Memahami Konsep Compound Interest

Dalam investasi, compound interest merupakan salah istilah yang sering kali dibahas karena dinilai sebagai salah satu pertimbangan penting yang membantu pengembangan investasi yang anda miliki.

Compound interest atau bunga majemuk adalah sistem perhitungan bunga yang berdasarkan jumlah pinjaman pokok ditambah total bunga yang sudah didapatkan sebelumnya. Artinya besar bunga dihitung dari total uang yang sudah ditambahkan perolehan bunga periode sebelumnya.

Karena itu, compounding interest juga bisa disebut sebagai bunga yang berbunga karena bunga yang sudah didapatkan akan menghasilkan bunga lagi pada periode berikutnya.

Sistem compound interest atau bunga majemuk merupakan sistem yang membuat dana anda bisa bertumbuh dengan lebih cepat karena pertumbuhan dari dana yang anda miliki akan bersifat eksponensial.

Sistem ini lebih menguntungkan dibandingkan simple interest atau bunga tunggal yang perhitungan bunganya berdasarkan pinjaman pokoknya saja.

Agar lebih jelas, mari kita bahas secara lebih detail tentang apa itu compound interest…...

Table of Content:

Apa Itu Compound Interest

Compound interest merupakan konsep yang pertama kali dikenalkan di Italia pada abad ke 17 yang dinilai sebagai sistem “bunga yang berbunga” yang bisa membuat nilai uang yang anda miliki bisa menjadi lebih cepat.

Hal ini membuat semakin besarnya bunga yang diterima dari waktu ke waktu. Apabila digambarkan dalam grafik, bunga yang anda dapatkan dengan sistem compound ini membentuk grafik eksponensial sehingga keuntungan menjadi lebih besar dibandingkan simple interest atau bunga tunggal.

Compound interest dikenal juga dengan istilah “bunga yang berbunga”

Walaupun awalnya bergerak agak lambat, sistem ini akan memberikan keuntungan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu sehingga sering muncul istilah keajaiban compound interest yang mempercepat perkembangan uang yang diinvestasikan dengan sistem ini.

Oleh sebab itu, semakin panjang periode investasi, maka semakin jumlah bunga yang akan diterima pun ikut berkembang.

Cara Menghitung Compound Interest

Bunga majemuk adalah penjumlah dari modal pokok dan total bunga yang akan anda dapatkan di akhir periode investasi (future value) dikurangi dengan present value atau nilai uang pada saat ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan rumus di bawah ini.

rumus-yang-digunakan-untuk-menghitung-compound-interest-dalam-proses-keuangan

rumus compound interest

Untuk mempermudah anda memahami mari simak pembahasan di bawah ini:

Apabila anda menabung menyimpan uang 10 juta selama 5 tahun dengan tingkat bunga 5%, mari kita hitung besar bunga majemuknya.

= 10.000.000[(1,005)5-1]

= 10.000.000[1,27628156-1]

= 2.762.815,6

Apabila anda menggunakan sistem bunga manajemuka maka besar bunga yang akan anda dapatkan adalah senilai Rp 2.762.815,6.

Jumlah bunga ini memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan menggunakan sistem bunga tunggal atau simple interest, untuk membuktikan itu mari kita coba perhitungan bunga dengan sistem simple interest

= P x i x n

= 10.000.000 x 0,05 x 5

= 2.500.000

Dari perhitungan ini terlihat bukan bahwa sistem bunga majemuk memberikan bunga yang  lebih besar dan jumlahnya akan terus meningkat apabila dilakukan dengan periode yang lebih panjang.

Hal ini karena besar bunga yang akan anda terima akan meningkat setiap periodenya mengikuti perkembangan bunga periode sebelumnya.


Artikel Terkait:


Compounding dalam Investasi

Dalam investasi, kita sering mendengar istilah compounding effect di mana keuntungan investasi anda bisa menjadi berlipat karena return dari investasi sebelumnya diinvestasikan kembali sehingga keuntungan yang diterima dari setiap periode semakin meningkat.

Apabila menerapkan konsep ini untuk investasi jangka panjang maka anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang berlipat di masa mendatang. Akan tetapi, hal ini kembali lagi kepada instrumen investasi yang akan anda pilih karena setiap investasi memiliki profil risiko yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, anda harus bisa menemukan instrumen investasi terbaik yang bisa mengembangkan aset yang anda miliki.

Investasi bisnis merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa anda terapkan gunakan untuk menerapkan konsep compounding effect.

Investasi bisnis berpotensi memberikan anda keuntungan berupa dividen yang bisa anda investasikan kembali ke berbagai bisnis potensial lainnya yang membuat jumlah keuntungan pada periode-periode berikutnya bisa berlipat ganda. Karena itu…

Yuk Mulai Investasi Bisnis di LandX untuk Pengembangan Aset Jangka Panjang Anda

LandX sebagai platform equity crowdfunding terpercaya memberikan anda kesempatan mengembangkan modal yang anda miliki dengan dengan investasi modal kecil.

Yuk mulai investasi sekarang.

Biar Semakin Melek Investasi, Yuk Follow @landx.id di Instagram untuk Berbagai Info Terbaru Seputar Investasi Lainnya

#LandX.id    #landx.id    #landx  #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha