Bisnis Perikanan sebagai negara maritim, bisnis perikanan tentu saja menjadi salah satu bisnis dengan potensi keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, pertumbuhan industri ini tidak lepas dari kemajuan sistem bisnis perikanan yang membuat industri ini berjalan dengan lebih optimal.

Dari sisi kualitas, produk perikanan Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik sehingga menjadi salah satu komoditas ekspor ke berbagai negara di seluruh dunia. Hasil laut seperti cumi, ikan tuna, kepiting, dan berbagai jenis ikan lainnya merupakan produk-produk andalan yang dihasilkan dari bisnis perikanan Indonesia.


Table of Content


Usaha Perikanan Tangkap di Indonesia

Usaha perikanan tangkap merupakan salah satu jenis bisnis perikanan yang paling menguntungkan di Indonesia.

Jenis usaha perikanan ini merupakan usaha perikanan yang berfokus untuk memproduksi ikan dengan cara menangkapnya di perairan darat (sungai, danau, rawa, dll) atau di perairan laut (pantai dan laut lepas).

Jenis usaha perikanan tangkap ini merupakan salah satu yang paling banyak kita temui di Indonesia. Hal ini kita bisa lihat di pesisir pantai di mana banyak kapal dan nelayan yang bersiap melakukan pelayaran untuk penangkapan ikan.

Tidak hanya ikan, biasanya setiap kapal memiliki tujuan tangkapan yang berbeda-beda tergantung dengan jenis bisnis perikanan yang mereka jalankan.

Dalam  usaha perikanan tangkap, kapal merupakan salah satu bagian penting yang sangat berpengaruh dalam proses membangun bisnis.

Hal ini proses penangkapan ikan membutuhkan transportasi yang baik agar nelayan dapat mencapai titik dengan produk perikanan terbaik.

Kapal menjadi salah satu investasi utama yang harus disiapkan oleh pebisnis yang ingin memulai usaha ikan tangkap.

Namun, disamping itu pebisnis juga harus memperhatikan jenis mesin yang digunakan, alat penangkap ikat, awak kapal, dan tidak boleh lupa menyiapkan asuransi sebagai mitigasi risiko dari bisnis yang dijalankan.

Potensi Usaha Perikanan Tangkap di Indonesia

Cumi-Cumi merupakan salah satu hasil laut Indonesia yang kualitasnya sudah diakui secara internasional sehingga menjadi salah satu komoditas perikanan yang telah diekspor ke berbagai negara.

Karena itu, ekspor cumi mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan di tengah pandemi pun, ekspor cumi tetap terus tumbuh dan menjadi salah satu produk perikanan utama yang diekspor.

Oleh sebab itu, usaha penangkapan cumi memiliki potensi yang sangat menjanjikan apabila terus dikembangkan sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang optimal.

Peningkatan armada kapal untuk penangkapan cumi merupakan salah satu bentuk optimalisasi agar bisnis perikanan Indonesia bisa memberikan keuntungan yang lebih optimal lagi.

Karena itu, peningkatan armada kapal cumi sangat penting agar usaha perikanan di Indonesia bisa memberikan hasil yang jauh lebih optimal.

Memulai Usaha Perikanan Modal Kecil

Kamu pasti berpikir bahwa usaha perikanan tangkap membutuhkan modal yang besar karena membutuhkan kapal sebagai alat transportasi untuk menangkap ikan.

Selain itu, banyak orang yang belum paham betapa potensialnya usaha perikanan ini dalam jangka panjang.

Kalau anda berpikir untuk memulai sendiri dari awal, tentu saja anda harus menyiapkan modal yang cukup besar mulai dari biaya pembangunan kapal hingga penyiapan ABK untuk proses penangkapan ikan.

Selain modal, anda juga membutuhkan pemahaman dan pengalaman dalam mengelola bisnis agar bisa memberikan keuntungan yang optimal.

Tapi jangan khawatir..

Di LandX Kamu Bisa Punya 3 Kapal Cumi   Hanya dengan Modal 1 Jutaan

Bersama LandX cuma dengan 1 jutaan anda sudah bisa ikut patungan untuk membangun kapal cumi dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Karena itu tunggu apalagi..

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Mau Berbagai Info Terbaru Seputar Investasi Lainnya? Yuk Follow @landx.id di Instagram

Baca Juga:


#LandX.id      #landx.id    #landx    #YukPatunganBisnis    #InvestasiBisnis     #EquityCrowdfunding     #InvestasiMenguntungkan    #Urundana     #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha #InvestasiModalKecil