lalu, bagaimana cara kerja saham? 

Cara kerja investasi saham sangat penting untuk dipahami terutama untuk pemula yang masih awam dengan dunia investasi. Dengan kemudahan berbagai layanan teknologi dan investasi membuat kamu dapat mengakses investasi online secara mudah.

Cara Investasi Saham untuk Pemula

Bagi kamu yang masih bingung tentang gimana sih cara mulai investasi saham. LandX telah bantu rangkum untuk agar mudah dipahami, yuk dibaca lebih lanjut cara investasi saham untuk pemula.

  1. Daftar dan Download

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja memiliki akun untuk investasi dengan mendaftar dan download aplikasi perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas adalah lembaga yang mendapat izin OJK untuk melakukan perdagangan efek (saham).

  1. Verifikasi Data KYC

Lakukan verifikasi data dengan melengkapi berbagai syarat dan ketentuan agar kamu dan dana kamu aman dan terdaftar di lembaga keuangan resmi seperti KSEI. 

Mudahnya, semua transaksi saham akan dicatat oleh KSEI sehingga saat aplikasi perusahaan sekuritas kamu tutup pun dana tetap aman. Jadi, penting untuk melengkapi data dan melakukan verifikasi data KYC ya. 

  1. Deposit Dana

Setelah akun kamu terverifikasi, kamu dapat melakukan transaksi pembelian saham dengan cara melakukan deposit dana terlebih dahulu. Deposit dilakukan dengan cara transfer sejumlah anggaran investasi kamu ke rekening investasi pada aplikasi terdaftar. 

  1. Pembelian Saham

Kenali setiap saham yang ingin kamu beli dan lakukan analisis fundamental dengan cara lihat laporan keuangan laba rugi perusahaan. Cara mudahnya juga lihat prospek pertumbuhan perusahaan dengan pahami kondisi ekonomi yang sedang terjadi. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan saham terbaik.

Nah, itulah langkah mudah mulai investasi saham untuk pemula. Jangan lupa baca seluruh ketentuan layanan dari aplikasi perusahaan sekuritas yang kamu pilih, ya.

Tips Investasi Saham

Walaupun kemudahan layanan online membuat investasi kini semakin mudah, namun jangan sampai berinvestasi asal-asalan. Pahami berbagai informasi seputar investasi dan baca tips-tips seputar investasi yang tersedia, ya.

  • Memperhatikan Legalitas Saham

Sebagai investor, kamu harus memperhatikan legalitas dari sebuah saham yang akan beli. Kamu perlu memastikan bahwa yang yang akan kamu beli telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BEI merupakan pihak penyelenggara yang menyediakan sistem untuk perdagangan efek. Karena itu sebelum membeli sebuah saham kamu sebaiknya mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan tersebut melalui website resmi BEI yang memberikan profil detail dari perusahaan yang sudah terdaftar dalam anggota bursa.

Informasi yang kamu dapatkan ini juga dapat membantu kamu menentukan saham mana yang tepat untuk investasi kamu.

  • Pilih Saham Blue-Chip untuk Investor Pemula

Saat memulai investasi saham, kamu akan sering mendengar istilah saham blue-chip. Saham blue-chip merupakan saham dari perusahaan yang dinilai memiliki kualitas terbaik sehingga aman karena memiliki nilai stabil dan cenderung naik di pasaran.

Jenis saham ini sangat direkomendasikan terutama untuk pemula yang masih kesulitan memilih saham mana yang akan dibeli. Selain itu saham ini dinilai sangat cocok untuk investasi jangka panjang karena bisa membelikan kamu keuntungan yang stabil.

Biasanya saham blue-chip adalah saham yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar yang sangat dekat produknya dengan keseharian kamu, seperti consumer goods atau produk kebutuhan sehari-hari yang sering pakai.

Karena itu salah cara investasi saham untuk pemula adalah dengan memilih saham dari perusahaan yang sangat dekat dan familiar dengan kamu seperti perbankan dan penyedia kebutuhan sehari-hari.

  • Menghitung Biaya yang Akan Dikeluarkan

Menghitung besar investasi yang akan kamu keluarkan adalah hal yang sangat penting untuk menyesuaikan saham mana yang akan kamu beli.

Dalam bursa efek, kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan saham dari berbagai bidang perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus menentukan budget yang akan kamu siapkan untuk di investasikan ke dalam saham pilihan.

  • Perhatikan Waktu Terbaik Membeli Saham

Pasar saham memiliki kondisi yang fluktuatif (naik-turun) sehingga kamu harus paham kapan waktu yang yang tepat untuk mulai membeli saham. Saat kamu sudah yakin dengan sebuah saham, selanjutnya kamu harus paham kapan waktu yang tepat untuk masuk atau membeli saham tersebut.

Misalkan kamu membeli sebuah saham saat terjadi market crash yang menyebabkan nilai saham di pasaran turun. Namun, sebelum mengambil langkah ini kamu harus memastikan bahwa perusahaan yang kamu pilih memiliki kinerja yang baik dan penurunan harga saham ini hanya karena sentimen pasar yang sedang turun saja. 

Penting untuk melakukan analisis mendalam sebelum membeli saham.

Akan tetapi, cara investasi saham terbaik kembali lagi kepada kamu sebagai investor. Sebagai investor kamu harus rajin menganalisis saham yang akan kamu beli agar tahu kapan momentum yang tepat untuk membeli sebuah saham.

  • Lakukan Diversifikasi

Dalam setiap investasi, diversifikasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Diversifikasi adalah salah satu strategi investasi saham yang akan membantu kamu memperkecil risiko investasi dengan cara membagi-bagi dana investasi kamu ke dalam beberapa jenis saham.

Cara ini akan membantu investasi saham kamu memiliki potensi keuntungan yang lebih besar sekaligus memperkecil risiko kerugian yang muncul apabila kamu hanya menaruh uang pada satu jenis saham saja.

Diversifikasi akan membantu kamu bertahan apabila terjadi sesuatu yang membuat salah satu saham yang kamu miliki mengalami penurunan nilai sehingga kamu memiliki instrumen lain sebagai cadangan. kamu bisa mulai dengan memilih saham dengan sektor bisnis yang berbeda-beda.


Baca Juga:


Mulai Sekarang

Saran yang akan kamu sering dengan adalah kamu harus mulai investasi sedini mungkin agar kamu bisa sesegera mungkin membangun aset finansial yang lebih baik.

Semakin cepat kamu mulai investasi, maka semakin dekat kamu dengan tujuan keuanganmu.

Akan tetapi sebelum investasi kamu tentu harus memiliki manajemen keuangan yang baik terlebih dahulu dengan menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak kamu.

Dalam investasi saham kamu tidak perlu menunggu hingga memiliki modal yang besar karena investasi tidak hanya tentang seberapa besar modal yang akan kamu keluarkan tapi juga konsistensi kamu dalam berinvestasi.

Karena itu penting bagi kamu untuk menyisihkan penghasilan untuk investasi secara konsisten. Kini teknologi semakin canggih sehingga kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil dengan sistem investasi online.

Oleh sebab itu, tidak ada lagi alasan kamu untuk ragu mulai berinvestasi sedini mungkin.

Hanya Dengan 1 Juta Kini Anda Bisa Menjadi Investor di Berbagai Bisnis Potensial di Sekitar Anda Bersama LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang


Yuk Follow Instagram Kami @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Terupdate Lainnya

Baca Juga