Zaman sekarang kosmetik sudah menjadi bagian penting yang sangat dekat dengan gaya hidup masyarakat. Kosmetik dan skin care kini menjadi suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang baik wanita maupun pria. Fenomena ini juga dipengaruhi oleh situasi pandemi yang membuat orang-orang ingin glow up atau menjadi lebih baik setelah karantina.

Sebelumnya, bisnis kosmetik dan skincare masih didominasi oleh berbagai produk yang berasal dari luar seperti Amerika dan Korea Selatan. Namun dalam beberapa tahun belakang industri kosmetik di Indonesia berkembang cukup pesat sehingga banyak brand kosmetik dan skincare bermunculan dengan kualitas produk yang tidak kalah jika dibandingkan produk luar.

Banyaknya brand kosmetik dan skincare lokal ini merupakan bukti  bahwa peluang usaha kosmetik memiliki prospek yang menjanjikan dalam jangka panjang. Peluang usaha kosmetik ini juga semakin terbuka lebar dengan semakin banyaknya maklon yang bisa membantu para pengusaha untuk memproduksi kosmetik dan skincare dengan label mereka sendiri.

Apabila anda tertarik ingin memanfaatkan peluang ini dan ingin menjadi beautypreneur, yuk mari kita bahas seluk beluk dari bisnis kosmetik.

Table of Content

  1. Peluang Usaha Kosmetik di Indonesia
  2. Memulai Bisnis Kosmetik dengan Label Sendiri
    2.1 Mitra Bisnis
    2.2 Jenis Produk
    2.3 Distribusi Produk
    2.4 Strategi Promosi
    2.5 Harga yang Kompetitif
    2.6 Membaca Trend Pasar
  3. Risiko Bisnis Kosmetik

Peluang Usaha Kosmetik di Indonesia

Membahas peluang bisnis kosmetik merupakan suatu hal yang tidak ada habisnya mengingat kosmetik dan skincare sekarang bisa dibilang menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Selain itu bisnis ini memiliki potensi keuntungan jangka panjang karena produk ini akan digunakan secara rutin sehingga akan segera dibeli kembali saat habis.

Selain itu produk-produk yang ditawarkan pun terus berkembang baik dari segi formula maupun packaging sehingga selalu ada hal baru yang mendorong konsumen untuk memberi produk kosmetik dan skincare yang ditawarkan. Dalam beberapa tahun belakangan saja kita bisa bagaimana produk kosmetik dan skincare berkembang dengan formulasi yang lebih mutakhir lagi untuk menyelesaikan berbagai masalah konsumen.

Hal ini membuat varian produk pun semakin banyak mulai dari sunscreen, day cream, night cream, hingga eye cream yang diformulasikan untuk berbagai masalah yang dihadapi konsumen.

Perkembangan produk kosmetik dan skincare lokal ini juga terjadi karena semakin berkembanganya klinik kecantikan di Indonesia sehingga mereka bisa mulai memproduksi produk kecantikan mereka dalam jumlah besar sehingga mereka bisa mulai memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih luas.

Dari sisi produksi, perkembangan ini didukung dengan adanya perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturing) atau maklon yang mempermudah proses produksi kosmetik dan skincare dengan brand mereka sendiri.

Perusahaan jenis ini membuat modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis kosmetik dan skincare dengan label sendiri menjadi lebih kecil. Sistem ini mendorong semakin banyak orang tertarik untuk membangun bisnis kosmetik dengan label mereka.

Akan tetapi, hal ini tentu saja membutuhkan modal yang cukup besar untuk memproduksi sendiri suatu kosmetik, oleh sebab itu banyak orang memulai dengan menjadi reseller atau dropshipper dari produk kecantikan karena lebih mudah. Sistem ini pun tetap memberikan keuntungan karena reseller dan dropshipper memiliki peranan sangat penting dalam membantu distribusi produk ke pasar yang luas.

Gimana? Sangat menarik bukan peluang usaha kosmetik dan skincare yang ada di Indonesia. Namun apabila anda tertarik, berikut yang harus anda perhatikan saat memulai bisnis kosmetik.

Memulai Bisnis Kosmetik dengan Label Sendiri

Apabila anda tertarik untuk membangun bisnis kosmetik dan skincare anda sendiri, berikut beberapa tips dan hal yang harus anda perhatikan saat terjun ke dalam bisnis jenis ini.

1. Mitra Bisnis

Dalam membangun bisnis kosmetik dengan cara apapun, mitra bisnis merupakan hal penting yang mempengaruhi kesuksesan dari bisnis anda. Mitra bisnis yang baik akan membantu bisnis anda dalam memberikan produk kosmetik terbaik untuk konsumen. Apabila anda memulai bisnis kosmetik dengan label sendiri, maka anda harus memilih OEM atau maklon terpercaya agar anda bisa memproduksi produk dengan kualitas terbaik. Selain itu maklon yang tepat juga mempermudah anda dalam mengurus perizinan produk yang anda keluarkan.

Apabila anda menjadi reseller, anda harus memperhatikan supplier yang anda pilih agar bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Hal ini karena belakangan muncul banyak supplier kosmetik yang menjual produk kosmetik palsu dengan iming-iming harga murah. Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam menentukan supplier produk kosmetik untuk bisnis anda.

2. Jenis Produk

Kosmetik dan skincare memiliki banyak sekali rangkaian produk sehingga anda harus paham produk seperti apa yang ingin anda produksi. Dalam kosmetik saja terdapat banyak sekali rangkaian produk mulai dari foundation, BB cream,lipstick, hingga berbagai eyeshadow palette. Skincare pun memiliki rangkaian produk tidak kalah banyak mulai dari yang paling dasar seperti sunscreen, toner, serum, hingga sleeping mask yang digunakan pada malam hari. Oleh sebab itu anda harus paham produk apa saja yang akan anda produksi.

Selain itu, anda perlu memperhatikan berbagai inovasi produk terbaru yang ada di pasaran agar produk yang anda keluarkan sesuai dengan pasar saat ini. Contohnya adalah trend produk sunscreen dengan formula moisturizer sekaligus yang sedang banyak digemari konsumen karena praktis bisa jadi acuan anda saat memproduksi sunscreen. Hal ini agar anda bisa membuat produk kosmetik yang mudah diterima pasar.

3. Distribusi Produk

Apabila anda memulai bisnis, anda harus memikirkan channel distribusi seperti apa yang akan anda gunakan agar produk yang anda produksi dapat sampai ke tangan konsumen. Anda bisa melakukan distribusi sendiri atau menggunakan reseller sebagai channel distribusi yang mempermudah produk anda mencakup pasar yang lebih luas. Selain itu di era digital sekarang distribusi menjadi lebih mudah dengan menjual sendiri produk anda berbagai platform online.

Akan tetapi, menggunakan reseller tentu saja membutuhkan effort yang cukup besar karena anda harus bisa membuat aturan agar harga produk anda tidak hancur di pasaran karena perang harga yang dilakukan oleh antar reseller. Oleh sebab itu anda perlu memikirkan bagaimana saluran distribusi terbaik untuk produk anda.

4. Strategi Promosi

Terdapat berbagai strategi promosi yang bisa anda terapkan agar produk yang anda tawarkan bisa dikenali oleh konsumen. Apabila produk anda merupakan produk yang baru, maka anda perlu mempromosikan keunikan dan keunggulan dari produk anda anda dibandingkan produk lain yang ada di pasaran. Untuk melakukan hal ini, anda bisa lakukan dengan berbagai hal seperti endorsement beauty influencer agar produk anda dikenal calon konsumen.

Selain agar dikenal konsumen, anda juga harus merencanakan bagaimana caranya agar konsumen mau mencoba produk yang anda tawarkan. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan diskon di awal produk diluncurkan agar konsumen tertarik untuk mencoba produk baru yang anda tawarkan.

5. Harga yang Kompetitif

Harga merupakan faktor utama yang menentukan keputusan pembelian konsumen. Oleh sebab itu anda harus memperhitungkan dengan baik berapa harga produk yang akan anda keluarkan dengan melihat berapa kisaran harga dari produk sejenis. Dalam hukum ekonomi, memperbesar kuantitas produksi bisa membuat harga produk menjadi semakin murah, namun hal ini tentu saja juga memperbesar risiko dari bisnis kosmetik yang anda mulai.

Menentukan harga bukanlah hal yang mudah karena apabila terlalu di bawah harga pasar konsumen juga jadi ragu akan kualitas produk yang anda tawarkan. Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam menentukan harga saat memulai bisnis kosmetik dengan label sendiri mengingat sebagian konsumen masih berpandangan bahwa harga merupakan cerminan kualitas produk.

6. Membaca Trend Pasar

Membaca trend pasar sangat penting agar produk yang anda keluarkan sesuai dengan permintaan pasar saat ini. Salah satu yang harus anda perhatikan adalah trend formula produk terbaru seperti kandungan apa yang sedang banyak dibutuhkan konsumen atau jenis bahan natural apa yang sedang digemari konsumen.

Dalam beberapa waktu belakangan saja kita sudah melihat berbagai produk yang disukai konsumen mulai dari trend produk dengan centella asiatica hingga sekarang mugwort yang sedang populer digunakan sebagai campuran produk kosmetik dan skincare.

Risiko Bisnis Kosmetik

Memulai bisnis kosmetik dengan label sendiri memang memiliki risiko yang cukup besar melihat semakin besarnya persaingan antar brand dalam dan luar negeri saat ini. Selain itu bisnis ini juga membutuhkan modal yang cukup besar terutama untuk memperkenalkan brand kosmetik yang anda miliki ke masyarakat.

Karena itu banyak bisnis kosmetik yang gagal bukan gara-gara produk mereka jelek, namun karena promosi yang kurang sehingga tidak dikenal oleh konsumen. Oleh sebab itu anda butuh pengalaman dalam mengatur bisnis agar bisa bertahan di pasar.

Namun, apabila anda belum memiliki kemampuan ini anda bisa mulai dengan investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding agar anda tetap bisa memiliki bagian dari sebuah bisnis dengan modal kecil  dan risiko yang minim.

Skema ini membuat anda tidak perlu kesulitan mengatur suatu bisnis karena sudah ditangani oleh pihak profesional yang sudah berpengalaman mengelola bisnis di bidang tersebut. Hal ini membuat risiko kegagalan menjadi lebih kecil dan keuntungan bisnis bisa menjadi lebih maksimal.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang bisa membantu anda menemukan berbagai bisnis potensial dari berbagai bidang yang bisa anda danai. Sistem ini membuat anda bisa menjadi bagian dari suatu bisnis menguntungkan dengan modal kecil.

Yuk Mulai Investasi Bisnis untuk Keuntungan Jangka Panjang Bersama LandX

Mau Info Terupdate Seputar Investasi dan Bisnis? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: