Banyak analisis dan data menunjukkan ada berbagai jenis bisnis yang diprediksi akan tumbuh secara pesat setelah pandemi berlalu. Namun, apakah kamu sudah tahu karakteristik bisnis seperti yang bisa mengalami pertumbuhan ‘secara gila-gilaan’ ke depannya?

Penasaran karakter bisnis seperti apa yang bakal tumbuh pesat setidaknya dalam 10 tahun ke depan? Berikut ini penjelasannya!

Table of Content

Bisnis yang Bisa Mengalami Pent-Up Demand

Karakter bisnis yang bisa mengalami pertumbuhan secara gila-gilaan ke depannya atau tumbuh pesat 10 tahun ke depan adalah bisnis yang mengalami pent-up demand. Pent-up demand atau 'permintaan balas dendam' adalah situasi ketika permintaan masyarakat terhadap suatu produk atau jasa meningkat sangat tinggi dan terjadi secara tiba-tiba.

Ini Pemicu Pent-up Demand

Ada banyak tulisan yang menguraikan hal apa saja yang dapat memicu pent-up demand, namun hanya sedikit yang dapat menjelaskannya dalam bahasa sederhana. Agar lebih mudah dipahami, ilustrasi di bawah ini dapat menjelaskan makna pent-up demand secara sederhana.

Coba kamu bayangkan orang-orang yang tadinya bisa makan di luar, bisa jalan-jalan dengan bebas, berkumpul dengan sanak famili hingga teman, tapi karena pandemi Covid-19 mereka jadi tidak bisa melakukan itu semua.

Setelah dikurung di rumah berbulan-bulan, niat untuk ‘balas dendam’ akan muncul apabila masyarakat sudah bisa bebas keluar rumah lagi secara leluasa. Niat ‘balas dendam’ inilah yang memicu terjadinya pent-up demand.

Nah, ketika sudah terjadi pent-up demand, konsumsi yang tadinya tertunda bakal dikeluarkan bahkan hingga secara jor-joran. Beginilah situasi yang terjadi saat bisnis-bisnis mengalami pent-up demand!

Bisnis yang Berkembang Setelah Pandemi

Terjadi Travel Boom

Akan terjadi booming di sektor pariwisata karena semua orang sudah kangen liburan dan jalan-jalan. Tanda-tandanya sudah dapat kamu lihat di berbagai tempat-tempat pariwisata. Bahkan ketika pandemi Covid-19 belum sepenuhnya tuntas, masyarakat sudah curi-curi kesempatan untuk liburan.

Tempat Nongkrong Kembali Padat

Cafe sampai bar akan kembali dipadati oleh orang-orang yang sudah rindu dengan suasana nongkrong bareng. Kehidupan nightlife dapat kembali bisa dinikmati karena ketika pandemi Covid-19 operasional bisnis pada malam hari dibatasi.

Konser Musik & Pertandingan Olahraga Hidup Lagi

Acara-acara yang mengadakan keramaian untuk berkumpul di ruang publik seperti konser musik dan pertandingan olahraga bakalan hidup lagi dan euforia-nya makin tinggi. Euforia ini bisa langsung kamu lihat dalam gelaran sepak bola akbar Eropa UEFA Euro 2020 yang diselenggarakan dari 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Sejumlah stadion yang menjadi tuan rumah dibanjiri oleh puluhan ribu penonton.

Pusat Perbelanjaan Ramai Lagi

Semua orang ingin merasakan kembali bagaimana nikmatnya berbelanja secara langsung di mall maupun pasar. Setelah positif rate kasus Covid-19 turun dan mayoritas penduduk Indonesia sudah divaksin, masyarakat akan sangat antusias melakukan berbagai aktivitas offline, termasuk berbelanja kebutuhan pokok hingga berbagai macam kebutuhan sekunder lainnya.

Hal ini juga terjadi karena masyarakat pusat perbelanjaan menjadi salah satu lokasi favorit masyarakat untuk sosialisasi dan menghabiskan waktu senggang mereka.

Restoran Penuh Sesak

Restoran-restoran akan penuh sesak lagi karena diisi oleh rombongan orang-orang yang sudah bosan kulineran dari rumah aja.

Sanak famili yang sudah jarang berkumpul, sahabat yang selama ini hanya bisa ditemui secara virtual, hingga urusan pekerjaan yang dilakukan secara jarak jauh, akan bisa kembali bertemu di meja-meja restoran. Hal ini tentu saja peluang besar apabila anda tertarik memulai bisnis F&B.

Nah, demikian penjelasan seputar pent-up demand hingga karakter bisnis yang bakal tumbuh pesat dalam 10 tahun ke depan! Apakah kamu sudah siap menyambut peluang yang sangat menarik ini?

Penutup

Dalam membangun bisnis anda membutuhkan modal dan kemampuan untuk mengatur bisnis agar bisa berjalan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu mulai membangun suatu usaha artinya  anda siap menghadapi berbagai risiko yang muncul. Namun ada solusi lain untuk memulai usaha modal kecil dengan keuntungan menjanjikan.

Anda bisa mulai dengan investasi bisnis dengan equity crowdfunding sehingga anda bisa memiliki bagian kepemilikan dari suatu bisnis yang bisa memberikan  keuntungan menjanjikan tanpa repot mengatur bisnis anda. Sistem ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan tapi tidak mau repot mengatur suatu bisnis.

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi.

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha