menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Cara Menginvestasikan Uang di Usia Muda yang Baik

Monday, 12 Sep 2022

Read in 9 minutes

Author: Della Octavilia
Memahami strategi bagaimana cara uang bagi anak muda

Bagaimana cara menginvestasikan uang di usia mudah dengan benar dan efektif? Yuk, pelajari bagaimana cara investasi yang benar demi menciptakan kondisi finansial yang stabil!

Kamu yang masih di usia produktif, penting banget loh mengetahui cara menginvestasikan uang di usia muda. Karena  jika kamu telah mengetahui cara menginvestasikan uang yang benar, di masa tua nanti kamu telah memiliki kesiapan dalam kondisi finansial mu.

Tetapi, masih banyak anak muda saat ini yang belum memulai investasi karena lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk kesenangan semata. Padahal dengan investasi dapat membantu mewujudkan tujuan keuangan kamu di masa mendatang.

Di artikel ini kita akan membahas cara menginvestasikan uang di usia muda. Mulai dari perencanaan awalnya, hingga tips investasi untuk anak muda agar terciptanya kondisi finansial yang stabil dan terjamin di masa mendatang.

Jadi, ikuti terus artikel ini ya!

Alasan Berinvestasi di Usia Muda

Nah, sebelum kita membahas cara investasi uang bagi anak muda, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kenapa harus memulai investasi uang di usia muda. Kenapa ya kira-kira?

Jika kamu sudah tahu alasan mengapa kamu ingin berinvestasi di usia muda, nantinya kamu sudah mengetahui target yang akan kamu capai saat berinvestasi nanti, dan kamu sudah dapat mengimplementasikan cara menginvestasikan uang bagi anak muda dengan efektif.

Berikut ini beberapa alasan berinvestasi di usia muda, diantaranya yaitu:

1. Membantu Mewujudkan Tujuan Keuangan

Nah, kamu pasti memiliki tujuan keuangan untuk jangka panjang kan? Mungkin kamu memiliki cita-cita untuk mempunyai rumah sendiri beberapa tahun lagi, atau kamu berencana untuk membangun bisnis kedepannya?

Hal ini dinamakan dengan tujuan keuangan di masa mendatang. Tentunya jika kamu ingin mewujudkan tujuan keuangan, kamu perlu memiliki modal yang tidak sedikit. Dalam mencapai tujuan ini, memahami cara investasi adalah kuncinya.

Jika kamu memulai investasi sejak dini saat kamu masih muda, tentunya dapat membantu mewujudkan tujuan keuangan tersebut. Nantinya, keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi bisa kamu gunakan untuk mewujudkan rencana kamu untuk memiliki rumah atau membangu usaha.

Jadi, penting ya untuk sedini mungkin kamu mengetahui cara investasi yang benar.

2. Menciptakan Sumber Keuangan Baru

Dengan berinvestasi tentunya kamu bisa menciptakan sumber keuangan baru. Karena nilai keuangan kamu memiliki potensi bertambah saat kamu berinvestasi.

Hal ini tentu berbeda saat kamu hanya menabung saja, nilai uang kamu tidak akan bertambah dalam jangka panjang, melainkan hanya diam saja sesuai dengan besaran uang yang kamu simpan.

Sumber keuangan baru ini yang bisa kamu dapat dari investasi bisa kamu gunakan untuk keperluan di masa tua nanti.

3. Mempersiapkan Dana Pensiun

Mungkin masih banyak anak muda diluar sana yang belum memikirkan dana pensiun, mereka cenderung memikirkan berapa banyak uang yang mereka miliki saat itu juga.

Namun, jika kamu telah memikirkan bagaimana mempersiapkan dana pensiun, maka kamu selangkah lebih maju dari mereka yang belum mempersiapkan dana pensiun. Padahal, dana pensiun itu harus dipersiapkan secepat mungkin, karena kamu tidak mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya dan kamu pun tidak selamanya akan bekerja, kan?

Jika kamu sudah tidak bekerja lagi, kamu bisa mendapatkan pendapatan dari mana, dan bagaimana kamu bisa memenuhi kehidupan sehari-hari mu? Apalagi, jika ternyata kamu masih memiliki kewajiban yang harus dibayarkan secara rutin?

Maka dari itu, jika kamu telah mengetahui cara menginvestasikan uang bagi anak muda, dan kamu telah memulai investasi. Nantinya, keuntungan dari investasi yang kamu lakukan bisa digunakan untuk dana pensiun di masa tua nanti.

4. Biarkan Uang yang Bekerja Untuk Kamu

Saat kamu menabung uang yang kamu simpan tidak akan bekerja untuk kamu, sehingga nilainya pun tidak bertambah.

Namun berbeda dengan investasi uang, dana yang kamu investasikan berpotensi menghasilkan keuntungan, dimana berarti uang yang bekerja untuk kamu.

Cara Kerja Investasi

Sebelum memulai investasi, kamu harus cari tahu bagaimana cara kerja investasi. Agar, investasi yang akan kamu jalankan dapat memberikan return yang maksimal dan kamu dapat meminimalisir segala risiko.

Berikut ini beberapa cara kerja investasi, yaitu:

1. Keuntungan Berupa Dividen

Nantinya, saat berinvestasi saham kamu akan mendapatkan keuntungan berupa dividen. Dividen adalah pembagian laba perusahaan pada para pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Emiten akan mengeluarkan dividen mengeluarkan dividen dan dibagikan pada investor, setiap kali perusahaannya memperoleh keuntungan. Umumnya dividen akan dibagikan pada pemilik saham per tahun berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

2. Besaran Dividen yang Diberikan Tergantung Pada Banyaknya Saham

Nah, saat mendapatkan dividen sendiri besarnya akan sesuai dari jumlah saham yang kamu miliki di suatu perusahaan.

Ketika kamu memiliki banyak lembar saham, maka kamu berpotensi mendapatkan dividen yang banyak. Jika begitu, berarti kamu juga harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit.

3. Membutuhkan Analisis Fundamental

Sebelum membeli saham, pastikan kamu telah menganalisis laporan keuangan dari perusahaan yang akan kamu tanamkan modalnya. Cari tahu dulu jika perusahaan  tersebut memiliki laporan keuangan yang stabil minimal tiga tahun kebelakang.

Jika kamu dapat memilih perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang stabil, maka kamu nantinya berpotensi mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cara Menginvestasikan Uang di Usia Muda

Kamu yang baru saja ingin memulai investasi, namun masih belum mengetahui bagaimana cara investasi yang benar dan cara kerja investasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini agar dapat memulai investasi uang yang dapat berpotensi menghasilkan keuntungan untuk ke depannya.

Cara menginvestasikan uang bagi anak muda diantaranya, yaitu:

1. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai investasi uang adalah dengan menentukan jangka waktu dalam investasi. Dengan membuat jangka waktu pencapaian investasi, kamu bisa mengetahui berapa banyak target yang akan kamu raih dari jangka waktu investasi tersebut.  

Jika kamu ingin menentukan jangka waktu investasi, umumnya dibagi menjadi tiga jangka waktu, yang di antaranya adalah:

  • Tujuan jangka pendek biasanya dilakukan selama kurang dari tiga tahun
  • Tujuan jangka menengah, yaitu dilakukan selama  3-5 tahun.
  • Tujuan jangka panjang, yaitu dilakukan dengan lebih dari 5 tahun

2. Tentukan Instrumen Investasi

Cara menginvestasikan uang bagi pemuda di langkah selanjutnya adalah dengan memilih instrumen investasi. Tetapi sebelum memilih instrumen investasi, terlebih dahulu kamu perlu mempertimbangkan profil kamu sebagai investor dengan instrumen investasi yang akan dipilih.

Terdapat tiga kategori profil risiko yang dapat kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Investor konservatif adalah investor yang menyukai investasi stabil
  • Investor moderat adalah investor yang dapat menerima fluktuasi saham dan cukup puas jika investasi melampaui tingkat inflasi
  • Investor agresif, adalah investor yang atas segala risiko kerugian bahkan dengan fluktuasi tajam.

Nah, selanjutnya kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profill risiko sebelumnya. Adapun beberapa instrumen investasi untuk anak muda dan kaum pemula yang baru akan memulai investasi, yaitu:

1. Investasi Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi uang yang banyak dipilih oleh anak muda dan pemula. Bahkan, kamu yang masih pemula dan memiliki skill yang terbatas bisa memulai investasi Reksa dana.

Karena, dana yang kamu tanamkan akan diolah oleh Manajer Investasi (MI), dan dana kamu akan dialokasikan ke beberapa instrumen lainnya yang berpotensi memberikan keuntungan.

2. Investasi Saham

Cara investasi uang bagi anak muda lainnya yaitu dengan investasi saham. Investasi saham merupakan instrumen investasi lainnya yang banyak dipilih oleh anak muda karena dapat dilakukan dengan mudah dan hanya dengan bermodal handphone saja sudah dapat mulai berinvestasi saham.

Nah, salah satu investasi saham yang dapat kamu lakukan yaitu dengan kamu menanamkan saham di salah satu bisnis secara patungan di LandX. Nantinya kamu akan menjadi salah satu orang yang memiliki saham di bisnis yang berpotensi.

Kamu pun yang memutuskan untuk berinvestasi saham berpotensi mendapatkan keuntungan dari kegiatan jual-beli kepemilikan saham serta dividen dari bisnis yang telah kamu danai secara patungan.

3. Deposito Berjangka

Jika kamu memilih investasi untuk jangka panjang, kamu bisa memilih untuk berinvestasi di deposito berjangka untuk persiapan masa tua nanti.

Cara kerja investasi deposito berjangka juga dapat dilakukan secara sederhana, di mana saat memulainya kamu hanya perlu menyimpan sejumlah uang dalam periode tertentu dan kamu juga akan mendapatkan keuntungan berupa bunga dari waktu ke waktu.

4. Investasi Emas

Investasi emas telah dipilih oleh banyak orang sejak dulu hingga saat ini. Bahkan, banyak juga kaum muda yang memilih untuk berinvestasi emas karena caranya yang mudah dan investasi emas dinilai memiliki kestabilan dalam nilainya.

Saat kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, kamu bisa membeli emas batangan dengan berbagai macam berat, baik dibeli secara digital atau secara fisik.

5. Investasi Cryptocurrency

Cara invest uang lainnya yang sedang marak dilakukan oleh kaum muda, yaitu investasi cryptocurrency. 

Banyak kaum muda yang memutuskan untuk memilih investasi ini dengan menaruh uang mereka dalam bentuk kripto yang bertujuan agar mendapatkan kenaikan nilai dalam jangka waktu tertentu.

3. Membuka Rekening Investasi

Langkah selanjutnya dari cara menginvestasikan uang di usia muda adalah dengan membuka rekening investasi. Salah satu syarat investasi di pasar modal adalah kamu diharuskan untuk membuat rekening investasi.

Jika kamu memulai investasi secara online, maka kamu dapat membuka rekening investasi melalui perusahaan sekuritas. Sebelum membuka rekening investasi, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan. 

Pada umumnya, dokumen yang harus kamu persiapkan saat membuka rekening investasi adalah KTP, NPWP, nomor rekening, serta kamu harus melakukan pengisian formulir initial investment.


Baca Juga:


Saat memulai investasi, kamu bisa melakukan diversifikasi investasi dengan menempatkan beberapa dana yang kamu miliki di beberapa instrumen investasi dengan karakteristik berbeda.

Kamu bisa menempatkan dana yang dimiliki ke beberapa macam aset seperti saham, reksa dana, emas, hingga deposito. Diversifikasi investasi dilakukan agar kamu berkesempatan mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal.

5. Mulai Investasi dari Modal Kecil

Mungkin masih banyak kaum muda yang berpikir jika ingin melakukan investasi harus dimulai dengan modal yang besar agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Padahal, kamu tidak perlu menunggu hingga memiliki dana yang besar untuk dijadikan modal. Dengan hanya modal Rp1 jutaan saja kamu sudah bisa memulai investasi, salah satu instrumen investasi yang dapat dimulai dengan modal minim adalah investasi equity crowdfunding.

Kamu bisa memulai investasi dengan modal yang minim, asalkan kamu telah mencari tahu dahulu tempat investasi atau platform yang akan kamu pilih sudah terjamin atau belum, serta apakah platform yang kamu pilih terbukti memiliki riwayat yang baik selama lima tahun belakang dan tela

6. Selalu Menambah Ilmu Soal Investasi

Nah saat baru mulai investasi ataupun yang sudah berpengalaman, kamu tetap harus selalu menambah ilmu seputar investasi. Agar investasi yang sedang kamu jalankan bisa memberikan return yang maksimal, dan walaupun nanti mendapatkan risiko rugi kamu tidak akan langsung menyerah dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Mulai Investasi Equity Crowdfunding Bersama LandX

Nah, kita telah membahas cara menginvestasikan uang di usia muda. Jika kamu telah memulai investasi uang sedini mungkin, di masa tua nanti kamu telah memiliki finansial yang stabil karena sudah dipersiapkan sedari awal.

Salah satu instrumen investasi lainnya yang dapat kamu lakukan sebagai anak muda adalah dengan investasi sistem equity crowdfunding.

Melalui equity crowdfunding, kamu akan melakukan pendanaan terhadap salah satu bisnis UMKM berpotensi secara patungan dengan beberapa investor lain. Nantinya kamu berpotensi mendapatkan keuntungan yang berupa dividen dari bisnis yang telah kamu danai sebelumnya.

Kamu juga dapat memulai investasi equity crowdfunding dengan modal yang kecil, yakni mulai dari Rp1 jutaan saja. Di LandX kamu bisa memulai pendanaan di berbagai macam industri bisnis yang berpotensi seperti bisnis kuliner, hingga bisnis properti.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya dan telah memiliki market cap terbesar se-Indonesia. Sebagai platform equity crowdfunding, LandX  juga telah mengantongi izin dari OJK, sehingga telah terjamin keamanannya.

Jadi, tunggu apalagi? Mulai sekarang juga dan nikmati hasilnya kemudian.

Mulai Pendanaan Bisnis Impianmu di  LandX  Sekarang Juga!