menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Memahami Sistem Investasi “Equity Crowdfunding” yang Telah Diatur POJK No 37 Tahun 2018

Friday, 12 Mar 2021

Read in 5 minutes

Author: Abdul Wahhab


Model investasi Equity crowdfunding di Indonesia semakin berkembang sehingga platform crowdfunding pun mulai bermunculan di Indonesia. Skema investasi crowdfunding sendiri telah diatur dalam POJK nomor 37 Tahun 2018 tentang layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi.

Aturan ini menjelaskan bagaimana aturan bagaimana sistem urun dana mulai dari aturan bagi investor, platform penyedia layanan, hingga besaran dana yang boleh dikumpulkan melalui equity crowdfunding.

Equity crowdfunding sendiri sudah dijalankan oleh beberapa platform di Indonesia yang mewadahi pengumpulan dana untuk pengembangan UMKM dan Pembangunan Properti komersial yang menjanjikan.


Table of Content


Situs Crowdfunding di Indonesia

Pada dasarnya crowdfunding merupakan sistem yang sudah lama ada di Indonesia, crowdfunding sendiri terdiri dari beberapa jenis tergantung dengan prinsip dan tujuan dari penggunaan dana tersebut.

Apabila kamu pernah ikut penggalangan dana lewat kitabisa.com, maka kamu artinya kamu sudah pernah terlibat crowdfunding dengan konsep charity based karena dana yang dikumpulkan dari masyarakat ditujukan untuk membantu pihak yang membutuhkan.

Nah, dalam crowdfunding berbasis equity, uang yang dikumpulkan akan digunakan untuk membangun suatu bisnis dan pemodal yang ikut patungan akan mendapatkan saham sesuai dengan dana yang telah dikeluarkan.

Karena itu, sistem berinvestasi lewat situs equity crowdfunding juga sering disebut patungan bisnis, karena nantinya para investor akan mendapatkan dividen dari bagi hasil keuntungan yang telah didapatkan oleh bisnis tersebut.

Saat ini, sudah terdapat beberapa situs equity crowdfunding yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. LandX **** merupakan salah satu situs crowdfunding yang telah berizin dan diawasi OJK sehingga kamu bisa berinvestasi lewat crowdfunding dengan lebih aman dan nyaman.

Investasi Equity Crowdfunding dengan Modal Kecil

Sebelumnya, investasi bisnis mungkin terdengar seperti investasi yang harus dimulai dengan modal yang besar dan mustahil untuk dilakukan dengan modal kecil. Akan tetapi, skema investasi dengan urun dana ini akan membuat seseorang bisa menjadi investor properti dengan modal awal kecil.

LandX sendiri menyediakan investasi properti yang bisa dimulai dengan modal 1 juta. Artinya, dengan skema crowdfunding anda dapat menjadi bagian dari kepemilikan sebuah real estate hanya dengan modal 1 juta.

Investasi bisnis juga dapat dilakukan dengan lebih mudah karena investor dapat menjadi bagian kepemilikan bisnis dengan modal yang lebih kecil. Investor juga bisa lebih mudah menganalisis profil risiko yang akan mereka hadapi karena dapat melihat dengan jelas ke mana arah aliran dana investasi yang mereka lakukan.

Bagaimana Cara Menemukan Bisnis Terbaik saat Berinvestasi dalam Sistem Equity Crowdfunding?

Untuk kamu yang mau mulai berinvestasi ke UMKM, berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

1. Prospek Bisnis dalam Jangka Panjang

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi ke dalam suatu UMKM, anda harus melihat bagaimana prospek UMKM tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Karena itu, kamu harus melihat apakah bisnis ini bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat di pasaran.

Dalam melihat prospek suatu bisnis, anda harus melihat apakah produk yang ditawarkan merupakan produk yang sangat potensial untuk saat ini maupun di masa mendatang. Contohnya, kamu bisa berinvestasi ke bisnis yang bergerak di bidang perikanan yang potensi ekspornya sangat besar dalam jangka panjang melihat semakin besarnya permintaan produk ini dari waktu ke waktu.

2. Mitigasi Risiko dalam Bisnis

Dalam bisnis, terdapat banyak sekali potensi risiko yang muncul selama proses perjalanannya. Untuk memperkecil dampak dari risiko tidak terduga tersebut, maka bisnis/ UMKM yang baik harus memiliki strategi mitigasi risiko untuk menghadapi hal ini.

Karena itu, anda perlu memastikan bahwa UMKM yang akan anda danai sudah melakukan ini agar investasi yang anda lakukan menjadi jauh lebih aman.

Contohnya, dalam bisnis penangkapan ikan perusahaan akan mengasuransikan kapal penangkap ikan yang mereka miliki agar memperkecil risiko kerugian yang terjadi apabila terjadi masalah selama proses penangkapan ikan.

Setiap bisnis akan memiliki strategi mitigasi yang berbeda sehingga anda harus memperhatikan poin ini dengan baik sebelum berinvestasi.

3. Tingkat Return

Return atau keuntungan tentu saja hal utama yang menjadi pertimbangan seseorang saat berinvestasi. Akan tetapi, anda tidak boleh lupa bahwa keuntungan dan risiko merupakan dua hal yang datang secara bersamaan sehingga keuntungan besar pasti dengan diikuti risiko kerugian yang besar pula.

Hal ini harus anda tanamkan dalam mindset anda saat berinvestasi sehingga anda bisa menilai suatu investasi dengan rasional. Saat mendanai suatu UMKM anda harus melihat apakah return yang ditawarkan sepadan dengan risiko-risiko yang mungkin saja muncul selama proses investasi.

Idealnya tentu saja semua orang mencari return besar dengan risiko minim, tapi tentu saja investasi seperti ini akan sulit dicari. Saat berinvestasi ke dalam UMKM, anda harus melihat bisnis yang menawarkan return sepadan atau lebih besar dibandingkan risiko yang muncul.

4. Kualitas Pengelolaan Bisnis

Mengelola bisnis bukanlah hal yang mudah, seperti yang kita tahu banyak sekali bisnis yang gagal pada tahun pertamanya karena tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, anda perlu melihat siapa orang dibalik suatu bisnis atau UMKM yang akan anda danai untuk melihat bagaimana portofolio mereka dalam mengelola suatu bisnis.

Hal ini penting agar kita bisa memastikan bahwa bisnis yang akan kita danai dikelola oleh tangan yang tepat sehingga bisa berjalan dengan optimal.

Equity Crowdfunding Mendorong Perkembangan Ekonomi Indonesia

Skema ini akan mendorong perkembangan UKM yang merupakan salah satu fondasi ekonomi Indonesia.

Adanya crowdfunding membuat berbagai bisnis potensial yang sebelumnya terhambat karena modal dapat berkembang dengan baik karena memiliki modal yang cukup sehingga dapat melakukan ekspansi ke dalam pasar yang lebih luas.

Penggunaan skema ini menjadi cara investasi terbaru yang dapat mendorong semua orang untuk mulai berinvestasi dengan memulai investasi kepada bisnis-bisnis potensial yang familiar dan berada disekitar mereka.

Yuk, nambah passive income lewat investasi patungan bisnis!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

YukPatunganBisnis

Jangan Lupa Follow Instagram @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Menguntungkan Lainnya


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id #landx #landx.id #InvestasiBisnis #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga