Membangun kondisi finansial yang stabil dan independen merupakan hal yang tidak mudah dan butuh waktu.

Oleh sebab itu anda harus mulai berinvestasi sedini mungkin agar anda bisa semakin cepat mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda lakukan.

Saat ini anda investasi semakin mudah karena berbagai investasi tersedia secara online sehingga semakin mudah diakses oleh investor.

Semakin banyak instrumen investasi yang tersedia juga terkadang membuat investor pemula kebingungan menentukan bisnis investasi mana yang terpercaya dan sesuai dengan mereka.

Investor pemula tentu saja ingin memilih bisnis investasi terpercaya yang bisa memberikan mereka keuntungan untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Oleh sebab itu, sebagai investor pemula anda harus memperhatikan berbagai hal agar bisa menemukan bisnis investasi terpercaya sehingga dapat memperkecil risiko kerugian yang akan muncul. Karena itu, yuk simak beberapa tips memilih bisnis investasi terpercaya.

Memilih Bisnis Investasi Bisnis Terpercaya

Kenali Skema Investasi Yang Digunakan

Sebelum memutuskan instrumen investasi yang akan digunakan, anda harus paham dengan dengan jelas skema yang digunakan oleh produk investasi tersebut. Hal ini sangat penting agar anda bisa paham dari mana sumber keuntungan dari investasi tersebut.

Memahami skema investasi dengan jelas juga akan menghindari anda dari berbagai risiko kerugian karena investasi bodong atau penipuan yang memiliki skema tidak jelas.

Investasi kini memiliki berbagai macam skema, karena itu anda harus paham kelebihan dan kekurangan dari skema investasi yang akan anda pilih.

Untuk investasi bisnis, salah satu skema terpercaya yang bisa anda coba adalah equity crowdfunding yang merupakan skema investasi bisnis patungan sehingga investor dapat berinvestasi bisnis dengan modal kecil.

Karena memahami skema investasi sangat penting agar anda bisa menemukan bisnis investasi terpercaya yang bisa memberikan anda keuntungan.

Memahami Konsep “High Risk High Return” dalam Investasi

Memahami bahwa konsep high risk high return sangat penting untuk investor pemula sebagai salah satu cara menilai sebuah investasi terpercaya atau tidak.

Seperti yang kita tahu investasi dan risiko merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Salah satu konsep dasar yang harus anda tahu adalah keuntungan yang besar akan diikuti risiko yang besar pula karena itu anda tidak boleh mudah tergiur dengan keuntungan yang besar tanpa melihat risiko yang akan dihadapi.

Memahami risiko dari bisnis investasi yang akan anda jalankan sangat penting agar anda bisa menyusun mitigasi risiko yang baik dari investasi yang akan anda jalankan.

Dengan paham konsep ini anda sebagai investor pemula bisa memilih investasi dengan lebih baik karena sudah sudah menyesuaikan profil risiko yang anda miliki.

Memperhatikan Legalitas dari Investasi

Legalitas dari investasi merupakan hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih instrumen investasi terpercaya yang akan anda gunakan. Memilih investasi dengan legalitas yang sudah jelas merupakan salah satu cara memperkecil risiko investasi yang anda lakukan.

Bisnis investasi yang sudah terpercaya harus pasti berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena itu anda harus memastikan investasi yang akan anda lakukan sudah memiliki legalitas yang jelas.

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis investasi yang anda anda jalankan sudah terpercaya dan diatur dengan jelas sehingga anda terhindar dari berbagai macam penipuan berkedok investasi. Anda bisa mulai dengan mengunjungi platform investasi terkait dan melihat kelengkapan izin yang mereka miliki. Selain itu anda juga bisa mengecek melalui website resmi yang disediakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menentukan Tujuan Investasi

Dalam berinvestasi anda hal penting yang tidak boleh anda lupakan adalah menentukan tujuan investasi yang akan anda lakukan.

Hal ini sangat penting agar anda bisnis investasi yang anda jalankan cocok dengan tujuan yang ingin anda capai.

Karena setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, maka varian investasi yang digunakan pun berbeda-beda sehingga anda perlu menyusun tujuan anda sendiri agar bisa menemukan instrumen yang cocok dengan tujuan investasi yang ingin anda capai.

Anda bisa mulai dengan menentukan jangka waktu dari investasi yang akan anda lakukan apakah dalam jangka pendek atau jangka panjang sehingga pilihan investasi anda bisa semakin mengerucut dan memudahkan anda memilih instrumen investasi.

Tujuan investasi yang jelas akan membuat anda semakin mudah menentukan instrumen investasi mana yang cocok untuk anda gunakan.

Menghitung Besar Potensi Keuntungan

Dalam melakukan investasi anda harus bisa memproyeksikan besar keuntungan yang akan anda dapatkan agar anda bisa memperkirakan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mencapai suatu tujuan yang anda inginkan.

Memperhitungkan potensi keuntungan akan membantu anda menemukan investasi terbaik yang sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai.

Sebagai investor anda harus melihat berapa return yang bisa anda dapatkan dari setiap investasi sehingga anda bisa mengoptimalkan keuntungan yang didapat dari sebuah investasi.

Dalam investasi bisnis, biasanya prospek keuntungan akan dijelaskan dalam prospektus sehingga anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari investasi bisnis yang anda lakukan.

Diversifikasi

Dalam investasi diversifikasi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkecil risiko yang muncul saat anda berinvestasi.

Dalam investasi bisnis, diversifikasi bisa anda lakukan dengan berinvestasi ke dalam jenis bisnis yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai bisnis lain saat salah satu bisnis sedang dalam kondisi tidak baik.

Investor pemula sangat penting untuk mengetahui hal ini karena kondisi pasar sering berubah karena hal-hal yang tidak terduga sehingga anda butuh menyusun backup plan untuk investasi anda.

Salah satu investasi bisnis yang bisa anda coba adalah investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding yang memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi bisnis dengan modal kecil.

Apabila bila anda tertarik untuk berinvestasi dengan sistem ini, salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah memilih platform bisnis investasi terpercaya sehingga investasi bisnis anda menjadi lebih aman.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Terpercaya Bersama LandX

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang telah berizin dan diawasi OJK sehingga anda berinvestasi dengan lebih aman. Karena yuk mulai investasi sekarang.

Biar Gak Ketinggalan Berbagai Informasi Terbaru Seputar Investasi dan Bisnis, Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

#LandX.id #landx.id #landx #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga: