Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar LandX.

Kemungkinan besar pertanyaan Anda mengenai LandX sudah dijawab di bawah ini.

Apa itu LandX?
LandX merupakan platform Equity Crowdfunding untuk properti, di mana investor bisa berinvestasi ke properti yang menghasilkan baik secara kenaikan harga properti (capital gain) maupun penghasilan sewa (cashflow) bersama-sama yang dibeli secara patungan (fractional ownership).

Bagaimana cara kerja LandX?
LandX membantu masyarakat untuk berinvestasi properti dengan sistem patungan bersama investor lainnya, sehingga satu properti bisa dimiliki bersama-sama. Penghasilan dari kenaikan harga properti(capital gain) maupun hasil sewa (cashflow) dari properti tersebut juga akan dinikmati bersama-sama.

Properti-properti yang di-listing di LandX dibagi menjadi 1000 bagian dalam satuan Lot. Investor bisa mulai berinvestasi mulai dari 1 lot saja. Investor yang memiliki 15 lot atau lebih mendapatkan fasilitas khusus untuk mengunjungi properti tersebut ditemani perwakilan dari tim LandX.

Investor akan mendapatkan capital gain ketika properti dijual dalam kurung waktu kurang lebih 3-5 tahun.

Di luar dari itu para pemegang lot akan mendapatkan dividen setiap bulannya dari hasil sewa properti tersebut.

Apa jaminan keamanan berinvestasi di LandX?
Pertama, dari sisi aset, investasi properti termasuk salah satu investasi yang paling aman, terbukti bahwa harga properti di Indonesia terus meningkat.

Kedua, LandX hanya bekerja sama dengan perusahaan pengelola properti yang memiliki track record yang bagus, dan Landx hanya menerima properti yang memiliki penghasilan (menghasilkan cashflow).

Kemudian, dari sisi legalitas, LandX beroperasi berdasarkan aturan Equity Crowdfunding yang diterbitkan oleh OJK, dan saat ini izin untuk Equity Crowdfunding dalam proses penyusunan, di mana LandX sudah mendaftarkan diri utk mendapatkan izin tersebut.

Apakah saya boleh meminta soft copy dari akta/sertifikat dari properti yang terdaftar di LandX?
Demi kenyamanan dan keamanan investor, perihal tersebut tidak bisa kami perlihatkan secara publik untuk mencegah tindak kejahatan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan hal lain yg merugikan pihak investor.

Bagaimana cara mengetahui apakah harga properti yang terdaftar di LandX tidak kemahalan?
Harga wajar properti akan terlihat dari 2 hal:
1. Appraisal, apakah harga properti sudah sesuai dengan harga taksiran oleh pihak independen?
2. Cashflow, berapa hasil sewa dari properti tersebut?

Jika properti tidak tersewa, siapa yang nanggung biaya maintenance, dan lain-lain?
Yang akan menanggung adalah pihak investor, di mana biaya-biaya yang sudah dikeluarkan akan dipotong dari dividen begitu properti tersewa kembali.

Untuk orang awam seperti saya, tahu dari mana harga properti tersebut memang layak?
Untuk harga properti tersebut sesuai dengan hasil dari penilaian appraisal pihak ketiga yang independen.

Kenapa saya harus investasi di LandX jika dividennya tidak beda jauh dengan Deposito / ORI / P2P dan lain-lain?
Betul kalau hanya melihat dividen saja, tetapi jangan lupa bila modal investasi dalam bentuk Rupiah di deposito / ORI / P2P juga tergerus inflasi. Berbeda halnya apabila Rupiah kita konversikan ke properti, di mana nilai properti tersebut akan terlindung dari inflasi.

Selain itu, hasil sewa dari properti setiap tahun juga cenderung meningkat.

Jika dana crowdfunding sudah terkumpul, dipakai untuk apakah uang tersebut?
Setelah proses pendanaan selesai, properti akan menjadi milik investor, dan dana yg sudah dikumpulkan menjadi hak perusahaan penerbit sepenuhnya.

Berapa biaya untuk fee management perusahaan pengelola? Apakah saya bisa melihat detail laporan pemasukan setiap kos yang tersewa ?
Biaya fee yang dikenakan oleh perusahaan pengelola adalah 10 % dari profit perusahaan, dan untuk detail laporan pemasukan setiap kost yang tersewa nantinya akan tercantum dalam laporan keuangan per 6 bulan yang diaudit oleh lembaga independen (pihak ketiga).

Kapan Properti Owner Tour dilaksanakan jika saya sudah membeli 15 lot atau lebih?
Properti Owner Tour (POT) akan dilaksanakan begitu dana sudah selesai terkumpul 100%. Untuk waktu dan tempatnya akan kami informasikan lebih lanjut.

Bagaimana cara download aplikasi LandX?
Nantinya per tgl 8 April aplikasi LandX sudah bisa di-download di Google Play Store maupun Apple Store.

Bagaimana sistem pembagian dividen nantinya?
Pembagian dividen akan dimulai 30 hari sejak properti terjual, maka para investor akan mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah kepemilkan lot masing2, yang akan dimasukan dalam dompet account investor.

Apa itu Biaya Akusisi?
Biaya akuisisi meliputi semua biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan kepemilikan properti ke perusahaan milik investor crowdfunding, yaitu pajak, fee legal, fee transaksi, BPHTB, notaris, dan lain-lain.

Berapa biaya sehubungan beli dan jual lot dari nilai transaksi?
Untuk beli lot sudah tidak dikenakan biaya, karena sudah termasuk dalam biaya akuisisi. Untuk penjualan properti sesuai hasil voting juga tidak dikenakan biaya, bahkan investor bisa mendapatkan capital gain. Namun jika dijual sebelum masa penjualan sesudah hasil voting, hanya akan dikenakan fee transaksi 2% dari harga transaksi layaknya jual beli properti biasa.

Apakah saya bisa menjual lot di LandX ketika saya membutuhkan Uang? Bagaimana likuiditasnya? Apakah harganya akan turun?
Ya, investor bisa menjual lot kembali ke perusahaan penggalang dana, minimal 6 bulan setelah crowdsale ditutup dan akan dikenakan biaya transaksi. Namun sebenarnya potensi keuntungan terbesar adalah dari capital gain ketika properti dijual dalam kurung waktu kurang lebih 3-5 tahun.

Bagaimana saya bisa memastikan bahwa laporan keuangan yg dilaporkan valid?
Laporan keuangan yang dilaporkan telah diaudit oleh lembaga independen (pihak ketiga).

Bagaimana jika dananya tidak terkumpul dalam 30 hari sementara saya sudah mengajak teman lewat referral?
Jika dana tidak terkumpul 100% dalam 30 hari, maka dana investor akan dikembalikan. Untuk referral, dana baru dicairkan ketika dana investasi berhasil terkumpul 100%.

Apakah Warga Negara Asing (WNA) boleh memiliki properti di LandX?
Warga Negara Asing (WNA) tidak bisa memiliki properti di LandX.