menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Bisnis Pet Shop: Seluk-Beluk Membangun Bisnis Pet Shop untuk Pemula

Wednesday, 18 May 2022

Read in 5 minutes

Author: Khurin N. Imandini
Cara memulai bisnis pet shop dan cara membangun bisnis pet dengan sistem franchise

Mau mulai bisnis pet shop? Yuk simak dulu seluk-beluk bisnis pet shop yang penting untuk kamu pahami...

Banyak manfaat yang didapatkan saat kita memelihara hewan. Rasa nyaman adalah salah satu hal yang akan didapat ketika kita memelihara hewan peliharaan. Hal tersebut kemudian menciptakan antusias bagi sang pemilik hewan untuk merawat dan menjaga penampilan serta kesehatan peliharaan kesayangannya.

Pet shop atau yang biasa kita sebut dengan toko hewan peliharaan adalah salah satu tempat yang menyediakan berbagai pelayanan bagi hewan peliharaan. Ragam kebutuhan hewan peliharaan turut menciptakan iklim dalam membuka bisnis pet shop. Sehingga sering kita temui beberapa salon hewan peliharaan yang sekaligus memiliki klinik serta perlengkapan dan peralatan yang dijual untuk hewan peliharaan. 

Berawal dari kegemaran memelihara hewan, seseorang dapat mendirikan bisnis hingga mendatangkan keuntungan yang fantastis. Namun, perlu Anda perhatikan langkah-langkah dalam membangun bisnis pet shop terlebih dahulu.

Langkah Awal yang Diperlukan dalam Membangun Bisnis Pet Shop?

  • Menentukan Target Pasar yang Potensial

Target lokasi merupakan fokus utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan target pasar dalam memulai bisnis yang potensial. Walaupun telah banyak dijumpai toko hewan peliharaan online, pemilik bisnis usaha tetap perlu menentukan tempat peluang bisnisnya.

Hal tersebut tentu saja diiringi dengan tersedianya fasilitas yang ramah hewan peliharaan dan merupakan tempat yang memadai bagi pengunjung. Contoh lokasi yang optimal untuk mendirikan pet shop, seperti memilih lokasi yang sering diadakan kegiatan berkumpul para komunitas pecinta hewan. Lokasi yang seperti ini dapat mendukung keberlangsungan bisnis pet shop yang sedang berjalan.

  • Memilih Ragam Fasilitas dan Pelayanan

Pengunjung pet shop umumnya telah menentukan pelayanan yang ingin diberikan bagi hewan peliharaan kesayangannya. Maka penting bagi para pemula bisnis petshop untuk menentukan ragam fasilitas, pelatihan, dan pelayanan dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan hewan pada umumnya. 

Beberapa di antaranya seperti: 

Salon & spa, layanan penitipan hewan, taman atau area bermain, petsmart (toko perlengkapan hewan peliharaan), klinik hewan, pelatihan hewan, dan lain sebagainya.

  • Menyediakan Tenaga Profesional

Setelah memilih ragam fasilitas dan pelayanan, dibutuhkan juga sumber daya manusia atau tenaga yang profesional dibidangnya. Tenaga yang profesional akan menentukan mutu bisnis yang dibangun. 

Bekerja sama dengan para pelatih profesional berkualifikasi tinggi mampu memberikan berbagai pelayanan, perawatan, serta pelatihan kepada hewan perliharaan dengan lebih maksimal. Sehingga pengunjung yang datang akan merasa puas.

  • Menjaga Mutu dan Kualitas Layanan

Seluruh fasilitas perawatan dan kesehatan hewan peliharaan sebaiknya rutin dilakukan pengecekan dan pembersihan. Hal ini bertujuan agar tidak hanya pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan fasilitas yang disediakan, melainkan hewan peliharaan pun turut merasa bahagia setelah berkunjung.

Selain itu, membiasakan dasar kegiatan operasional yang teratur dan disiplin, dapat meningkatkan kualitas layanan sehingga menjadikan lingkungan yang penuh kasih bagi hewan peliharaan begitu juga pemilik.

  • Mengatur Pengelolaan Bisnis

Penting sekali untuk mengatur pengelolaan bisnis setelah beberapa langkah sebelumnya telah terpenuhi. Memahami resiko dan mitigasi dalam pelaksanaan bisnis merupakan salah satu strategi membangun bisnis agar tetap berjalan secara optimal. 

Dari segi operasional misalnya, perlu sekali bagi pemula bisnis untuk memiliki izin usaha dalam mendirikan outlet pet shop. Hal ini diperlukan untuk menghindari resiko yang timbul karena adanya tuntutan dari pihak lain atas adanya pelanggaran hukum, misalnya seperti tidak mengikuti peraturan atau undang-undang yang berlaku, dan lain sebagainya.

Tidak hanya dari sisi operasional saja, melainkan diperlukannya adaptasi terhadap perkembangan masa seperti perkembangan teknologi digital. Pemula bisnis diharapkan aktif dalam media sosial dalam memasarkan setiap produk yang dijual melalui platform e-commerce. Sehingga pendapatan dari bisnis pet shop mampu bersaing dengan para kompetitor bisnis lainnya.

Memulai Bisnis Pet Shop dengan Sistem Franchise

Salah satu cara memulai bisnis untuk pemula adalah dengan sistem franchise dimana sistem hingga produk biasanya sudah disediakan sehingga proses membangun bisnis dapat menjadi lebih mudah.

Selain itu, membangun bisnis dengan sistem franchise juga menjadi lebih mudah karena bisnis yang membuka kemitraan dengan sistem ini biasanya sudah memiliki branding yang kuat sehingga pemasaran bisnis ke calon konsumen dapat menjadi lebih mudah.

Untuk bisnis pet shop pun hampir sama karena terdapat beberapa brand pet shop yang sudah terkenal membuka kemitraan franchise pet shop yang dapat dibeli oleh calon pebisnis. Cara ini bisa jadi pilihan untuk pebisnis pemula agar proses pembangunan bisnis dapat menjadi lebih cepat.

Akan tetapi, membuka frachise pet shop bukanlah jaminan bahwa suatu bisnis akan sukses karena kamu tetap butuh skill manajemen bisnis yang baik agar bisa bersaing dengan kondisi pasar yang dinamis.

Karena itu, kamu tetap harus memiliki skill manajemen bisnis dan pengetahuan yang baik tentang industri pet shop.

Modal untuk membuka bisnis pet shop sangat bergantung pada kelengkapan fasilitas serta treatment yang ditawarkan. Semakin besar modal yang dikeluarkan, maka fasilitas, jenis perawatan, serta barang-barang kebutuhan hewan peliharaan juga akan semakin lengkap dan beragam.

Bagi yang baru ingin mencoba bisnis pet shop, sebaiknya dimulai dengan menyediakan kebutuhan-kebutuhan serta treatment utama terlebih dahulu, seperti berbagai jenis makanan hewan, perlengkapan mandi hewan, serta berbagai jenis dan ukuran kandang. Sementara untuk perawatan, bisa dimulai dengan menyediakan fasilitas grooming. 

Untuk melengkapi berbagai kebutuhan di atas, rata-rata modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp12-15 juta, itu belum termasuk biaya sewa tempat serta berbagai pengeluaran lain, seperti anggaran listrik, biaya renovasi, gaji karyawan, dan lain-lain. Kemudian, jika bisnis sudah mulai berjalan lancar, Anda bisa menambahkan berbagai perlengkapan serta fasilitas lainnya.

Bisnis Pet Hotel dengan Sistem Equity Crowdfunding

Jika Anda yang tertarik untuk memulai bisnis pet shop namun belum memiliki cukup modal atau ingin memulai bisnis dari rumah, investasi pada crowdfunding adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba. 

Investasi yang didapatkan berupa persentase imbal hasil dari laba perusahaan kepemilikan modal. Dengan crowdfunding, Anda sudah bisa memiliki saham dan menjadi owner dari berbagai bisnis potensial dan menerima hasil investasi secara rutin.

Tunggu apalagi, segera daftar dan verifikasikan akun Anda di LandX agar tidak kehabisan project bisnis yang aman dan profit.

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga