menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa itu Cash Flow: Komponen dan Cara Menghitung Cash Flow

Monday, 26 Jul 2021

Read in 5 minutes

Author: Abdul Wahhab
Apa itu cash flow artinya dan bagaimana menghitung cash flow dengan baik

Dalam mengatur keuangan, menyusun cash flow adalah salah satu hal penting yang harus kamu lakukan sedini mungkin. Karena itu, yuk kita bahas apa itu cash flow dan bagaimana cara menghitung cash flow dengan baik.

Berbicara tentang manajemen keuangan yang baik, cash flow adalah salah satu kunci membangun manajemen keuangan yang lebih baik. Mendengar kata cash flow mungkin membuat sebagian orang berpikir mengatur cash flow artinya hanya perlu dilakukan oleh bisnis atau profesional sehingga mereka jarang mengatur cash flow dengan baik.

Padahal, cash flow adalah bagian penting yang harus diatur dengan baik apabila seseorang ingin mencapai kondisi finansial yang lebih baik di masa mendatang. Memahami konsep cash flow artinya juga akan membantu anda melakukan investasi lebih baik, karena anda menjadi paham apa saja yang perlu anda lakukan agar anda bisa membangun cash flow yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Oleh sebab itu, memahami apa itu cash flow sangat penting apabila anda ingin memiliki manajemen keuangan yang lebih baik. Lebih lanjut, mari kita bahas lebih lanjut apa itu cash flow.

Pengertian Cash Flow

Pertama-tama, mari kita bahas dulu pengertian dari cash flow agar kamu paham dengan baik tentang apa itu cash flow.

Cash flow adalah arus kas atau upaya untuk melacak pergerakan uang yang anda miliki sehingga mempermudah seseorang melacak pergerakan keuangan mereka.

Dalam bisnis, cashflow adalah hal penting untuk melacak uang masuk dan uang keluar dari suatu bisnis sehingga membantu anda mengambil keputusan keuangan yang lebih baik pada periode berikutnya.

Dalam konteks individu, mencatat cash flow dengan baik sangat penting untuk membantu anda mengambil keputusan keuangan yang lebih baik pada periode berikutnya. Hal ini bisa membantu anda memahami langkah apa saja yang perlu anda ambil agar anda bisa mencapai cash flow yang optimal.

Mencatat cash flow artinya menuntuk anda kepada cara mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan mulai menyusun strategi untuk meningkatkan pendapatan seperti mulai berinvestasi yang bisa meningkatkan pendapatan anda.

Komponen Cash Flow

Dalam cash flow atau arus kas, pendapatan dan pengeluaran merupakan dua komponen utama. Apabila berbicara dalam konteks bisnis pendapatan merupakan penjualan dan berbagai pemasukan lain yang didapatkan selama satu periode.

Namun, apabila anda mencatat keuangan pribadi, pendapatan merupakan gaji atau pemasukan yang anda terima setiap bulannya dan pengeluaran merupakan berbagai beban yang harus anda tanggung seperti pajak, berbagai tagihan, atau berbagai kebutuhan rumah tangga yang harus anda tanggung.

Idealnya setiap orang tentu saja menginginkan cash flow yang positif, termasuk dalam bisnis. Manfaat cash flow positif adalah menunjukkan bahwa bisnis berjalan dengan baik dan sudah menghasilkan keuntungan.

Kalau konsep ini diterapkan sehari-hari artinya anda harus berusaha memaksimalkan pendapatan anda dan menekan berbagai pengeluaran tidak penting dalam hidup anda.

Oleh sebab itu, anda harus berusaha menambah sumber pemasukan seperti mencari pekerjaan tambahan dan mengoptimalkan investasi agar penghasilan yang anda terima bisa semakin besar lagi. Untuk anda yang sedang menyusun rencana keuangan, berikut tips agar anda memiliki cash flow yang baik.

Cara Menghitung Cashflow dengan Baik

Dalam menganalisis arus kas, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana pencatatan keuangan yang kamu lakukan apakah sudah baik atau belum.

Pencatatan pemasukan dan pengeluaran dengan baik ini akan membantu kamu menghitung keputusan keuangan mana yang perlu dioptimalkan lagi di masa mendatang. Oleh sebab itu, pencatatan ini menjadi sangat penting agar kita bisa melacak dengan baik uang yang kita miliki.

Menyusun cash flow artinya kita memiliki pencatatan finansial yang lebih baik sehingga kita bisa mencatat keluar masuk uang yang kamu miliki. Dengan perhitungan cash flow yang baik, maka kamu bisa melihat keputusan keuangan seperti apa saja yang perlu kita ambil untuk menjaga kestabilan arus kas kita dalam jangka panjang.

Tips Membangun Cash Flow yang Baik

Menyusun Anggaran Keuangan dengan Baik

Walaupun terdengar sangat basic dan klise, menyusun anggaran keuangan dengan baik merupakan hal yang sangat penting untuk membangun kondisi keuangan yang lebih baik.

Menyusun budget dengan tepat akan membantu anda menentukan skala prioritas dari kebijakan keuangan yang akan anda ambil sehingga anda terhindar dari pengeluaran yang tidak penting. Hal ini menjadi kunci dari manajemen keuangan yang baik karena anda bisa mengatur untuk memaksimalkan tabungan dan investasi yang akan membantu anda membangun kondisi keuangan yang lebih baik.

Memanfaatkan Kredit dengan Bijak

Berbicara soal kredit tidak selalu tentang hal negatif yang akan merusak kondisi keuangan anda karena kredit akan membantu mengoptimalkan cash flow apabila dimanfaatkan dengan tepat. Memberi barang secara kredit sebenarnya bisa membantu anda mengamankan cash yang anda miliki dan cash tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang bisa memberikan anda keuntungan seperti berinvestasi. Akan tetapi, berinvestasi tentu saja memiliki risiko sehingga anda harus memiliki pertimbangan yang baik sebelum melakukan hal tersebut.

Selain itu, memiliki riwayat kredit yang baik juga merupakan hal penting karena akan mempermudah anda mendapatkan pinjaman apabila memiliki kredit yang baik.

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Dalam mengembangkan uang yang anda miliki, berhemat saja tidak cukup sehingga anda perlu meningkatkan pendapatan yang anda terima. Oleh sebab itu anda harus mulai mencari sumber uang tambahan seperti pekerjaan sampingan atau memulai investasi bisnis yang bisa memberikan anda dividen yang akan membantu meningkatkan penghasilan anda.

Investasi bisnis merupakan solusi mengoptimalkan pendapatan anda melalui passive income yang berasal dari dividen yang jumlahnya akan tergantung dengan besar keuntungan suatu bisnis. Semakin berkembang suatu bisnis, maka semakin besar pula passive income yang akan terima.

Selain itu, investasi bisnis kini semakin mudah dan dapat dimulai dengan modal kecil dengan sistem urun dana atau equity crowdfunding. Sistem ini membuat anda bisa memulai investasi bisnis modal kecil untuk memaksimalkan pemasukan anda melalui keuntungan dari bisnis yang anda danai.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang akan membantu anda menemukan bisnis terbaik yang bisa anda danai untuk memaksimalkan passive income anda.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Modal Kecil di LandX untuk Cash Flow Lebih Optimal

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi.

Baca Juga:

#SekarangBisa

Baca Juga