Pada saat ini istilah investor pasti sudah menjadi istilah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi anda yang baru mulai belajar cara pengembangan uang melalui investasi.

Istilah ini juga kian populer karena saat ini masyarakat semakin melek investasi sehingga banyak yang mulai terjun ke dunia investasi.

Investasi sendiri merupakan kegiatan menanamkan modal terhadap suatu proyek atau kegiatan ekonomi dengan harapan bisa mendapatkan return atau keuntungan di masa mendatang. Sedangkan investor adalah orang yang bertindak sebagai penanam modal di proyek tersebut.

Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut apa itu investor dan bagaimana cara menjadi investor dengan modal kecil yang membantu pengembangan modal anda.

Table of Content

Apa Itu Investor?

Simpelnya, investor merupakan orang yang melakukan investasi atau penanaman modal. Investor merupakan individu/organisasi yang menanamkan modalnya terhadap suatu proyek dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Oleh sebab itu, apabila anda terlibat menanamkan modal dalam suatu bisnis melalui berbagai skema, maka anda bisa menyebut diri anda sebagai investor.

Sebagai investor anda tentu saja menginginkan pengembalian yang lebih besar sehingga anda harus melakukan analisis sebelum memutuskan untuk menanamkan modal ke dalam suatu proyek.

Karena itu, salah satu cara menjadi investor adalah dengan mempertajam analisis kita terhadap potensi suatu bisnis dalam jangka panjang.

Akan tetapi, banyak orang salah kaprah dengan istilah ini dan menganggap bahwa investor istilah yang digunakan untuk orang yang melakukan investasi dengan modal kecil besar saja. Padahal orang yang menanamkan modal dengan nominal kecil sekali pun dapat tetap bisa disebut investor.

Apabila anda belum tahu cara menjadi investor dengan modal kecil, mari kita bahas bagaimana cara menjadi investor dengan modal kecil.

Cara Menjadi Investor dengan Modal Kecil

Apabila anda ingin menjadi investor dan mau mulai berinvestasi, sebenarnya anda bisa melakukan hal ini melalui berbagai cara karena tersedia banyak instrumen investasi bisa disesuaikan dengan budget dan tujuan investasi anda. Karena itu, berikut beberapa cara menjadi investor yang bisa anda coba.

1. Mulai dengan Sesuatu yang Sangat Anda Pahami

Salah satu cara terbaik untuk menjadi investor mulai berinvestasi dengan instrumen yang paling anda pahami sehingga investasi yang anda lakukan menjadi semakin mudah. Memahami suatu instrumen dengan baik membuat anda lebih mudah membuat keputusan investasi sehingga potensi keuntungan pun akan ikut meningkat.

Apabila anda masih kesulitan menganalisis saham, maka anda bisa mulai dengan skala yang lebih kecil yaitu investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding. Instrumen ini akan lebih mudah untuk anda analisis, karena bisnis yang akan anda danai merupakan berbagai bisnis potensial yang ada di sekitar anda sehingga analisis keuntungannya menjadi lebih mudah.

2. Mulai Menentukan Profil Risiko

Apabila anda ingin menjadi investor, anda tidak boleh lupa menentukan profil risiko anda. Menentukan profil risiko merupakan cara investor untuk menentukan instrumen investasi seperti apa yang akan dilakukan.

Menentukan profil risiko artinya anda harus menentukan berada besar risiko yang berani anda hadapi saat berinvestasi. Dengan begitu, anda akan semakin mudah menemukan investasi terbaik yang sesuai dengan kemampuan anda dalam menanggung risiko.

Sebagai investor pemula, hal ini merupakan salah satu cara menemukan investasi yang paling tepat untuk anda.

3. Menentukan Rencana Investasi Jangka Panjang

Selanjutnya, sebagai investor anda tidak boleh lupa membuat perencanaan investasi jangka panjang agar anda bisa melakukan diversifikasi terbaik terhadap modal yang anda miliki. Hal ini mencakup instrumen apa saja yang akan digunakan untuk strategi diversifikasi anda.

Selain itu, menyusun rencana panjang perlu dilakukan investor agar mereka membuat proyeksi keuangan yang ingin dicapai dalam beberapa periode mendatang.

Apabila anda mulai investasi ke dalam suatu bisnis, maka anda harus menghitung berapa return yang ingin anda dapatkan dan berapa dana yang harus diinvestasikan untuk mencapai hal tersebut.

4. Memulai Investasi Bisnis Modal Kecil

Berikutnya, sebagai investor anda tidak boleh lupa membangun investasi yang bisa memberikan anda passive income dalam jangka panjang sehingga modal yang anda miliki menjadi lebih optimal.

Salah satu caranya adalah dengan mulai melakukan investasi bisnis yang berpotensi memberikan anda keuntungan jangka panjang melalui dividen yang nilainya berdasarkan keuntungan suatu bisnis.

Investasi bisnis juga sekarang menjadi sangat mudah dan bisa dimulai dengan modal kecil karena sekarang sudah ada platform equity crowdfunding untuk anda yang ingin patungan bisnis.

5. Menentukan Bisnis/Proyek Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Apabila anda ingin menjadi investor bagi berbagai bisnis potensial, anda harus bisa menganalisis bisnis bagaimana potensi keuntungan dari bisnis yang akan anda danai.

Karena itu, anda harus bisa menemukan bisnis dengan potensi perkembangan yang baik dalam jangka panjang. Akan tetapi, dengan memilih platform equity crowdfunding terpercaya, memilih bisnis menjadi terbaik menjadi semakin mudah karena sebagai penyelenggara mereka akan menyeleksi terlebih dahulu bisnis yang akan mereka listing kepada masyarakat.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang bisa membantu anda sebagai investor menemukan bisnis terbaik untuk didanai.

LandX memberikan anda pilihan bisnis dari berbagai sektor seperti F&B, Jasa, Properti, dan berbagai sektor lain yang sangat potensial untuk investasi jangka panjang anda.

Investasi bisnis di LandX pun sangat mudah dan membutuhkan modal yang relatif kecil. Hanya dengan 1 juta rupiah saja anda sudah bisa memiliki bagian di berbagai bisnis potensial yang ada di LandX. Karena itu, yuk…

Mulai Investasi Bisnis Modal Kecil Bersama LandX Hanya dengan 1 Juta

Jangan Lupa!!! Follow Juga Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Informasi Terupdate Seputar Investasi

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: