Investor Penerbit
menu-mobile

Franchise Retail: Syarat dan Harga Franchise Alfamart Tahun 2022

1 March 2022

|

6 Min Read

|

Author: Vlora Riyandi
Cara jadi jadi pemilih franchise retail modal kecil

Mau punya franchise Alfamart? Yuk simak bagaimana cara menjadi pemilik franchise retail menguntungkan satu ini.

Franchise atau waralaba adalah jenis lisensi bisnis yang memungkinkan penerima waralaba (franchisee) untuk menjual produk atau layanan di bawah nama bisnis pemilik waralaba (franchisor).

Jenis lisensi bisnis ini mencakup akses ke pengetahuan bisnis, proses, dan merek dagang milik franchisor. Untuk memperoleh waralaba, franchisee biasanya membayar kepada pemilik bisnis atau franchisor berupa biaya awal dan biaya lisensi tahunan.

Jika Anda tertarik untuk memiliki bisnis franchise, terdapat ragam jenis bisnis yang tersedia untuk Anda pilih. Mulai dari franchise jasa pengiriman, pom bensin mini, ragam F&B, laundry, hingga franchise retail. Salah satu franchise retail dengan brand yang dikenal luas di Indonesia ada Alfamart. 

Franchise Alfamart adalah usaha gerai minimarket yang dimiliki dan diperasikan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Model bisnis ini adalah menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan memiliki misi menjadi community store.

Dengan banyaknya gerai Alfamart tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali hingga Lombok membuat minimarket yang telah beroperasi sejak tahun 1999 ini dilirik para pemegang saham. 

Jika Anda berniat beli franchise Alfamart dan  bertanya harga franchise Alfamart berapa, LandX telah merangkum berbagai informasi terkait haga franchise Alfamart tahun 2022.

Syarat Franchise Alfamart

Untuk memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan dan memiliki brand recognition yang besar, tentu perusahaan memiliki standar untuk memilih mitranya. Bagi Anda yang ingin menjadi pemilik minimarket Alfamart, berikut persyaratan umum yang harus Anda penuhi:

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki minat pada industri minimarket
  • Memiliki target lokasi yang strategis minimal 50m2
  • Tersedia dana investasi
  • Berkomitmen mengikuti sistem dan prosedur perusahaan

Dengan memenuhi semua persyaratan ini, Anda akan lebih dekat untuk dapat memiliki keuntungan menjadi pemilik gerai minimarket Alfamart. Keuntungan ini juga mencakup hak yang Anda dapatkan dengan menjalani prosedur dan kewajiban sebagai franchisee gerai Alfamart.

Keuntungan Franchise Alfamart

Memiliki brand yang dikenal luas secara nasional akan menguntungkan Anda sebagai franchisee dengan kemudahan promosi. Minimarket Alfamart juga telah beroperasi selama 22 puluh tahun, sehingga mendapat kepercayaan masyarakat tanpa ragu.

  • Strong brand recognition – semua orang tahu dengan Alfamart, apa saja yang bisa tersedia di gerai Alfamart dan sistem berbelanja di sana. Hal ini berkat promosi besar-besaran secara nasional dan menguntungkan Anda sebagai franchisee.
  • Buying power – dengan nama yang dikenal luas, membuat Alfamart memiliki customer base di mana pun gerai minimarket ini berada. Sehingga gerai yang Anda miliki dapat meraih profit minimarket yang sehat.
  • Business Asisstance – sebagai franchisee dari brand ternama, Anda akan mendapat bantuan pendampingan dalam membangun usaha minimarket. Sehingga tidak perlu takut gagal karena semua sudah diperhitungkan sedari lokasi yang Anda ajukan lulus survei penilaian perusahaan.

Sistem dan Harga Franchise Alfamart

Seperti yang tertera pada situs resmi perusahaan yang memiliki moto “Belanja Puas, Harga Pas”, terdapat 4 tahapan memiliki bisnis franchise Alfamart.

Usulan Lokasi

Apabila Anda memiliki aset yang menganggur dan ingin diaktifkan secara bisnis sebagai minimarket, Anda dapat memoto tampak depan aset tanah atau bangunan Anda dan mendatangi situs online alfamart. 

Pada situs, sebagai calon franchisee Anda diharapkan mengisi formulir secara lengkap dan mengunggah foto aset Anda. Sertakan juga denah lokasi yang Anda ajukan.

Proposal dan Persetujan 

Jika lokasi yang Anda ajukan masuk pada pertimbangan lokasi bisnis yang potensial, Anda akan dihubungi pihak Alfamart. 

Sebagai franchisor, perusahaan Alfamart akan menjelaskan bagaimana potensi minimarket di lokasi, rancangan anggaran biaya serta proyeksi keungan mencakup keuntungan dan kapan balik modal.

Rancangan anggaran biaya ini menyesuaikan dengan tipe minimarket yang cocok untuk ukuran lokasi tanah dan bangunan Anda. Alfamart memiliki 5 tipe minimarket, mulai dari tipe 9 rak, 18 rak, 27 rak, 36 rak, hingga 45 rak.

Perjanjian Waralaba

Perjanjian waralaba akan terjadi apabila Anda menyetujui seluruh poin pada proposal yang diajukan pihak Alfamart.

Perjanjian waralaba berisi berbagai hak dan kewajiban yang akan Anda dapat dan lakukan sebagai franchisee serta apa yang didapat dan dilakukan oleh pihak Alfamart. Semua pihak harus setuju sebelum dapat melakukan pembukaan gerai baru.

Grand Opening

Proposal yang telah disetujui dan ditandatangani, akan berlanjut pada proses renovasi sesuai tipe minimarket yang disetujui. Hal ini sejalan dengan proses pengurusan perizinan, sebelum gerai siap untuk beroperasi.

Tipe Kepemilikan dan Harga Franchise Alfamart

Perusahaan Alfamart telah mengembara di Bursa Efek Indonesia sejak IPO pada 15 Januari 2009 dengan kode AMRT. Dilansir media Industri Kontan, Alfamart tercatat memiliki 16.000 gerai minimarket beroperasi di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi Anda yang berminat untuk memiliki gerai Alfamart, berikut 2 tipe kepemilikan dan harga franchise Alfamart:

1. Gerai Baru – membangun gerai minimrket baru pada lokasi yang Anda ajukan membutuhkan nilai investasi berkisar Rp 500 juta. Angka ini mencakup franchise fee selama 5 tahun sebesar Rp 45 juta, instalasi listrik, peralatan, perizinan serta promosi gerai baru.
Besaran investasi ini dapat berubah sesuai kondisi dan diluar investasi properti apabila Anda menyewa lokasi yang diajukan tersebut.

2. Take Over – Anda lebih berminat untuk mengambil alih gerai Alfamart yang sudah berjalan? Anda bisa memilih sistem take over gerai Alfamart.
Pembelian paket gerai Alfamart yang telah beroperasi adalah seharga mulai dari Rp 800 juta. Besaran ini mencakup franchise fee selama 5 tahun, sewa lokasi untuk 5 tahun, peralatan dan perizinan gerai.

Investasi Alfamart 5 Juta

Apabila kamu ingin investasi ke bisnis Alfamart, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan ikut patungan bisnis dengan sistem equity crowdfunding yang memberikan kamu kesempatan berinvestasi ke bisnis privat.

Sistem ini memberikan kamu kesempatan untuk berinvestasi ke berbagai bisnis potensial cuma dengan modal 1 juta dan sebagai pemegang saham kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa dividen dari bagi hasil keuntungan bisnis tersebut.

Instrumen ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang lagi cari instrumen investasi dengan keuntungan jangka panjang yang menjanjikan.

#SekarangBisa Miliki Bisnis dengan Modal Sejutaan

LandX sudah bahas harga fanchise Alfamart dan bagaimana cara punya franchise Alfamart. Bagaimana? Apa ketertarikan Anda untuk memiliki gerai yang identik dengan warna merah ini semakin kuat?

Lokasi yang strategis dan modal investasi dengan nilai yang cukup besar tentu menjadi awal untuk Anda dapat memiliki bisnis ini. Namun tidak perlu kahwatir karena Anda akan didampingi perusahaan karena telah memiliki sistem yang terbukti mumpuni bertahun-tahun.

Tahukah Anda, ternyata Anda dapat berinvestasi pada bisnis ternama dengan modal kecil melalui LandX. Anda akan diakui menjadi pemilik bisnis yang sudah terbukti profit dengan modal mulai Rp 1 jutaan saja. 

Dengan berinvestasi pada bisnis yang ada di platform equity crowdfunding LandX, Anda akan mendapat keuntungan bagi hasil dari operasional bisnis. Keuntungan bagi hasil ini yang kemudian disebut dividen memiliki besaran nilai umumnya 15-30%. 

Anda akan menerima keuntungan dividen dari bisnis ternama di LandX berkisar 3 hingga 6 bulan sesuai perjanjian.  Menambah passive income dengan membuat uang yang bekerja untuk Anda. Jadikan uang adalah kendaraan untuk Anda mencapai financial dan life goals yang diharapkan.

Karena itu, yuk berinvestasi di LandX dan dapatkan keuntungan dividen rutin setiap 3 bulan!

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

#SekarangBisa

Baca Juga