Berbicara tentang investasi jangka panjang pasti erat kaitannya dengan bagaimana anda menyusun rencana keuangan yang baik saat ini untuk mempermudah pencapaian tujuan finansial jangka panjang yang anda miliki.

Setiap orang tentu saja tujuan jangka panjang yang berbeda-beda sehingga investasi yang dilakukan pun akan berbeda-beda menyesuaikan tujuan finansial jangka panjang yang ingin dicapai.

Karena itu investasi yang dilakukan pun akan berbeda-beda menyesuaikan kondisi keuangan dalam jangka panjang yang ingin dicapai.

Untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang anda harus menyiapkan investasi jangka panjang terbaik yang bisa memberikan anda keuntungan sehingga tujuan finansial anda dapat diraih dengan lebih cepat.

Akan tetapi sebelum menyusun rencana investasi jangka panjang, sudahkah anda paham apa itu investasi jangka panjang dan bagaimana menentukan investasi jangka panjang terbaik yang yang sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai.

Karena itu yuk kita bahas tentang investasi jangka panjang dan bagaimana menentukan investasi jangka terbaik untuk anda.

Table of Content

Apa Itu Investasi Jangka Panjang?

Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan dalam periode yang waktu yang panjang dan pencairan-nya akan dilakukan di akhir periode waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Investasi jangka panjang bisa di-ibaratkan seperti menanam bibit pohon yang harus terus anda berikan berikan pupuk supaya dapat tumbuh besar dan memberikan anda buah yang bisa memberikan anda keuntungan.

Karena itu saat  investasi jangka panjang merupakan investasi yang anda lakukan untuk mencapai tujuan finansial di masa mendatang yang membutuhkan dana cukup besar seperti ingin memiliki rumah sendiri, ingin memiliki bisnis pribadi, atau ingin memiliki dana yang cukup untuk menghadapi masa pensiun anda.

Karena tujuan yang berbeda-beda, anda harus tahu tujuan apa yang ingin anda capai sehingga anda anda bisa tahu berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini dan berapa perkiraan dana yang harus anda investasikan setiap bulan agar tujuan bisa dicapai sesuai rencana finansial yang anda inginkan.

Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menentukan investasi jangka panjang terbaik yang bisa anda mulai.

Memilih Investasi Jangka Terbaik

Sebagai investor menentukan instrumen investasi terbaik merupakan hal yang tidak mudah dan membutuhkan waktu cukup lama terutama investor pemula yang belum pernah berinvestasi sebelumnya.

Karena itu mari kita bahas bagaimana tips memilih investasi jangka panjang terbaik yang cocok dengan tujuan dan kondisi finansial anda.

Tentukan Prioritas Keuangan

Agar investasi jangka panjang anda dapat berjalan dengan lancar, anda harus menyusun dulu prioritas yang harus anda penuhi sehingga anda bisa menghitung berapa besar uang yang bisa anda keluarkan secara rutin untuk berinvestasi.

Hal ini akan membantu anda menyusun rencana investasi jangka panjang yang sesuai dengan prioritas keuangan anda.

Memahami prioritas kebutuhan keuangan ini juga sangat penting agar anda bisa memperhitungkan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mencapai suatu tujuan finansial.

Anda bisa mulai dengan menghitung berapa besar pengeluaran dasar yang harus anda keluarkan seperti biaya kebutuhan pokok, cicilan rumah, dan cicilan motor yang harus anda bayarkan setiap bulan.

Setelah menghitung ini maka anda bisa mulai memilih instrumen investasi yang cocok dan sesuai dengan tujuan investasi yang akan anda lakukan.

Perhitungkan Periode Investasi

Berikutnya anda harus menghitung periode investasi yang akan anda lakukan. Apabila anda sudah menentukan tujuan investasi seperti apa yang ingin anda harus mulai menghitung berapa lama anda bisa mencapai kondisi tersebut dengan kemampuan investasi dan besar return yang bisa anda dapatkan dari investasi tersebut.

Menghitung periode investasi ini harus anda sesuaikan dengan instrumen investasi yang anda pilih, apabila anda ingin memiliki uang 100 juta dalam 10 tahun melalui investasi reksa dana maka anda harus tahu berapa potensi keuntungan dari instrumen ini dan berapa biaya yang harus anda keluarkan setiap bulan untuk mencapai kondisi yang anda inginkan tersebut.

Pahami Risiko Investasi

Dalam memilih instrumen anda harus paham berbagai risiko yang timbul dari instrumen tersebut karena setiap investasi memiliki risiko yang berbeda-beda.

Apabila anda ingin melakukan investasi jangka panjang maka sebaiknya anda menyimpan uang anda ke dalam instrumen investasi dengan risiko rendah agar uang anda aman dalam jangka panjang.

Selain itu, dalam investasi jangka panjang anda harus bisa melihat jauh ke depan sehingga bisa melihat berbagai potensi risiko yang terjadi seperti kondisi politik atau keadaan ekonomi di masa mendatang. Karena itu anda butuh analisis yang lebih dalam lagi agar bisa menyusun mitigasi risiko yang baik.

Mulai Dengan Sesuatu Yang Anda Familiar

Salah satu cara terbaik untuk memulai investasi jangka panjang adalah dengan mulai berinvestasi melalui suatu hal yang familiar dan anda pahami dengan baik agar memperkecil risiko yang muncul.

Apabila anda masih kebingungan dan masih belum tau mau berinvestasi jangka panjang lewat instrumen apa maka anda bisa dengan segala hal yang sangat dengan kehidupan sehari-hari anda seperti kostan yang anak tinggali dan berbagai makanan yang anda konsumsi.

Anda bisa mulai dengan melakukan investasi bisnis ke dalam bisnis-bisnis potensial yang berada di sekitar anda seperti bisnis F&B dan bisnis rumah kost. Apabila anda belum punya modal yang cukup besar maka anda bisa mulai dengan sistem equity crowdfunding.

Memilih investasi yang familiar dan sudah anda mengerti akan membuat investasi yang anda jalankan menjadi lebih mudah.

Tips Penting Investasi Jangka Panjang

Riset dan Susun Strategi Investasi Anda Sendiri

Seperti yang kita sudah bahas, setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda sehingga anda perlu menyusun strategi investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan investasi yang anda miliki.

Anda bisa mulai dengan riset dan mencari informasi sebanyak-banyak sehingga anda bisa menyusun strategi investasi yang akan anda terapkan dalam jangka panjang. Bisa dimulai dengan membandingkan beberapa instrumen investasi untuk melihat kelebihan dan kekurangannya sehingga anda bisa tahu mana kombinasi investasi jangka panjang yang tepat dan sesuai untuk anda.

Diversifikasi

Diversifikasi merupakan hal yang harus anda lakukan saat memulai investasi jangka panjang agar anda bisa memperkecil berbagai risiko yang muncul dalam proses investasi yang anda jalankan. Karena investasi akan dijalankan dalam jangka panjang, maka anda perlu mengkombinasikan berbagai instrumen agar potensi kerugian semakin kecil dan keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar.

Pilih Investasi Dengan Passive Income

Memilih investasi yang bisa menghasilkan passive income akan sangat membantu mempercepat perkembangan investasi yang anda milik karena keuntungan ini bisa anda investasikan kembali sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar lagi. Hal ini disebut efek compounding yang bisa anda terapkan agar investasi yang anda lakukan bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

Kesimpulan

Dalam melakukan investasi jangka panjang anda harus bisa memperkirakan tujuan dan kemampuan investasi yang anda miliki sehingga anda bisa memprediksi berapa waktu yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan yang anda miliki. Karena itu anda sebaiknya memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan investasi yang anda miliki. Karena Itu…..

Yuk Mulai Investasi Bisnis di LandX Agar Investasi Jangka Panjang Anda Menguntungkan

Mau Info dan Tips Seputar Investasi Lainnya? Yuk Follow Instagram Kami @landx.id

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha


Baca Juga: