menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Cara Memilih Bisnis Potensial untuk Investasi Saham ke UMKM

Thursday, 19 May 2022

Read in 4 minutes

Author: Nadya A. Faatihah
Cara Membeli Saham UMKM di Platform Equity Crowdfunding

Tertarik untuk berinvestasi saham UMKM? Pahami dahulu skema equity crowdfunding, cara jadi investor ke berbagai UKM potensial, dan prospek bisnisnya!

Investasi saham masih menjadi sasaran favorit penanaman modal para investor. Tidak hanya bisa membeli saham dari perusahaan-perusahaan besar yang tercantum di Bursa Efek Indonesia, sekarang ada opsi untuk investasi saham UMKM. Dengan skema Securities Crowdfunding (SCF) yang merupakan pengembangan skema Equity Crowdfunding (ECF), bursa saham UMKM telah hadir dan kian diminati para investor.

Skema ini adalah metode crowdfunding UMKM atau urun dana oleh pemilik bisnis dengan cara patungan dalam bentuk penawaran saham UKM. Nantinya, investor dapat memilih dan membeli saham bisnis potensial yang disediakan oleh platform penyelenggara layanan urun dana. Untuk lebih mendalami pemahaman kamu soal investasi ini, simak beberapa poin di bawah ini ya!

Mengapa Membeli Saham Bisnis Dengan Skema Crowdfunding UMKM?

Dari sekian banyak pilihan investasi bisnis untuk pemula, crowdfunding merupakan cara investasi bisnis skala kecil termudah dan minim risiko untuk para investor pemula. Selain itu, dengan equity crowdfunding, investor akan mendapatkan dua potensi keuntungan, yaitu saat investor akan memulai investasi (dividen) dan capital gain. 

Dengan diiringi perkembangan bisnis dari suntikan dana yang didapatkan dari urun dana saham UMKM, peluang investor untuk terus mendapatkan profit jangka panjang melalui bagi hasil juga akan semakin besar. 

Cara Jadi Investor ke Berbagai UKM Potensial

Tidak perlu khawatir tentang tingkat sekuritas skema investasi saham UMKM. Karena, skema SCF telah diatur dalam peraturan OJK (otoritas jasa keuangan) yaitu POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang penawaran efek melalui layanan urunan dana berbasis teknologi Informasi (Securities Crowdfunding).

Agar semakin memahami cara terbaik membeli saham bisnis dan meyakinkan diri untuk terjun di dunia pasar saham UMKM, simak tips dan cara jadi investor ke berbagai UKM potensial berikut ini.

1. Mengecek Penyelenggara Layanan Urun Dana Berizin OJK

Sebelum berinvestasi saham UMKM, pastikan penyelenggara layanan urun dana yang kamu pilih telah mengantongi izin dari OJK. Hal ini menjadi penting karena sebagai penyelenggara, platform crowdfunding memiliki peran yang sangat penting sebagai pihak yang akan menghubungkan investor dan pemilik usaha. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mengecek lewat laman resmi www.ojk.go.id atau hubungi OJK di nomor 157.

2. Analisis Prospek Saham UKM dan Bisnis Jangka Panjang

Sebelum investasi saham UMKM, kamu harus memerhatikan bagaimana prospek bisnis perusahaan tersebut di masa depan. Untuk mengetahuinya, pemilik bisnis akan memberikan prospektus yang berisi kualitas manajemen, struktur modal, total aset, dan pendapatan yang diharapkan. Variabel penilaian ini penting untuk kamu yang ingin investasi saham UMKM yang masih membutuhkan suntikan dana untuk tumbuh.

Nantinya setelah kamu memutuskan akan membeli saham UKM mana yang potensial, prospektus yang telah dicermati dapat menjadi penentu prospek dividen yang bisa kamu dapat dalam jangka waktu yang ditentukan. 

3. Diversifikasi Investasi Saham UMKM

Dalam setiap investasi tentu saja kamu tidak bisa terhindar dari berbagai risiko yang ada. Dengan diversifikasi saham UKM, kamu dapat mengalokasikan dana yang dimiliki ke sejumlah proyek atau bisnis potensial. Dengan ini, risiko kerugian pun bisa semakin diminimalisir.

4. Membeli Saham Bisnis UMKM di Platform yang Terpercaya

Selain mengantongi izin OJK, memahami nilai-nilai yang dikedepankan oleh sebuah platform equity crowdfunding sebagai pihak penyelenggara juga menjadi penentu integrasi dan eligibilitas platform. Sebuah platform urun dana yang baik akan memberikan informasi atau prospectus yang lengkap, transparan, dan terpercaya terkait bisnis pemilik usaha sehingga investor dapat lebih mudah menentukan prospek investasi dan membeli saham bisnis UMKM yang diinginkan. 

Cara Memiliki Saham UKM di LandX

Dalam skema equity crowdfunding, terdapat tiga pihak yang terlibat, yakni bisnis yang membutuhkan pendanaan (penerbit), platform online penyelenggara, dan investor. Pihak penerbit diharuskan untuk mengajukan proposal atau prospektus yang berisi informasi bisnis, proyek yang akan dijalankan, dan prospek usaha kedepannya ke platform LandX. 

LandX akan melakukan verifikasi secara menyeluruh tentang bisnis yang diajukan hingga akhirnya bisnis bisa listing atau tercatat dibuka kepada publik secara online. 

Jadi jika kamu tertarik untuk segera memulai investasi saham UMKM, LandX hadir sebagai penyedia layanan crowdfunding UMKM yang sudah berpengalaman menghimpun dan menyalurkan dana kepada banyak sektor bisnis dan berbagai UKM yang potensial. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai langkahmu terjun di pasar saham UMKM dan investasi sejak dini untuk meraih keuntungan jangka panjang sekarang juga ya!

Yuk Saham Bisnis UMKM Cuma dengan Modal 1 Juta di LandX Sekarang!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga