Pandemi Covid-19 tentu saja mempengaruhi berbagai sektor bisnis sehingga bisnis harus menyusun strategi untuk bisa bertahan di tengah kondisi ini. Hal ini sangat penting karena pandemi telah membuat banyak bisnis gulung tikar karena kesulitan berjalan di tengah masa pandemi.

Bisnis restoran atau F&B merupakan salah satu bisnis yang banyak gulung tikar di masa pandemi karena aturan pembatasan kegiatan masyarakat yang membuat konsumen hanya bisa dilayani dengan sistem take away.

Pembatasan ini membuat bisnis F&B tidak bisa berjalan dengan optimal sehingga banyak restoran memutuskan untuk tutup secara permanen. Dilansir dari Detik Finance, per Desember 2020 hampir 1500 restoran di kawasan Jabodetabek tutup karena tidak sanggup bertahan di masa pandemi.

Hal ini juga disebabkan berbagai aturan seperti pembatasan dine-in atau makan di tempat yang biasanya menjadi sumber pemasukan utama dari bisnis F&B. Kondisi ini mendorong bisnis F&B mengoptimalkan layanan delivery mereka agar bisnis dapat terus bertahan.

Cloud kitchen bisa dibilang merupakan konsep bisnis F&B yang sangat potensial dan cocok  dengan kondisi saat ini sehingga menjadi konsep bisnis F&B yang banyak diadopsi saat ini. Lebih jelasnya, mari kita bahas apa itu cloud kitchen dan bagaimana bisnis dengan konsep ini dapat terus berkembang di masa pandemi.

Table of Content

Apa Itu Cloud Kitchen

Pada masa sekarang ini, anda membutuhkan banyak pertimbangan dalam memulai bisnis F&B melihat kondisi yang belum pulih total akibat pandemi.

Untuk itu anda perlu memperhitungkan modal bisnis F&B yang akan terapkan dalam bisnis. Salah satu model bisnis makanan dan minuman yang populer belakangan ini adalah model bisnis Cloud Kitchen.

Apabila anda masih belum familiar dengan sistem ini, cloud kitchen merupakan sistem yang belakangan ini semakin menjamur di Indonesia di mana usaha makanan hanya menerima pesanan melalui virtual seperti lewat website, aplikasi, dan berbagai jaringan internet lain.

Contohnya adalah Hangry sebagai salah satu bisnis cloud kitchen yang mengembangkan aplikasi untuk mendukung bisnis berjalan dengan cloud kitchen berjalan dengan lebih optimal.

Bisnis dengan konsep ini membuat menghemat biaya karena tidak perlu menyediakan meja dan bangku untuk konsumen sehingga dapat menghemat biaya operasional. Selain itu,  sistem ini menjadi solusi bagi pebisnis untuk memperkecil biaya yang akan mereka keluarkan saat memulai bisnis, apalagi sistem dine-in belum bisa dioperasikan secara optimal mengacu pada pembatasan selama masa pandemi.

Model bisnis F&B ini kini semakin mudah untuk diadopsi dengan adanya dukungan dari berbagai platform pemesanan makanan online sehingga adopsi sistem ini semakin cepat. Dalam model bisnis ini pebisnis dapat fokus dalam menyiapkan dapur yang optimal untuk produksi produk makanan yang akan anda jual.

Akan tetapi bisnis ini tentu saja tetap membutuhkan modal yang cukup banyak dan kemampuan anda dalam manajemen bisnis F&B yang akan anda lakukan mulai dari produksi hingga perawatan dapur yang harus anda lakukan.

Keunggulan Bisnis F&B dengan Sistem Cloud Kitchen

Apabila dibandingkan dengan konsep bisnis F&B lainnya, berikut keunggulan dari cloud kitchen:

1. Biaya Lebih Murah

Dari segi biaya, konsep bisnis ini memakan biaya yang lebih kecil dibandingkan bisnis F&B biasa yang membutuhkan biaya cukup besar untuk set up meja dan kursi untuk dine-in atau makan di tempat.

Di sisi lain, biaya juga menjadi semakin efisien karena dalam satu lokasi bisa digunakan untuk beberapa jenis bisnis sekaligus sehingga biaya menjadi semakin efisien.

2. Potensi Perkembangan Bisnis Jangka Panjang

Potensi perkembangan bisnis yang dibangun dengan konsep ini pun sangat potensial karena menawarkan one-stop-solution kepada konsumen karena terdapat beberapa brand makanan dan minuman yang membuat pangsa pasar dari bisnis menjadi lebih besar.

3. Bisnis Menjadi Lebih Fokus

Selain itu, konsep bisnis ini membuat pengusaha dapat fokus pada proses produksi makanan dan minuman dengan kualitas terbaik tanpa perlu memikirkan bagaimana memberikan layanan untuk konsumen makan ditempat. Hal ini membuat bisnis F&B bisa lebih fokus membangun produk dengan cita rasa terbaik.

4. Potensi Bisnis Jangka Panjang

Terakhir, konsep ini merupakan memiliki potensi perkembangan yang sangat pesat kedepannya walaupun sudah tidak ada pandemi mengingat kehidupan masyarakat yang semakin praktis karena didukung berbagai sistem teknologi. Oleh sebab itu, bisnis F&B dengan konsep ini memiliki potensi perkembangan yang sangat baik.

Akan tetapi, cloud kitchen tidak lepas dari pengembangan teknologi, oleh sebab itu bisnis harus terus mengupdate sistem pemesanan online mereka agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Memulai Franchise Cloud Kitchen dengan Modal Kecil

Apabila anda ingin memulai bisnis F&B tapi terkendala dan waktu untuk mengatur bisnis, maka anda bisa mulai dengan melakukan investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding.

Skema ini bisa menjadikan anda seorang pemilik bisnis hanya dengan modal awal mulai 1 juta. Dengan crowdfunding anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil dan memperkecil resiko kegagalan bisnis karena bisnis akan dikelola oleh pebisnis profesional dan anda akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil dari bisnis yang dijalankan.

Hal ini tentu saja solusi yang amat tepat bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis tapi masih terhalang oleh dana dan pengetahuan terkait bisnis yang akan anda jalankan. Karena resiko kegagalan dalam bisnis sangat tinggi apabila tidak dikelola oleh profesional.

Dalam equity crowdfunding anda akan diberikan kesempatan untuk memilih bisnis mana yang anda rasa potensial sehingga dapat anda tanami modal yang akan membuat memiliki bagian kepemilikan dalam bisnis tersebut sesuai dengan modal yang anda miliki.

Karena itu anda perlu platform equity crowdfunding terpercaya yang memberikan anda pilihan investasi bisnis terbaik.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Pertama Anda bersama LandX

Mau Berbagai Informasi Seputar Bisnis Lainnya? Yuk Follow @landx.id di Instagram

#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #SecuritiesCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga :