Saat mendengar suatu instrumen investasi, tentu anda langsung memikirkan bagaimana cara kerja instrumen investasi tersebut hingga bisa memberikan anda keuntungan. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara kerja dari reksa dana sehingga bisa memberikan anda keuntungan.

Cara kerja reksa dana sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 yang menjelaskan bahwa reksa dana merupakan salah satu wadah atau platform yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang mana dana tersebut akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Reksa dana juga disebut mutual fund di mana hasil penghimpunan dana akan disalurkan ke dalam berbagai jenis sekuritas seperti saham dan obligasi.

Instrumen investasi reksa dana sendiri cukup populer terutama bagi pemula yang belum memiliki kemampuan dan waktu yang cukup untuk mengelola investasi mereka sendiri sehingga reksa dana bisa menjadi salah satu opsi investasi yang bisa mereka lakukan. Selanjutnya, agar anda lebih paham mari kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja dari reksa dana.

Memahami Cara Kerja Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang populer di masyarakat karena merupakan instrumen investasi dengan risiko minim dengan return yang cukup besar.

Selain itu reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah didapatkan oleh masyarakat baik secara online maupun offline.

Secara garis besar reksa dana bekerja dengan cara menghimpun dana masyarakat kemudian manajer investasi mendistribusikannya ke dalam berbagai portofolio efek.

Pertama-tama manajer investasi yang sudah berizin akan menghimpun sejumlah dana dari masyarakat yang kemudian akan disalurkan ke dalam berbagai jenis instrumen investasi.

Setelah disalurkan nasabah akan menerima laporan investasi yang akan menjelaskan tentang investasi yang sudah dijalankan oleh manajer investasi dan komposisi aset yang disesuaikan dengan jenis reksa dana yang anda beli.

Instrumen investasi yang akan digunakan oleh manajer investasi akan berbeda-beda tergantung dengan jenis reksa dana yang anda gunakan.

Karena itu anda harus memilih reksa dana yang sesuai dengan profil risiko yang anda miliki karena setiap jenis reksa dana tingkat return yang berbeda-beda.

Memulai Investasi dengan Reksa Dana

Kemajuan teknologi membuat reksa dana semakin mudah anda dapatkan melalui berbagai platform investasi online.

Akan tetapi anda tidak boleh lupa untuk memahami terlebih dahulu jenis reksa dana yang anda pilih setiap jenis reksa dana memiliki risiko yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu saat memulai investasi dengan instrumen ini anda harus paham dulu tujuan investasi dan profil risiko yang anda miliki agar bisa menemukan reksa dana yang ideal untuk anda.

Artikel Terkait:

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Reksa Dana

Walaupun dianggap memiliki risiko yang rendah, anda tetap harus memperhatikan beberapa hal dalam berinvestasi dengan instrumen investasi jenis ini. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam berinvestasi melalui reksa dana:

Jenis Reksa Dana

Reksa dana terdiri dari beberapa jenis dengan potensi dan risiko yang berbeda-beda. Oleh sebab itu anda harus memahami berbagai jenis ini agar bisa memilih reksa dana terbaik yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi yang anda miliki.

Apabila anda masih baru berinvestasi dengan profil risiko sangat rendah, anda bisa mulai reksa dana pasar uang yang memiliki risiko cenderung rendah dan periode waktu yang biasanya lebih singkat. Apabila anda berani menanggung risiko yang lebih besar maka anda boleh mencoba dengan jenis lain seperti reksa dana saham.

Periode Investasi

Seperti investasi lainnya, anda harus memperhatikan periode investasi yang akan anda jalankan. Walaupun reksa dana bisa diperjualbelikan, anda tetapi harus memperhatikan jangka waktu investasi dari reksa dana yang anda pilih.

Apabila anda melakukan investasi jangka pendek, maka anda bisa memilih reksa dana pasar uang yang periode investasi rata-ratanya bisa kurang dari satu tahun. Akan tetapi, apabila anda ingin berinvestasi dalam periode lebih panjang anda bisa memilih reksa dana pendapatan atau saham dengan periode investasi yang lebih panjang. Oleh sebab itu, anda harus menentukan dahulu periode investasi yang akan anda jalankan.

Risiko dari Reksa Dana

Perlu anda ingat bahwa setiap investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda, karena itu anda harus menentukan profil risiko anda sehingga bisa memilih jenis reksa dana terbaik untuk investasi anda.

Reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap merupakan jenis dengan risiko rendah yang bisa anda pilih. Apabila anda berani menanggung risiko yang lebih tinggi maka anda bisa berinvestasi memilih reksa dana campuran atau saham. Hal ini sangat penting agar anda tidak sembarangan memilih reksa dana tanpa paham risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Diversifikasi Investasi

Dalam berinvestasi hal yang tidak boleh anda lupakan adalah diversifikasi untuk memperkecil risiko investasi yang muncul. Anda bisa mulai dengan membagi-bagi budget investasi anda ke dalam beberapa jenis reksa dana sekaligus sehingga bisa memperkecil risiko dan bisa mengoptimalkan keuntungan.

Namun, anda juga bisa melakukan diversifikasi dengan memasukkan dana anda ke dalam jenis instrumen investasi lain seperti investasi bisnis melalui equity crowdfunding.

Sistem equity crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi bisnis dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan berupa dividen saat bisnis menguntungkan.

Apabila berinvestasi dengan sistem ini anda harus terlebih dahulu menemukan platform equity crowdfunding terpercaya untuk investasi bisnis anda.

LandX merupakan salah satu platform equity crowdfunding terpercaya yang sudah berhasil menyalurkan dana ke berbagai jenis bisnis potensial. Karena itu…...

Yuk Investasi Bisnis Menguntungkan Jangka Panjang di LandX

Supaya Terus Update Info Seputar Investasi Terbaru, Jangan Lupa Follow Kami di @landx.id

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: