Di tengah kondisi pasar modal yang masih belum stabil karena tapering dan masa pemulihan ekonomi, investasi UMKM adalah alternatif investasi yang bisa anda coba mengingat sektor privat cenderung stabil dan tidak terdampak tapering.

Selain itu, sektor UMKM merupakan sektor rill dengan prospek keuntungan yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang apabila dibangun dan dikelola dengan baik. Hal ini menjadikan investasi UMKM menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang.

Dulu, akses investasi ke sektor privat seperti UMKM bukanlah hal yang mudah karena biasanya membutuhkan modal yang cukup untuk memasuki sektor ini. Namun, seiring perkembangan zaman hal ini menjadi lebih mudah karena kini tersedia beberapa sistem investasi bisnis modal kecil yang sangat mudah diakses dengan sistem online.

Supaya investasi ke UMKM yang kamu lakukan bisa menguntungkan, mari kita bahas berbagai sistem dan pertimbangan penting untuk memulai investasi UMKM modal kecil.


Table of Content


Pertimbangan Penting Saat Mulai Berinvestasi ke UMKM

Untuk kamu yang mau mulai berinvestasi ke UMKM, berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

1. Prospek Bisnis dalam Jangka Panjang

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi ke dalam suatu UMKM, anda harus melihat bagaimana prospek UMKM tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Karena itu, kamu harus melihat apakah bisnis ini bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat di pasaran.

Dalam melihat prospek suatu bisnis, anda harus melihat apakah produk yang ditawarkan merupakan produk yang sangat potensial untuk saat ini maupun di masa mendatang. Contohnya, kamu bisa berinvestasi ke bisnis yang bergerak di bidang perikanan yang potensi ekspornya sangat besar dalam jangka panjang melihat semakin besarnya permintaan produk ini dari waktu ke waktu.

2. Mitigasi Risiko dalam Bisnis

Dalam bisnis, terdapat banyak sekali potensi risiko yang muncul selama proses perjalanannya. Untuk memperkecil dampak dari risiko tidak terduga tersebut, maka bisnis/ UMKM yang baik harus memiliki strategi mitigasi risiko untuk menghadapi hal ini.

Karena itu, anda perlu memastikan bahwa UMKM yang akan anda danai sudah melakukan ini agar investasi yang anda lakukan menjadi jauh lebih aman.

Contohnya, dalam bisnis penangkapan ikan perusahaan akan mengasuransikan kapal penangkap ikan yang mereka miliki agar memperkecil risiko kerugian yang terjadi apabila terjadi masalah selama proses penangkapan ikan.

Setiap bisnis akan memiliki strategi mitigasi yang berbeda sehingga anda harus memperhatikan poin ini dengan baik sebelum berinvestasi.

3. Tingkat Return

Return atau keuntungan tentu saja hal utama yang menjadi pertimbangan seseorang saat berinvestasi. Akan tetapi, anda tidak boleh lupa bahwa keuntungan dan risiko merupakan dua hal yang datang secara bersamaan sehingga keuntungan besar pasti dengan diikuti risiko kerugian yang besar pula.

Hal ini harus anda tanamkan dalam mindset anda saat berinvestasi sehingga anda bisa menilai suatu investasi dengan rasional. Saat mendanai suatu UMKM anda harus melihat apakah return yang ditawarkan sepadan dengan risiko-risiko yang mungkin saja muncul selama proses investasi.

Idealnya tentu saja semua orang mencari return besar dengan risiko minim, tapi tentu saja investasi seperti ini akan sulit dicari. Saat berinvestasi ke dalam UMKM, anda harus melihat bisnis yang menawarkan return sepadan atau lebih besar dibandingkan risiko yang muncul.

4. Kualitas Pengelolaan Bisnis

Mengelola bisnis bukanlah hal yang mudah, seperti yang kita tahu banyak sekali bisnis yang gagal pada tahun pertamanya karena tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, anda perlu melihat siapa orang dibalik suatu bisnis atau UMKM yang akan anda danai untuk melihat bagaimana portofolio mereka dalam mengelola suatu bisnis.

Hal ini penting agar kita bisa memastikan bahwa bisnis yang akan kita danai dikelola oleh tangan yang tepat sehingga bisa berjalan dengan optimal.

Cara Investasi UMKM yang Bisa Anda Coba

Selanjutnya, mari kita bahas cara investasi ke UMKM modal kecil yang bisa anda coba.

1. Investasi Bisnis Melalui P2P Lending

P2P lending merupakan konsep pendanaan di mana investor berperan sebagai pihak yang akan meminjamkan uang kepada pihak yang membutuhkan dana untuk sebuah bisnis atau proyek.

Akan tetapi investor hanya berpihak sebagai orang yang akan meminjamkan dana dan tidak mendapatkan saham kepemilikan dari bisnis tersebut. Investor akan mendapatkan return berupa bunga dari pinjaman yang akan dibayarkan pada akhir periode yang sudah dijanjikan.

Sistem ini bisa dibilang memiliki risiko cukup tinggi karena adanya risiko gagal bayar yang terjadi karena berbagai kondisi tidak terduga yang bisa membuat suatu bisnis mengalami kebangkrutan.

2. Equity Crowdfunding (ECF)

Crowdfunding adalah investasi yang dilakukan dengan patungan dari beberapa orang untuk membangun sebuah bisnis atau proyek. Dalam crowdfunding investor akan diberikan porsi kepemilikan sesuai dengan besar modal yang mereka tanamkan.

Crowdfunding membuat investor menjadi pihak yang memiliki saham sehingga mereka akan mendapatkan keuntungan dari dividen sesuai dengan keuntungan sebuah bisnis setiap periode yang sudah ditentukan.

Oleh sebab itu, sistem ini sering juga disebut patungan bisnis karena bisnis ini dibangun dari patungan para investor melalui platform equity crowdfunding.

Berinvestasi dengan sistem ini sangat menjanjikan asalkan anda berinvestasi di platfrom equity crowdfunding terpercaya yang membantu anda menemukan pilihan bisnis terbaik untuk didanai.

Memperkecil Risiko Investasi Melalui Equity Crowdfunding

Kunci utama investasi bisnis melalui equity crowdfunding adalah platform yang baik dengan pilihan berbagai bisnis potensial yang bisa memberikan anda keuntungan jangka panjang. Dengan memilih platform crowdfunding yang sudah memiliki rekam jejak baik dalam mendanai bisnis.

Platform equity crowdfunding merupakan pintu awal yang akan menyaring dan menganalisis apakah sebuah bisnis potensial untuk didanai dan menghasilkan keuntungan bagi para investor. Karena itu, tunggu apalagi..

Yuk Ikut Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Jangan Lupa Follow Juga Instagram Kamii di @landx.id Supaya Tetap Update Berbagai Informasi Menarik Seputar Investasi


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungk


Baca Juga