Akrab dengan nama Elon Musk dan Warren Buffet? Dua nama tersebut pernah tertatah dalam daftar nama orang terkaya di dunia. Mungkin kamu pernah membayangkan dan mencari tahu bagaimana seseorang bisa memiliki sejumlah kekayaan yang begitu menggunung.

Jika kamu membaca profil dan menelaah aset setiap nama orang yang terpampang sebagai orang terkaya, kamu bisa menemukan sebuah kesamaan. Kesamaan tersebut ialah mereka semua merupakan seorang investor.

Selain membangun dan mengelola bisnis yang dimiliki, berinvestasi merupakan cara yang membuat total kekayaan mereka melambung tinggi.

Kali ini, kita akan membahas gaya berinvestasi dua orang yang pernah menduduki posisi orang terkaya di dunia yang juga tokoh berpengaruh dalam bahasan investasi.


Table of Content


Elon Musk

Sebagai orang terkaya, Elon Musk bisa mendapatkan setengah juta dollar setiap jamnya melalui saham perusahaan mobil elektrik yang ia kembangkan, Tesla. Berdasarkan Data Real Time Billionaires-Forbes pada November 2021, kekayaan Elon Musk mencapai $276.2 miliar dolar Amerika.

Elon juga merupakan seorang investor, ia dikenal sebagai jenius era modern atau real life Tony Stark. Dalam berinvestasi yang sangat ia perhatikan ialah kecepatan inovasi (space of innovation) suatu bisnis untuk berkembang.

Hal ini juga tergambar pada bagaimana inovasi yang diterapkannya dalam industri mobil listrik. CEO Tesla ini tidak menghamburkan uangnya untuk mengiklankan produk, karena uang tersebut digunakan untuk berinovasi dan menyempurnakan produknya.

Melihat Portofolio Elon Musk

Investopedia merangkum 5 investasi terbaik Elon Musk:

1. PayPal

Elon merupakan co-founder sistem pembayaran internet terpopuler saat ini, PayPal yang dulu dibangun dengan nama X. Ia telah menjual perusahaan ini kepada eBay pada tahun 2002 dalam bentuk saham. Kemudian yang membuatnya menjadi pemegang saham terbesar PayPal dengan 11,7% bagian saham.

2. SpaceX

Dengan uang hasil menjual PayPal, Elon kembali mendirikan bisnis dalam bidang teknologi inovasi tranportasi roket, Space Exploration. Walaupun SpaceX sebuah private company, nilai perusahaan ini tentu telah melampaui jauh pendanaan awalnya yaitu $100 juta dolar.

Diperkirakan valuasi perusahaan ini mencapai $35 miliar dolar. Jika SPaceX melakukan Pre-initial public offering (pre-IPO), tidak terbayangkan berapa keuntungan yang bisa Elon Musk dapatkan.

3. DeepMind Technologies

Perusahaan Artificial Intellegent (AI) yang merupakan subsidiary company dari Alphabet Inc, induk Google. Perusahaan yang berbasis di London ini berdiri pada tahun 2010 dan diakuisisi Google empat tahun setelahnya.

4. Tesla Motors

Elon bukanlah pendiri Tesla, tetapi ia ikut dalam pendanaan awal perusahaan ini yang kemudian diangkat menjadi CEO serta lead product designer. Elon tidak menerima gaji bekerja di Tesla, namun sebagai gantinya memiliki stock option dengan kepemilikan 25% saham Tesla.

Elon Musk baru saja menjual sejumlah sahamnya di Tesla pada pada awal pekan ini, Senin (15/11). Dikabarkan Bloomberg, hal ini digunakan untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.

5. The Boring Company

Akhir tahun 2016, Elon Musk mendirikan perusahaan infrastruktur dan konstruksi terowongan. Salah satu tujuan perusahaan ini adalah untuk menjadi jawaban dari permasalahan lalu lintas agar penggunaan lahan berkurang. Pada Februari 2020, The Boring Company telah menyelesaikan sebuah proyek yang diperkirakan menelan biaya sekitar $52,5 juta dolar Amerika

Elon Musk dan Aset Kripto

Melalui balasan twitter pada pengikutnya, Elon mengungkapkan hanya memiliki aset kripto berupa Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Elon sering kali membuat panah pertumbuhan bitcoin seperti kebakaran.

Walau bermain bitcoin dan aset kripto lainnya, Elon mengungkapkan hanya ikutan memiliki aset kripto karena rasa penasaran.

Karena, miliarder ini mengingatkan untuk jangan mempertaruhkan uangmu di kripto. Karena nilai sesungguhnya suatu aset adalah dengan membangun produk dan memberikan pelayanan, bukan uang dalam bentuk lainnya.

Apa kamu juga tertarik berdiversifikasi ke aset kripto?


Baca Juga:


Warren Buffet

Sosok yang terkenal sebagai investor terbaik di dunia, berkat kemampuannya dalam berinvestasi melalui perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway. Selain itu, ia juga memiliki perusahaan asuransi Geico, perusahaan baterai Duracell, dan jaringan restoran Dairy Queen.

Dalam berinvestasi, Warren selalu belajar terkait bisnis yang akan ia investasikan. Ia mementingkan competitive advantage dari sebuah perusahaan agar dapat terproyeksi bahwa bisnis dapat bertahan dalam kompetisi dan tidak terkalahkan oleh kompetitor. Hal ini berarti juga bahwa bisnis tersebut akan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Melihat Portofolio Warren Buffet

Adanya regulasi keuangan membuat Warren Buffet harus mengungkapkan portofolio investasinya. Berikut beberapa portofolio sang investor terbaik di dunia per Oktober 2021 yang dikutip Investopedia berdasarkan jumlah sahamnya:

1. Apple

Total 49.1% dari keseluruhan portofolio Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik Warren Buffet. Diiinvestasikan pada perusahaan yang didirikan oleh orang terkaya di dunia lainnya, Bill Gates dengan produk teknologi Apple. Saham ini diperkirakan memiliki nilai $109.3 miliar dolar Amerika

2. Bank of America

Warren Buffet dikenal telah lama menanamkan sahamnya di industri perbankan. Bank terbesar di Amerika ini mengambil tempat 10.8% dari total portofolionya dan memiliki nilai $24.1 miliar dolar Amerika.

3. Coca-cola

Produk yang sukses diterima masyarakat dunia. Warren telah lama memiliki saham The Coca Cola Company, yaitu sejak 1980. Dilaporkan ia memiliki saham sejumlah 400 juta yang bernilai $19,2 miliar dolar Amerika.

4. American Express

Financial service company yang berdiri tahun 1850. Warren beberapa kali menjadi penyelamat perusahaan kartu kredit ini saat krisis finansial melanda. Dengan total saham 6.6% dari portofolionya, jumlah ini memiliki nilai $14,4 miliar dolar Amerika.

5. Kraft Heinz

Gabungan dua perusahaan produk F&B yang merger ini mengambil tempat 4,2% dari portofolionya yang bernilai $9,4 miliar dolar.

Tips berinvestasi Warren Buffet -- sebuah bisnis harus menunjukkan business model yang kuat, arus pendapatan yang kuat, dan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan.

Warren Buffet dan Bitcoin

Berbeda dengan miliarder terkaya Elon Musk, investor miliarder berumur 91 tahun ini mengatakan pada sebuah wawancara dengan CNBC, bahwa ia tidak akan pernah memiliki bitcoin maupun cryptocurrency. Ia tidak menyukai bitcoin karena menganggapnya sebagai aset yang tidak produktif.

Dikenal selalu berpegang teguh dengan prinsip berinvestasinya, Warren terkenal untuk saham perusahaan yang arus kasnya berasal dari produksi barang. Sedangkan cryptocurrency tidak memiliki nilai yang nyata.

Strategi Investasi Terbaik

Jadi bagaimana cara berinvestasi dengan strategi terbaik? Dengan memahami strategi berinvestasi para  jenius investor, pahami bisnis yang membuatmu tertarik, dan memahami kondisi keuanganmu.

Dengan memahami strategi dan tips para jenius investor, kamu dapat mengkombinasikan strategi tersebut untuk mendapatkan the ideal mix. Karena setiap orang memiliki profil yang berbeda dalam merespon sebuah situasi risiko investasi.

Mulai Berinvestasi

Apakah kamu seorang pebisnis? Atau pegawai kantoran yang menginginkan punya passive income? Kadang pernah terbayang ingin memiliki bisnis sebagai tambahan pendapatan tetapi sibuk dengan kerjaan. Mau investasi tapi takut risiko yang besar, punya rencana deposito tapi untungnya terasa kekecilan.

Kamu bisa berinvestasi dengan risiko kecil tapi keuntungan yang membahagiakan dengan cara memilih jenis investasi yang sesuai profil risiko kamu.

Jika profil kamu adalah seorang yang ingin berinvestasi tapi risiko kecil, investasi dengan patungan bisnis lewat equity crowdfunding bisa jadi pilihan kamu.Kamu bisa berinvestasi dengan konsep patungan bisnis melalui LandX.

Di LandX, sebagai investor kamu juga merupakan seorang pemilik dari bisnis yang kamu investasikan. LandX akan membantu kamu menemukan bisnis terbaik yang bisa memberikan kamu keuntungan jangka panjang yang menjanjikan.

Karena itu...

Mari mulai berinvestasi dan saatnya memiliki passive income!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

#YukPatunganBisnis

Jangan Lupa Follow Instagram @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Menguntungkan Lainnya


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id     #InvestasiBisnis    #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding     #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan     #InvestasiUsaha