Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar LandX.

Kemungkinan besar pertanyaan Anda mengenai LandX sudah dijawab di bawah ini.

Diperbarui pada tanggal 5 April 2021.

Apa yang dilakukan LandX?
LandX merupakan platform Equity Crowdfunding yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

LandX bertindak sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana yang mempertemukan perusahaan Penerbit dengan Pemodal.

Pemodal dapat turut memiliki saham dengan berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk pengembangan usaha yang dilakukan oleh Penerbit. Penerbit dapat mendapatkan dana untuk melakukan pengembangan usaha dengan melepaskan sejumlah saham.

Adapun jenis pengembangan usahanya adalah sebagai berikut:

  1. Properti
  2. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
  3. Usaha Rintisan (startup)

Sebagai pemegang saham, Pemodal juga berhak mendapatkan pembagian keuntungan berupa dividen sesuai dengan kinerja pengembangan usaha yang dilakukan Penerbit.

Bagaimana cara kerja LandX?
LandX menyediakan platform untuk perusahaan Penerbit yang ingin menggalang dana dan Pemodal bisa membeli saham dari setiap proyek penggalangan dana yang sedang terdaftar di aplikasi LandX.

Pemodal yang memegang saham perusahaan Penerbit akan mendapatkan dividen sesuai kinerja perusahaan Penerbit tersebut, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas ("UUPT").

Pemodal juga berpotensi mendapatkan capital gain ketika saham yang dimiliki dijual kembali di pasar sekunder (secondary market).

Apa yang dimaksud dengan Capital Gain?
Capital Gain adalah keuntungan yang didapatkan oleh investor dari selisih harga beli saham dan harga jual. Investor dapat menjual kepemilikan sahamnya melalui Pasar Sekunder (secondary market).

Apa yang dimaksud dengan Pasar Sekunder (Secondary Market)?
Secondary market (pasar sekunder) adalah pasar jual-beli yang disediakan oleh LandX untuk Pemodal yang hendak memperdagangkan saham yang dimiliki oleh Pemodal tersebut, atau Pemodal lain.

Pasar sekunder dibuka 12 bulan setelah penggalangan dana untuk proyek tersebut ditutup dan saham tercatat oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Setelah itu pasar sekunder untuk proyek tersebut akan dibuka setiap 6 bulan.

Apa jaminan keamanan berinvestasi di LandX?
Sebagai langkah untuk melindungi Pemodal, perusahaan yang terdaftar di aplikasi LandX adalah perusahaan-perusahaan yang telah melewati seleksi ketat secara kuantitatif dan kualitatif oleh analis, akan tetapi tidak dapat menghilangkan risiko gagal sepenuhnya.

Dari sisi keamanan sistem, LandX sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 menjadikan platform LandX mempunyai sistem manajemen keamanan informasi yang baik untuk melindungi data Pemodal.

Dari sisi legalitas, LandX beroperasi berdasarkan aturan Equity Crowdfunding yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). LandX juga berizin dan diawasi OJK.

Kenapa saya harus investasi di LandX jika dividennya tidak beda jauh dengan instrumen investasi lainnya seperti deposito, ORI, atau Peer-to-peer Lending?
Apabila dividen atau bunga di instrumen lain sudah ditentukan angkanya, laba yang dicetak oleh usaha bisa bertumbuh seiring dengan kemajuan usaha tersebut. Selain itu, apabila perusahaan Penerbit memiliki aset seperti properti, ada potensi keuntungan apabila aset yang dimiliki tersebut harganya naik dan dijual.

PEMODAL

Bagaimana cara untuk menjadi Pemodal?
Pertama Anda bisa langsung download aplikasi LandX di App Store atau Play Store, setelah itu Anda bisa langsung daftar dan verifikasi akun.

Berapa lama verifikasi akun di LandX?
Verifikasi akun di LandX membutuhkan maksimal 2 hari kerja.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi akun di LandX?Anda diwajibkan untuk mengupload identitas diri seperti E-KTP dan nantinya Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi dan juga informasi bank.

Berapa minimal investasi di Platform LandX?
Harga saham Penerbit di Platform LandX berbeda-beda. Umumnya mulai dari Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah). Anda bisa menjadi pemegang saham perusahaan Penerbit dengan modal yang sangat minim.

Apa yang akan terjadi apabila Perusahaan Penerbit bangkrut?
LandX bertindak sebagai pihak penyelenggara yang menyeleksi dan mempertemukan pihak Penerbit dengan Pemodal (investor). Setiap perjalanan operasional usaha Penerbit, sepenuhnya menjadi tanggung jawab manajemen Penerbit yang bersangkutan.

LandX sebagai penyelenggara menerapkan prinsip-prinsip manajemen risiko dalam rangka proses monitoring secara berkala terhadap keberlangsungan usaha Penerbit.

Namun demikian, apabila terjadi kasus dimana suatu hari Penerbit tidak dapat bertahan atau bangkrut, maka ketentuan perihal likuidasi aset dan pembagiannya kepada pemegang saham tetap merujuk pada peraturan perundangan yang berlaku.

Kapan saya bisa membeli saham Penerbit?
Anda bisa membeli saham Penerbit di platform LandX ketika Perusahaan Penerbit tersebut sudah melakukan penawaran umum (on listing) di aplikasi LandX.

Perlu diketahui Perusahaan Penerbit yang melakukan penawaran umum di aplikasi LandX hanya dapat menawarkan sahamnya selama 45 hari. LandX memberlakukan 'first come, first served,' yang artinya apabila saham yang ditawarkan sudah habis, maka Pemodal tidak dapat membeli saham tersebut melalui penawaran umum.

Apa itu Saham?
Saham adalah tanda penyertaan atau kepemilikan Pemodal dalam suatu Perusahaan Penerbit.

Apa itu Lot?
Lot merupakan satuan yang resmi digunakan dalam kegiatan penjualan atau pembelian saham.

1 (satu) lot yang tertera di aplikasi LandX berarti sama dengan 100 lembar saham.

Apa itu Prospektus?
Prospektus adalah informasi yang disajikan oleh perusahaan Penerbit untuk calon Pemodal dalam proses penawaran umum.

DIVIDEN

Apa itu Dividen?
Dividen adalah keuntungan atau laba bersih yang dibagikan oleh perusahaan Penerbit kepada Pemodal yang memiliki saham, setelah dipotong dana cadangan.

Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT), seluruh laba bersih dikurangi penyisihan untuk cadangan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen, kecuali ditentukan lain dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Cadangan adalah jumlah tertentu dari laba bersih setiap tahun buku yang digunakan untuk cadangan, sebagaimana diputuskan oleh RUPS.

Apakah Dividen yang didapatkan Pemodal itu Fix Return?
Tidak, melainkan dividen yang akan didapatkan Pemodal murni berdasarkan kinerja usaha yang dijalankan.

Berapa banyak Dividen yang akan saya dapatkan jika saya membeli saham Perusahaan Penerbit di platform LandX?
Nominal Dividen yang Anda dapatkan akan ditentukan dari persentase saham yang Anda miliki, kinerja perusahaan, dan berapa besar alokasi dana cadangan.

Setiap kapan Dividen dibagikan kepada Pemodal?
Jadwal pembagian Dividen oleh setiap perusahaan Penerbit berbeda-beda. Ada yang menargetkan untuk membagikan dividen setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, atau bahkan setiap 12 bulan sekali atau lebih.

Kepastian kapan dividen dibagikan akan ditentukan oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Penerbit dapat menuangkan estimasi jadwal pembagian Dividen kepada Pemodal pada saat penawaran umum perdana dalam dokumen Prospektus yang Penerbit buat.

Apakah Dividen yang saya terima akan dikenai biaya oleh LandX?
LandX tidak mengenakan biaya terhadap Dividen yang diterima oleh pemodal. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan Penerbit untuk Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Bank Kustodian akan dibebankan sebagai biaya operasional.

Berapa biaya withdraw di LandX?
Biaya withdraw LandX adalah Rp. 5,000.