menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Buyback adalah: Apa itu Buyback Saham dan Equity Crowdfunding

Monday, 18 Jul 2022

Read in 4 minutes

Author: Abdul Wahhab

Yuk pahami apa itu buyback dalam investasi yang penting untuk anda pahami.....

Apabila anda ingin berinvestasi di pasar modal atau equity crowdfunding, maka anda harus arti dari buyback dan bagaimana kebijakan ini mempengaruhi investasi yang anda lakukan. Apabila anda berinvestasi di dunia saham, anda pasti sering mendengar buyback saham saat berinvestasi.

Buyback dikenal juga sebagai stock repurchase.

Buyback adalah pembelian kembali saham yang sudah diterbitkan dan beredar di masyarakat oleh penerbit atau perusahaan emiten yang menerbitkan saham tersebut. Hal ini dilakukan bisa dengan berbagai tujuan seperti mengurangi jumlah saham yang beredar di masyarakat.

Salah satu contohnya, anda mungkin pernah mendengar rencana buyback yang akan dilakukan Adaro Energy (ADRO) senilai 4T yang ditujukan agar perusahaan dapat memberikan return yang lebih baik kepada para pemegang saham dan harga saham nantinya dapat mengambarkan kondisi sebenarnya dari perusahaan.

Supaya anda lebih paham tentang konsep ini, mari kita bahas lanjut tentang konsep buyback guarantee di berbagai instrumen investasi.


Konsep Buyback dalam Investasi Saham

Pertama-tama, mari kita bahas dulu apa itu buyback atau stock repurchase dalam investasi.

Apa yang dimaksud dengan buyback saham?

Buyback adalah kebijakan pembelian kembali suatu saham yang oleh perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Artinya, perusahaan membeli kembali bagian kepemilikan dari bisnis mereka yang sebelumnya ditawarkan kepada publik.

Stock repurchase biasanya dilakukan dengan berbagai tujuan. Tujuan buyback adalah untuk menjaga likuiditas dari perusahaan yang merupakan salah satu rasio keuangan penting yang diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan rasio earning per share (EPR) yang akan meningkat saat semakin sedikit jumlah saham yang beredar di pasaran.

Rasio earning per share (EPR) adalah laba perusahaan yang dibagikan sesuai kepemilikan lembar saham. Meningkatnya EPR menandakan arah perusahaan tumbuh dengan baik karena jumlah laba meningkat.

Selain itu, hasil stock repurchase juga bisa dijadikan saham treasury yang disimpan dan dapat dijual kembali saat harga saham mengalami tren kenaikan. Saham treasury muncul karena kebijakan stock repurchase. Saham treasury adalah saham hasil pembelian kembali (stock repurchase).

Stock repurchase atau buy back juga menjadi salah satu cara untuk menjaga psikologis investor saat harga saham sedang turun sehingga apabila ada yang membeli saham saham dalam jumlah besar dapat menaikan ketertarikan investor untuk memiliki saham tersebut.

Dengan dilakukannya stock repurchase tentu akan berdampak pada jumlah kepemilikan saham investor yang semakin berkurang atau dilusi harga saham.

Akan tetapi, semua ini kembali lagi dengan masing-masing perusahaan yang melakukan kebijakan ini. Oleh sebab itu, anda harus mencari tahu lebih lanjut saat suatu perusahaan mengumumkan akan melakukan stock repurchase*.*

Buyback dalam Equity Crowdfunding

Selain dalam dunia saham, anda juga harus paham konsep buyback dalam investasi equity crowdfunding yang konsepnya hampir sama dengan saham yang ada di pasar modal namun dalam cakupan bisnis yang lebih kecil.

Apa itu buy back guarantee dalam investasi equity crowdfunding?

Dalam equity crowdfunding, skala bisnis yang menjadi penerbit saham biasanya dalam skala lebih kecil atau UKM. Oleh sebab itu, equity crowdfunding merupakan cara untuk berinvestasi ke sektor bisnis privat dengan modal kecil.

Buyback guarantee dalam investasi equity crowdfunding adalah kebijakan pembelian kembali saham yang oleh penerbit setelah beberapa periode waktu. Buy back artinya memiliki konsep yang hampir sama dengan buyback atau stock repurchase di pasar modal namun periode waktunya akan dijelaskan di proses awal penawaran.

Dalam equity crowdfunding, buy back guarantee adalah sesuatu yang biasanya sudah ditentukan di awal sehingga anda bisa tau kapan periode buyback saham bisnis akan dilakukan agar anda bisa memperhitungkan rencana investasi anda dengan lebih baik.

Stock repurchase dapat menguntungkan bagi sisi investor. Konsep buyback artinya dapat menajdi salah satu cara mitigasi risiko untuk melindungi modal para investor. Dengan buy back, saham mereka tetap akan dibeli kembali walaupun bisnis yang didanai tidak berjalan dengan baik.

Hal ini menjadikan investasi dengan equity crowdfunding bisa memberikan keuntungan yang maksimal dengan risiko yang minim.

Hal ini karena sebagai investor anda bisa mendapatkan keuntungan berupa dividen selama anda memegang saham dan modal yang anda miliki tetap aman karena akan ada buyback guarantee di akhir periode.

Sama seperti investasi saham di pasar modal, buyback guarantee ini bersifat opsional dan bergantung dengan kebijakan dari penerbit. Di satu sisi, investasi anda menjadi sangat aman karena ada buyback guarantee, namun hal ini artinya anda tidak bisa memiliki saham dari bisnis ini selamanya karena saham anda akan dibeli kembali oleh penerbit pada akhir periode.

Bagaimana? Anda lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Kalau belum yuk simak video penjelasan dari Mindland di bawah ini:

Yuk Simak Video Penjelasan dari Mindland

Gimana? Sudah lebih paham? Atau ingin lihat contoh investasi saham buyback?

Yuk, Akses Investasi dengan Buyback Saham di Sini

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Berbagai info Terbaru Terkait Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis

Baca Juga