Investor Penerbit
menu-mobile

Yuk Simak Apa Itu Digital Nomad dan Peluang Karir Digital Nomad

23 June 2022

|

7 Min Read

|

Author: Nadya A. Faatihah
simak cara jadi digital nomad dan peluang digital nomad di Indonesia

Digital nomad adalah seseorang yang tidak akan terikat dengan pekerjaan yang mewajibkan pekerja berada stand by di kantor dari pagi hingga sore. Lewat pekerjaan ini, seseorang punya peluang untuk meraih work-life balance.

Sistem kerja jarak jauh ternyata menghadirkan kemunculan tren kerja baru, yaitu jadi digital nomad. Pekerjaan digital nomad adalah bekerja tanpa terikat oleh waktu atau tempat. Cara jadi digital nomad dasarnya memiliki jaringan internet, laptop, dan smartphone. Bahkan, apa itu digital nomad seringkali disebut sebagai workation (work and vacation).

Terdengar menyenangkan bukan? Jika kamu tertarik, mari cari tahu tentang skill untuk jadi digital nomad, opsi karier, dan tips menjadi digital nomad dari artikel berikut ini!

Keuntungan Bekerja Sebagai Digital Nomad

Dengan cepatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, sistem kerja work from home kini kian ramai diganti dengan work from anywhere a la digital nomad. Karena bisa bekerja dari mana saja hanya bermodal jaringan internet dan gadget, digital nomad adalah kecenderungan seseorang untuk bekerja sambil travelling ke berbagai destinasi wisata. Misalnya bekerja di tempat yang memiliki keindahan alam, pegunungan, atau pun juga pantai. Selain itu, inilah beberapa keuntungan bekerja menjadi digital nomad.

1. Fleksibilitas Tempat dan Waktu

Digital nomad adalah seseorang yang tidak akan terikat dengan pekerjaan yang mewajibkan pekerja berada stand by di kantor dari pagi hingga sore. Digital nomad adalah seorang yang bebas mengatur waktu yang tepat untuk mulai bekerja, hingga waktu untuk beristirahat. 

Asalkan ada jaringan internet, digital nomad adalah orang yang bisa mengorganisir waktu kerja sendiri, termasuk dengan di mana tempat untuk bekerja. Sebagai digital nomad, kamu bisa bekerja dari coffee shop di tengah kota, di perpustakaan, hingga di kos-kosan atau villa di sebuah tempat wisata yang sudah lama ingin kamu kunjungi.

Dengan waktu dan tempat kerja yang fleksibel, tentu digital nomad dapat mengoptimalkan pengaturan perencanaan to do list, alur, dan waktu dalam bekerja sesuai dengan kondisi yang dirasa paling produktif 

2. Meningkatkan Produktivitas

Digital nomad adalah seseorang yang sangat mungkin untuk bekerja terus-menerus di berbagai tempat dan suasana baru. Jika kamu seorang digital nomad, maka kamu dapat memilih suasana dan tempat mana pun yang kamu inginkan sesuai dengan preferensi kondisi nyaman dalam bekerja.

Bekerja di berbagai tempat yang menyenangkan dan menenangkan dapat memberi kamu beragam pengalaman baru. Hal ini tentu akan membantu stimulasi kinerja otak. Kondisi ini dapat membantu menghindarkan seseorang dari perasaan tertekan dan stres. 

Pada akhirnya, memilih menjadi seorang digital nomad adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses bekerja secara kreatif, produktif, bahkan hingga dapat menciptakan inovasi dan ide baru. Dengan ini, maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih efisien karena kreativitas otak sedang bekerja dengan maksimal.

3. Peluang untuk Mendapatkan Work-life Balance

Beberapa orang yang bekerja sebagai pegawai yang stand by di kantor dari pagi hingga sore kemungkinan besar kehilangan peluangnya untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan menikmati kehidupan pribadinya. Mulai dari bangun pagi, bersiap ke kantor, menghabiskan waktu di perjalanan, bekerja di meja kecil dalam qubicle, hingga harus menghabiskan waktu di perjalanan lagi untuk akhirnya bisa beristirahat.

Menjadi seorang digital nomad adalah opsi untuk kamu yang ingin bekerja sambil melakukan hobi, berkumpul bersama keluarga, atau travelling ke tempat yang sudah lama diimpikan. Keuntungan utama menjadi digital nomad adalah fleksibilitas waktu dan tempat. 

Melalui karier ini, kamu akan punya opsi untuk  mengeksplorasi tempat baru bersama orang yang kamu sayangi setelah menyelesaikan pekerjaan. Berkarier sebagai digital nomad adalah salah satu peluang untuk berpetualang menikmati hidup dan meraih work-life balance.

Tips Menjadi Digital Nomad

Jika dilihat dari keuntungan yang bisa didapat dari menjadi digital nomad, tentu kamu mungkin merasa ini adalah kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Namun, memilih karier ini perlu persiapan yang baik. Berikut adalah persiapan menjadi digital nomad.

1. Menyusun Rencana Dengan Matang

Tips digital nomad yang pertama untuk kamu adalah mempersiapkan rencana dengan matang, khususnya perencanaan keuangan. Karena kehidupan digital nomad adalah seorang yang bekerja sambil travelling, pastikan kamu memiliki uang yang cukup untuk memulai workation ini. Mulailah dengan menyusun budget yang dialokasikan untuk biaya kehidupan sehari-hari di tempat yang akan dituju, setidaknya untuk dua hingga tiga bulan ke depan. 

Tentunya, digital nomad adalah seorang yang bisa saja dihadapkan dengan situasi yang tidak terduga dari tempat baru yang dituju. Karena itu, selain menyusun budgeting sesuai prioritas kebutuhan, kamu juga perlu memiliki simpanan dana darurat dan tetap menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan di masa depan.

2. Perhatikan Detail Penting Dalam Perencanaan

Mempersiapkan diri dengan optimal tentunya butuh perencanaan yang mendetail juga, khususnya tentang hal-hal yang harus dipersiapkan agar bisa travelling dengan tenang dan lancar. Karena itu, hal berikut adalah detail penting yang tidak boleh dilewatkan dalam perencanaan menjadi digital nomad.

  • Memilih akomodasi tempat tinggal yang fasilitasnya sesuai dengan budget dan kebutuhan.
  • Menyiapkan dokumen izin tinggal yang dibutuhkan seperti paspor, visa, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan/atau surat keterangan fiskal.
  • Membuat limit maksimum harian untuk biaya makan, minum, dan nongkrong.
  • Memilih opsi transportasi yang paling mudah diakses dan sesuai budget.
  • Membeli wifi portable atau paket internet yang jaringannya stabil.
  • Menyisihkan pendapatan untuk dimasukkan ke rekening tabungan dan rekening dana darurat.

3. Mempersiapkan Destinasi dan Rencana Kegiatan

Jika sudah menentukan berbagai lokasi yang akan didatangi, pastikan kamu menuliskan secara detail rencana keberangkatan, kegiatan yang akan dilakukan, serta tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dengan menyiapkan hal tersebut, kegiatan kamu akan lebih terorganisir sehingga kamu bisa membagi waktu untuk bekerja dan berpetualang di tempat baru secara efisien.

4. Mempelajari Cara Beradaptasi yang Tepat

Setiap tempat atau daerah tertentu pasti memiliki budaya dan caranya tersendiri dalam berinteraksi dan menjalani keseharian. Budaya ini terdiri dari bahasa yang digunakan, cara berpakaian yang diterima oleh masyarakat, hingga kebiasaan sehari-hari yang terkesan sepele namun penting untuk dilakukan.

Misalnya, cara bertegur sapa atau menunjukkan gestur tubuh tertentu. Jika kamu sudah menentukan destinasimu untuk workation, pastikan kamu juga mencari tahu dan mempelajari tentang budaya di daerah tersebut. Layaknya menjadi tamu di rumah orang lain, pastikan kamu menghargai warga yang bermukim di sana dengan tidak melakukan sikap yang bisa jadi dianggap sebagai hal yang buruk atau tidak sopan menurut standar daerah tersebut.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Digital Nomad

Karena digital nomad adalah seorang yang melakukan pekerjaan dengan sistem jarak jauh, maka skill yang dibutuhkan pasti berkaitan dengan teknologi. Namun, tidak terbatas dengan itu saja, digital nomad juga perlu skill lain untuk beradaptasi di lingkungan baru. Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh digital nomad.

1. Skill-set Pekerjaan di Bidang Digital 

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai sektor industri menerapkan kebijakan dan sistem kerja yang memaksimalkan digitalisasi dan otomatisasi. Hal ini diperkirakan akan terus berlangsung sampai beberapa tahun ke depan dan akan menjadi new normal dalam pasar kerja. Inilah salah satu peluang cara menjadi digital nomad di Indonesia. Penting diingat bahwa seorang digital nomad adalah pekerja yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang tersebut.

Cara jadi digital nomad di Indonesia adalah menentukan pilihan profesi di bidang ini. Misalnya adalah profesi sebagai Copywriter, Content Writer, Data Analyst, Web Developer, UI/UX Writer, bahkan menjadi HR. Saat ini di Indonesia, banyak perusahaan mulai beralih ke sistem kerja jarak jauh sehingga opsi profesinya pun semakin beragam. 

Pastikan untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan dasar pengoperasian komputer seperti Google Sheet, Google Doc, Google Meet, dan software manajemen kerja yang terintegrasi secara online.

2. Kemampuan Manajemen Diri yang Baik

Karena waktu kerja dan waktu beristirahat saling berdampingan, tentu seorang digital nomad adalah orang yang harus cermat dalam mengatur waktu. Berikut adalah tips manajemen waktu dan diri untuk kamu yang mungkin tertarik untuk menjadi digital nomad.

  • Menciptakan rutinitas layaknya kamu masih bekerja di kantor dengan membuat jam kerja secara terjadwal.
  • Selain membuat jadwal kerja, alokasikan waktu khusus untuk beristirahat dan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti melakukan hobi atau menghabiskan waktu dengan orang terdekatmu.
  • Kunjungi coworking space atau coffee shop untuk mendapatkan akses internet yang lebih murah dan kondisi yang mendukung produktivitasmu. 
  • Buatlah ruang khusus yang berfungsi sebagai kantor di rumahmu. Kamu bisa menyiapkan meja kerja lengkap dengan laptop, buku agenda, serta peralatan yang dapat mendukung kemudahan dalam bekerja. 

3. Skill Berinvestasi dan Mengelola Keuangan

Seperti disinggung sebelumnya, dalam berkarier sebagai digital nomad, kamu tidak bisa secara mendadak berangkat travelling tanpa menyiapkan kondisi finansial yang matang. Karena itu, kemampuan berinvestasi dan pengelolaan keuangan yang baik adalah skill yang harus dimiliki oleh digital nomad.

Jika sepenuhnya bergantung pada gaji bulanan, tentu terdapat risiko tidak terduga yang mungkin saja dihadapi di masa yang akan datang. Dengan berinvestasi, kamu bisa membuat target keuangan yang ingin diraih, termasuk travelling sambil bekerja seperti digital nomad. Selain itu, keuntungan dari investasi juga bisa digunakan untuk alokasi dana lain, seperti dana darurat atau tabungan hari tua. 

Itu dia penjelasan lengkap tentang karier sebagai digital nomad lengkap dengan tips memulai karier tersebut. Jika kamu tertarik, pastikan untuk mempersiapkan skill yang wajib dimiliki ya! Jangan lupa juga untuk mulai mempersiapkan kondisi keuangan dengan matang agar kariermu sebagai digital nomad optimal meskipun dihadapkan dengan tantangan apapun karena sudah mengantongi passive income

Ingin Mulai Investasi untuk Persiapan Jadi Digital Nomad? Yuk, Temukan Peluang Bisnis Menjanjikan di LandX Sekarang!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga