Crowdfunding adalah investasi online terbaru dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan dana secara kolektif dari anggota keluarga, teman, dan investor.

Pendekatan ini akan memanfaatkan upaya kolektif dari beberapa individu melalui platform internet sebagai media pengumpulan dana. Jadi, mengapa crowdfunding menguntungkan? Apa manfaat crowdfunding untuk bisnis saya?

Berikut ini akan kami bahas semua pengetahuan yang anda ketahui tentang crowdfunding, mulai dari pengertian, jenis dan juga manfaat dari crowdfunding itu sendiri.


Table of Content


Jadi, Mengapa Menggunakan Crowdfunding?

Crowdfunding sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dalam bidang investasi bisnis. Dahulu berinvestasi ke dalam perusahaan privat merupakan suatu hal yang sulit diakses semua orang. Namun kini hal tersebut menjadi lebih mudah dan dapat diakses oleh masyarakat luas melalui Crowdfunding.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik mengumpulkan memulai  bisnis namun takut gagal, anda bisa mulai saja dengan investasi bisnis sehingga dana anda menjadi lebih aman karena dikelola oleh pebisnis berpengalaman.

Dana dari investor akan disalurkan ke dalam berbagai bisnis yang memiliki potensi keuntungan besar dalam jangka panjang.

Secara umum, platform crowdfunding seperti LandX dapat membantu Anda menarik menemukan  banyak bisnis  yang bisa jadi tempat anda berinvestasi dan mengembangkan modal anda. Untuk mendapatkan peluang yang lebih baik, LandX akan membantu menyeleksi bisnis terbaik sebelum dirilis ke dalam website.

Manfaat Crowdfunding, Investasi Online Terbaru

Pada platform crowdfunding tentu memudahkan Anda dan lebih fleksibel dalam mengakses bisnis untuk anda berinvestasi. Selain itu, crowdfunding memiliki manfaat lain yaitu:

Jangkauan yang Lebih Luas

Menggunakan sistem crowdfunding akan memudahkan Anda untuk memperluas jaringan kebanyakan bisnis potensial yang bisa anda tanami  modal. Padahal sebelumnya hal ini merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk diakses oleh masyarakat luas

Kesempatan untuk Menilai bisnis

Crowdfunding memberikan akses kepada calon investor untuk  bisa menilai secara objektif apakah bisnis benar-benar siap untuk berkembang ke dalam skala yang lebih luas dengan keuntungan yang lebih besar ke depannya.

Pemasaran

Crowdfunding juga akan membantu pemasaran melalui   aktivitas penggalangan dana melalui berbagai media sosial, email, atau strategi lainnya. Saat Anda memantau kegiatan penggalangan dana, Anda secara tidak langsung jadi lebih paham terkait  bisnis yang anda jadikan target investasi.

Jenis-Jenis Crowdfunding

Anda dapat mencoba tiga jenis crowdfunding yang mudah anda akses yaitu:

  • Crowdfunding berbasis Donasi

Pada crowdfunding ini lebih fokus pada bantuan kemanusiaan, seperti bencana alam, beasiswa, amal dan juga organisasi nirlaba. Oleh karena itu, investor tidak dapat menuntut pengembalian atau mengharapkan pengembalian dana yang diperoleh.

  • Crowdfunding berbasis Hadiah

Jenis crowdfunding ini akan menarik investor dalam bentuk hadiah. Namun, investor masih tidak bisa mengharapkan pengembalian uang atau pengembalian bisnis. Jenis ini sering digunakan bisnis kecil untuk menarik investor membantu bisnis mereka dengan imbalan produk edisi khusus untuk penanam modal.

  • Crowdfunding berbasis Ekuitas

Berlawanan dengan dua jenis crowdfunding sebelumnya, dalam crowdfunding equity, investor memiliki semua hak pemilik perusahaan, dan memiliki hak untuk berbagi ekuitas dan keuntungan. Skema ini sama seperti anda membeli saham perusahaan akan tetapi, pada skema ini anda bisa membeli saham perusahaan privat.

Keunggulan dan Kekurangan Crowdfunding

Crowdfunding yang bertujuan untuk meningkatkan modal perusahaan dapat menghasilkan manfaat yang dapat dicapai dengan mudah. Namun, berbagai kekurangannya tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini adalah keuntungan dan kekurangan dari crowdfunding.

Keuntungan Crowdfunding

  • Sistem yang sangat transparan sehingga anda bisa dengan mudah tau detail produk yang ditawarkan oleh bisnis.
  • Dalam sistem crowdfunding investor dapat lebih mudah mengetahui kemana modal mereka akan digunakan.
  • Adanya peluang keuntungan jangka panjang apabila bisnis berpotensi memenuhi kebutuhan pasar dalam jangka panjang
  • Membantu peningkatan ekonomi melalui pertumbuhan bisnis yang pesat karena kemudahan akses modal.

Resiko dan Hambatan Crowdfunding

Selain kelebihan di atas, bagi pemilik bisnis atau investor, crowdfunding juga memiliki berbagai risiko, kendala, kekurangan, dan juga tingkat ketidakpastian yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa risikonya.

  • Resiko Kegagalan
    Risiko kegagalan suatu proyek yang didanai tentu saja ada. Equity crowdfunding tetap memiliki resiko kegagalan yang lumayan tinggi apabila anda tidak paham tentang bagaimana memilih bisnis yang tepat untuk investasi anda.
  • Rentan Terhadap Penyalahgunaan
    Tidak jarang para pemilik bisnis menghadapi kesulitan. Di satu sisi, mereka harus melepas produknya ke publik saat modal awal ditanamkan. Tapi, disisi lain, mereka pasti khawatir ide baru yang tidak terpakai ini akan dicuri oleh orang-orang tak bertanggung jawab lainnya.
  • Resiko Penyalahgunaan Dana Tinggi
    Jika hal ini dilakukan tanpa aturan yang mengikat antara investor dan pemilik usaha, maka dana yang terkumpul berisiko tidak digunakan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Itu tidak digunakan untuk bisnis, alih-alih hanya untuk tujuan pribadi saja. Maka dari itu anda perlu memastikan anda melakukan investasi di platform yang tepat dan terpercaya.

Tips Melakukan Crowdfunding

Sistem crowdfunding memang memiliki banyak manfaat menarik, dan merupakan cara yang tepat untuk mengumpulkan dana secara kolektif, dan cenderung lebih cepat. Namun, dibalik manfaat tersebut, berbagai risiko harus dipertimbangkan saat meluncurkan crowdfunding.

Saat ini, ada banyak situs crowdfunding tempat pengusaha menempatkan ide dan membuat ide dengan tingkat kreativitas yang tinggi. Ide Anda akan di distribusikan melalui platform crowdfunding untuk pengumpulan dana.

Platform crowdfunding yang baik akan membantu anda menyeleksi bisnis yang kredibel dan potensial untuk pilihan investasi anda. Maka dari itu, tips yang paling utama adalah memilih platform yang tepat dan terpercaya.

Kesimpulan

Strategi meningkatkan modal bisnis secara kolektif yang disebut "crowdfunding" ini dapat menjadi pilihan yang akan membantu anda mengakses berbagai bisnis potensial sebagai sarana investasi anda. Namun, dibalik manfaat luar biasa tersebut, Anda tetap harus mempertimbangkan risiko di baliknya.

Jika dana sudah terkumpul dan bisnis yang tepat sudah anda temukan  maka Anda harus segera mulai menanamkan modal ke dalam perusahaan potensial pilihan anda. Lacak dana yang anda kumpulkan  dengan benar dan rapi agar anda bisa mengevaluasi pilihan investasi yang tepat untuk anda lakukan.

Baca Juga: