Dalam investasi bisnis, anda perlu melakukan diversifikasi ke dalam berbagai jenis yang menguntungkan untuk anda. Investasi properti merupakan salah satu bisnis potensial yang bisa menghiasi portofolio investasi bisnis anda. Selain karena potensi kenaikan harga dari tahun ke tahun, properti juga memiliki potensi untuk memberikan anda passive income saat properti disewakan. Sebagian orang mungkin merasa investasi properti merupakan investasi dalam skala besar sehingga hanya bisa dimulai dengan modal yang besar. Padahal kini investasi bisnis properti lebih mudah dan bisa dimulai dengan modal kecil.

Walaupun investasi properti memiliki potensi keuntungan yang besar, investor tetap harus paham hal-hal mendasar terkait properti seperti jenis-jenis properti yang menguntungkan dan berbagai sistem investasi properti yang tersedia agar anda bisa memilih properti yang tepat untuk investasi yang akan anda lakukan. Investasi properti yang tepat akan memberikan anda keuntungan jangka panjang sehingga dapat membantu membangun aset finansial yang anda miliki. Oleh sebab itu, mari kita bahas bagaimana cara terbaik untuk memulai investasi bisnis properti terbaik dengan modal yang kecil.


Table of Content

Menentukan Investasi  Properti Terbaik

Sebagai investor harus terlebih dahulu menentukan jenis investasi properti yang akan anda lakukan, apakah itu investasi ke dalam properti sewaan, memulai bisnis flip properti, atau investasi properti online yang kini semakin mudah dilakukan lewat berbagai platform seperti LandX. Hal ini akan sangat penting karena setiap jenis investasi membutuhkan analisis yang berbeda-beda, dengan paham jenis investasi yang akan anda lakukan maka anda akan semakin mudah memilih properti mana yang cocok untuk investasi jangka panjang anda sesuai dengan jenis bisnis properti yang akan anda jalankan.

Apabila anda sudah paham dengan baik jenis investasi properti yang akan anda lakukan, maka anda dapat memulai menganalisis lebih lanjut terkait properti yang ingin anda jadikan investasi. Apabila anda masih bingung yuk ikuti beberapa tips di bawah ini agar bisnis properti modal kecil anda semakin cepat terealisasikan.

Menghitung Modal yang Harus Dikeluarkan

Sebelum memulai investasi, anda perlu menghitung berapa modal yang harus anda keluarkan untuk menyiapkan investasi properti yang sesuai dengan anda. Apabila anda ingin memulai bisnis properti dengan sistem flipping, maka perhitungkan biaya total yang harus anda keluarkan mulai dari biaya pembelian rumah hingga perbaikan yang harus anda lakukan sebelum dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi lagi. Apabila anda memilih untuk investasi dengan properti yang akan disewakan seperti investasi apartemen, maka anda harus memperhatikan berapa besar biaya pembelian dan perawatan dari properti yang anda sewakan.

Namun, apabila anda masih belum sanggup membeli properti untuk  investasi secara utuh, maka anda bisa mulai dengan melakukan equity crowdfunding untuk memulai investasi properti dengan modal kecil. Sistem ini memudahkan bisnis properti dapat dilakukan dengan modal kecil karena pembelian properti dapat dilakukan secara patungan. Sistem ini merupakan sistem investasi properti online yang bisa anda mulai dengan modal mulai 1 juta. Karena itu sekarang modal bukanlah halangan untuk anda mulai investasi properti.

Analisis Pasar

Selanjutnya adalah lakukan analisis terhadap properti pilihan anda secara hati-hati agar properti tidak menjadi beban yang malah membuat anda harus mengeluarkan uang lebih. Untuk itu lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana prospek perkembangan dari properti yang anda miliki. Mulai dari apakah properti berada di kawasan strategis yang menguntungkan untuk anda dalam jangka panjang dan apabila properti sewaan seperti kost-kostan anda harus paham betul segmen pasar yang akan anda menjadi konsumen anda. Dengan analisis yang baik maka anda akan mudah memilih properti terbaik untuk investasi anda.

Memilih Platform Investasi Online Terbaik

Apabila anda memulai investasi properti online, pastikan anda memilih platform terbaik untuk investasi properti anda. Platform yang baik akan membantu anda menemukan berbagai properti potensial yang dapat anda beli secara patungan melalui equity crowdfunding atau urun dana. Sistem investasi online ini akan memperluas pilihan properti potensial yang bisa jadi lahan investasi properti untuk anda. Selain itu platform yang baik akan membuat transaksi properti online anda menjadi lebih aman dan memperkecil risiko yang timbul dalam proses investasi properti. Karena itu pastikan anda berinvestasi pada platform crowdfunding properti terbaik.

Pahami Cara Bisnis Properti

Apabila anda sudah mulai investasi ke dalam properti, pastikan anda paham juga bagaimana cara terbaik untuk mengatur bisnis properti yang akan anda jalankan. Apabila memulai dengan properti sewaan maka anda harus paham bagaimana cara mengatur properti sewaan anda dapat memberikan hasil yang terbaik seperti bagaimana agar properti anda tetap nyaman dan jadi pilihan penyewa. Tapi apabila anda kesulitan dalam ini, anda bisa mulai dengan bisnis patungan properti saja yang mana properti anda akan ditangani oleh manajemen profesional yang akan membantu bisnis tetap berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang optimal. Sistem equity crowdfunding untuk properti merupakan solusi untuk anda yang tidak mau kerepotan dalam manajemen properti yang anda miliki.

Merencanakan Investasi Properti akan Dilakukan dalam Beberapa Waktu ke Depan

Dalam investasi properti anda perlu melihat bagaimana program jangka panjang dari investasi yang telah anda lakukan. Oleh sebab itu anda perlu melihat bagaimana prospek dari bisnis properti yang sedang anda lakukan, hal pertama adalah menghitung return on investment yang akan dapatkan dan memikirkan akan anda gunakan untuk apa return yang sudah anda dapatkan. Agar investasi anda terus berkembang, maka anda harus rajin meningkatkan nilai investasi yang anda miliki. Saat sebuah properti yang anda miliki sudah memberikan hasil, maka sebaiknya anda putarkan lagi menjadi modal untuk bisnis properti berikutnya yang akan dilakukan. Hal ini akan membuat modal anda terus berkembang sehingga potensi return yang akan anda dapatkan pun akan terus meningkat.

Dalam equity crowdfunding, dividen dari investasi properti yang anda dapatkan bisa anda gunakan untuk menambah jumlah lots saham atau porsi kepemilikan anda akan properti tersebut sehingga dalam periode berikutnya anda memiliki potensi return yang lebih besar lagi. Dengan sistem ini anda akan semakin mudah mengembangkan modal anda dengan investasi properti.

Kalau Anda Masih Bingung…

Yuk kunjungi situs LandX untuk mulai investasi properti pertama dengan modal mulai 1 Juta. LandX menyediakan berbagai pilihan investasi properti dan bisnis potensial yang akan memberikan keuntungan kepada investor


  • Situs Resmi    : https://landx.id/
  • Contact  :
  • Telepon    : (+62) 21 2245 5061
  • WhatsApp   : (+62) 813 8186 2878
  • Email      : [email protected]
  • Instagram      : @landx.id
  • Twitter        : @LandX_id
  • YouTube        : LandX ID
  • LinkedIn       : LandX
  • Alamat         : Italian Walk C.15-16, Mall of Indonesia, Jl. Yos Sudarso, RT.18,RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara,  Jakarta 14240