Berbicara tentang ekuitas kamu pasti sering mendengar istilah ini dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk kamu yang berkecimpung di dunia keuangan.

Ekuitas adalah hak kepemilikan atas suatu aset yang sudah dikurangi dengan liabilitas atau berbagai kewajiban harus dikeluarkan.

Dalam konteks akuntansi,  ekuitas hak atas aktiva perusahaan yang telah dikurangi dengan berbagai liabilitas yang harus ditanggung perusahaan seperti hutang atau tagihan yang harus dibayarkan. Dengan kata lain, ekuitas dapat diartikan sebagai selisih antara aktiva dengan liabilitas yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Jumlah ekuitas ini menjadi salah satu indikator yang menjelaskan bagaimana kondisi keuangan perusahaan karena ekuitas akan berubah seiring dengan kondisi dari perusahaan. Hal ini karena perusahaan bisa saja kehilangan ekuitas karena mengalami kerugian.

Supaya lebih paham lagi, mari kita bahas lebih lanjut tentang ekuitas.



Pengertian Ekuitas

Ekuitas adalah kekayaan bersih dari perusahaan yang telah dikurangi dengan liabilitas atau berbagai beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Karena itu, ekuitas merupakan selisih dari aktiva dan pasiva. Ekuitas ini bisa berasal dari berbagai sumber seperti dari investor atau merupakan hasil dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan.

Oleh sebab itu, nilai ekuitas ini mungkin saja negatif apabila liabilitas lebih besar dibandingkan aset yang dimiliki oleh perusahaan sehingga perusahaan mengalami defisit.

Jenis dan Unsur Ekuitas

Dalam akuntansi, terdapat beberapa jenis ekuitas yang penting untuk kamu pahami, berikut beberapa jenis ekuitas:

Unsur-unsur Ekuitas

1. Modal Disetor

Modal disetor adalah modal yang ditanamkan oleh para investor yang biasanya mendapatkan saham sesuai dengan jumlah modal yang mereka tanamkan. Modal ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu modal saham dan agio/ disagio saham.

Modal saham adalah jumlah/ nominal saham yang beredar. Sedangkan agio/ disagio merupakan selisih dari setoran saham dengan nominal saham yang beredar.

Artikel Terkait:

2. Laba Ditahan

Laba ditahan merupakan keuntungan didapatkan oleh perusahaan tapi belum dibagikan kepada investor/ pemegang saham karena berbagai alasan sehingga perusahaan menjadi uang ini sebagai ekuitas cadangan.

Dalam konteks perusahaan terbuka, laba ditahan diputuskan dalam RUPS yang untuk mengambil keputusan apakah keuntungan akan dibagikan melalui dividen atau tidak. Akan tetapi, biasanya modal ini dijadikan sebagai cadangan modal saja karena pada dasarnya modal ini merupakan hak para investor.

Artikel Terkait:

3. Modal Penilaian Kembali

Perusahaan biasanya akan melakukan penilaian ulang aset-aset yang mereka miliki sehingga akan membuat perubahan nilai dari neraca perusahaan. Hal ini sering kali terjadi karena adanya selisih antara nilai aset saat ini dari sebelumnya.

Hal ini karena suatu aset mungkin saja mengalami kenaikan harga atau mengalami penyusutan seiring berjalannya waktu. Contohnya adalah aset properti yang nilainya cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

4. Modal Sumbangan

Modal sumbangan merupakan ekuitas yang didapatkan dari sumbangan pihak lain kepada perusahaan. Karena sumbangan dari berbagai merupakan salah satu sumber aktiva bagi suatu perusahaan.

5. Modal Lain-Lain

Modal lainnya merupakan modal-modal yang berasal dari berbagai sumber cadangan modal seperti modal yang disiapkan untuk ekspansi bisnis, modal untuk pelunasan obligasi, cadangan modal untuk menghadapi penurunan harga, atau berbagai jenis cadangan modal lain yang disiapkan oleh perusahaan.

Jenis Ekuitas

Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, ekuitas menjadi salah satu acuan yang digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan sehingga banyak dilibatkan dalam perhitungan rasio keuangan.

Agar kita dapat lebih paham tentang liabilitas, berikut jenis-jenis liabilitas yang perlu kamu ketahui:

1. Ekuitas Pemegang Saham

Ekuitas pemegang saham adalah jumlah dana yang akan dikembalikan kepada para pemegang saham saat perusahaan melakukan likuidasi dan telah membayar semua kewajiban hutang mereka. Jenis ekuitas ini menjadi salah satu faktor yang sering kali menjadi pertimbangan dalam menilai bagaimana kondisi keuangan dari perusahaan.

2. Ekuitas Rumah

Ekuitas rumah merupakan salah satu ekuitas penting yang sangat penting untuk diperhitungkan apabila ingin melakukan transaksi rumah agar mendapatkan keuntungan. Ekuitas rumah dihitung dari selisih antara nilai rumah dengan jumlah hutang hipoteknya.

Karena itu, ekuitas ini menjadi perhitungan yang sangat diperhatikan apabila kamu ingin melakukan transaksi jual beli rumah.

3. Ekuitas Pemilik Perusahaan

Ekuitas pemilik perusahaan pada dasarnya hampir sama seperti ekuitas pemegang saham namun ekuitas ini digunakan untuk perusahaan privat yang sahamnya tidak terbuka kepada publik. Oleh sebab itu, dalam bisnis privat keuntungan masuk ke dalam ekuitas dari pemilik usaha.

4. Pembiayaan Ekuitas

Saat perusahaan berjalan dengan baik dan optimal tapi tidak memberikan profit yang signifikan, maka perusahaan bisa melakukan pembiayaan ekuitas dengan menjual saham mereka kepada publik dan menggunakan dana hasil penjualan ini untuk dana ekspansi dan pengembangan usaha untuk keuntungan yang lebih optimal lagi.

Pembiayaan ini dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan go-public melalui IPO sehingga masyarakat umum dapat membeli saham dari bisnis tersebut.

Selain itu melalui IPO pendanaan juga kini bisa dilakukan dengan skema equity crowdfunding yang mempermudah perusahaan privat untuk menjual saham mereka kepada publik.

IPO biasanya dilakukan untuk bisnis atau korporasi dengan skala yang besar sehingga tidak semua perusahaan dengan mudah melakukan IPO.

Equity crowdfunding merupakan sistem yang mempermudah bisnis dan UKM potensial untuk mendapatkan pembiayaan dengan memberikan masyarakat luas untuk memberi saham mereka.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang membantu bisnis potensial bertemu dengan investor. Sebagai pemegang saham, investor nantinya bisa mendapatkan keuntungan berupa dividen dari bagi hasil keuntungan yang didapatkan oleh bisnis.

Karena itu, selain membantu bisnis berkembang dengan lebih cepat, equity crowdfunding juga menjadi instrumen investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan.


Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

diversifikasi investasi anda dengan ikut patungan bisnis menguntungkan bareng LandX

Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Update Terbaru Seputar Investasi


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding #SecuritiesCrowdfunding   #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha