Investor Penerbit
menu-mobile

Franchise Retail: Cara dan Harga Franchise Indomaret 2022

24 February 2022

|

5 Min Read

|

Author: Vlora Riyandi
Cara jadi pemilik franchise Indomaret dengan modal kecil,  beli franchise Indomaret

Indomaret menjadi salah satu bisnis ritel yang memiliki jaringan sangat besar dan membuka kemitraan lewat sistem franchise. Karena itu, mari kita bahas bagaimana cara memiliki franchise Indomaret....

Franchise retail minimarket modern membanjir dimana-mana. Saat pergi ke daerah luar kota, disepanjang jalan umumnya pasti bertemu dengan franchise retail ternama di Indonesia. Hal ini membuktikan bisnis ritel modern dibutuhkan dan menguntungkan dari sisi pemilik atau investornya.

Pada saat pandemi pun prospek cerah terlihat dari bisnis milik Salim Group ini. Minimarket yang menawarkan berbagai kebutuhan harian lengkap menjadi incaran masyarakat. Salah satunya ritel minimarket di Indonesia yaitu Indomaret.

Indomaret adalah pemain besar bisnis ritel modern di Indonesia. Membuka sistem waralaba pertama pada tahun 1997, Indomaret ingin membuka kesempatan bagi penggiat bisnis untuk turut serta mengelola gerai Indomaret.

Hingga 25 tahun dipercaya para franshisee, cakupan wilayah gerai Indomaret telah menjangkau seluruh wilayah Jawa, Bali, Sumatra, NTB, Kalimantan hingga Ambon. 

Indomaret juga telah mengembangkan lini bisnis mereka menjadi Indomaret Point, dompet iSaku, Klik Indomaret, Indomaret Delivery, hingga melayani pembayaran virtual untuk berbagai kebutuhan. 

DIkutip dari Katadata, laporan United States Department of Agriculture (USDA), gerai Indomaret di Indonesia merupakan yang terbanyak jumlahnya. Menempati posisi pertama, gerai Indomaret memiliki total 18.271 gerai pada tahun 2020.

Kenapa bisa jadi yang paling banyak, ya? Apa syarat pembukaan gerai baru dan ketentuan yang harus dipenuhi franchisee mudah? LandX sudah rangkum informasinya, cari tahu lebih lanjut, yuk.

Syarat Franchise Indomaret

Untuk Anda yang lagi mencari tahu bagaimana cara punya franchise Indomaret. Dikutip dari situs resmi ritel yang akrab dengan warna biru, berikut syarat franchise Indomaret.

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi di daerah komersil seperti perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, SPBU, bandara, stasiun, hingga daerah wisata atau wilayah yang mudah dijangkau oleh masyarakat.
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket
  • Ketersediaan dana untuk pembukaan gerai minimarket
  • Memiliki jiwa entrepreneur yang fokus pada sistem franchise Indomaret

Kalau syarat franchise Indomaret sudah terpenuhi, sekarang LandX akan bahas cara bergabung dengan waralaba Indomaret serta spill harga franchise Indomaret 2022.

Harga Franchise Indomaret 2022 dan Cara Bergabung

Estimasi modal investasi untuk membuka gerai terbaru Indomaret di tahun 2022 adalah Rp 394 juta. Harga ini diluar biaya sewa bangunan.

Angka ini mencakup franchise fee untuk 5 tahun sebesar Rp 36 juta, promosi dan pembukaan minimarket Rp 9,5 juta, renovasi dan peralatan elektronik dan non-elektronik yang tergantung tipe toko sebesar Rp 170 juta dan Rp 178 juta. 

Tahapan untuk bergabung waralaba Indomaret

  1. Anda diharuskan sudah memiliki calon lokasi di daerah komersil
  2. Presentasi sistem dan proyeksi keuntungan dari pihak Indomaret
  3. Dilakukan survei tempat usaha dan evaluasi
  4. Jika memenuhi, akan terjadi pengikatan dan pembayaran franchise fee
  5. Anda juga harus menyelesaikan dokumen-dokumen terkait izin usaha membuka gerai minimarket
  6. Akan dibantu dalam pembangun gerai atau proses renovasi, dan
  7. Pembukaan gerai minimarket Indomaret

Jika Anda lebih berminat untuk mengakuisisi atau beralih kepemilikan gerai yang sudah ada, Anda dapat menyiapkan dana berkisar Rp 700 juta. Kisaran harga ini sudah termasuk biaya sewa bangunan selama 5 tahun.

Keuntungan Bisnis Franchise Indomaret

Dengan merogoh modal investasi yang besar, Anda mungkin berpikir apakah keuntungan dapat didapat dengan mudah. LandX telah merangkum dari berbagai sumber mengenai keuntungan dan kerugian franchise Indomaret.

Keuntungan Franchise Indomaret 

  • Strong brand authority – artinya brand mampu menarik perhatian dan kepercayaan banyak orang. Seperti bagaimana Indomaret yang telah beroperasi semenjak tahun 1988 dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
  • Manajemen yang profesional – bertahun-tahun mengelola ribuan gerai, Indomaret yang dapat bertahan dan menghadapi perubahan era membuktikan bisnis ritel ini dikelola dengan cara yang sangat profesional.
    Salah satunya terlihat dari proses survei lokasi dan evaluasi apakah calon daerah yang akan dibuka gerai baru potensial untuk mendukung franchisee meraup keuntungan dengan optimal.
  • Sistem promosi skala nasional – sebagai brand yang berlokasi di jalur yang mudah dilalui masyarakat Indonesia, Indomaret yang memiliki ragam produk tertata selalu memberikan berbagai jenis promosi. 
    Promosi Indomaret tidak hanya sebatas tanggal spesial dikalender, tetapi juga berdasarkan kategori umur yang tentunya gerai Indomaret Anda pun merupakan bagian penyelenggara promosi. Hal ini untuk menjamin pendapatan setiap gerai mencapai standar ritel sehat.
  • Proyeksi keuntungan yang sehat – pada tahap pembukaan gerai, pihak Indomaret akan menjabarkan berbagai sistem, standar, dan proyeksi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
    Diperkirakan keuntungan harian setiap gerai Indomaret berkisar Rp 7 hingga Rp 9 juta. Hal ini menjadikan pendapatan gerai Indomaret setiap bulannya mencapai Rp 200-270 juta. 
    Dengan modal investasi di awal serta biaya sewa lokasi, estimasi balik modal Anda adalah 3-4 tahun. Sehingga pada tahun ke-5, pendapatan yang berkisar Rp 200-270 juta per bulan tadi adalah seluruhnya keuntungan yang dapat Anda miliki. 

Bisnis franchise ternama tentu membuat Anda memiliki pertimbangan besar untuk dapat berkecimpung di dalamnya. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan diantara lain sebagai berikut:

  • Pilihan produk harus sesuai arahan franchisor – walaupun tidak bebas, namun hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas dari barang yang pastinya akan laku terjual. Sehingga setiap gerai mencapai angka pendapatan harian sehat yang berkisar Rp 8 juta.
  • Modal investasi yang besar – angka ratusan juta merupakan angka yang besar untuk sebuah investasi awal. Namun dengan perhitungan dari manajemen Indomaret yang profesional, Anda pastinya akan dibantu meminimalisir kerugian sehingga dapat balik modal sesuai estimasi waktu.

Itulah keuntungan, faktor yang harus Anda pertimbangkan serta syarat dan tahapan untuk dapat memiliki gerai ritel ternama di Indonesia, Indomaret. Apa Anda tertarik beli franchise Indomaret?

Modal investasi tentu menjadi hal terpenting untuk dapat memiliki sebuah bisnis. Namun, Anda dapat memiliki bisnis secara mudah dengan menjadi investor di salah satu bisnis di platform equity crowdfunding LandX.

Di LandX, dengan modal sejutaan Anda dapat langsung berinvestasi pada bisnis potensial yang sudah melewati tahap evaluasi dengan standar tinggi dan mendapatkan keuntungan bagi hasil.

Keuntungan bagi hasil yang kemudian disebut dividen ini didapatkan setelah bisnis berjalan dan mendapat profit penjualan yang umumnya berkisar 10-30%. Dengan modal sejutaan tadi, keuntungan dapat Anda terima hanya dalam 3, 6 atau 9 bulan sesuai perjanjian yang ditawarkan kepada Anda.

Mendapat keuntungan dari bisnis potensial dan brand ternama #SekarangBisa dengan sejutaan.

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Segera download aplikasi LandX dan jangan lupa verifikasi akun Anda agar dapat memiliki bisnis dengan nyaman.

- - -

#SekarangBisa

Baca Juga