Hedge fund merupakan istilah yang menjadi perbincangan belakangan ini setelah fenomena kerugian dari sebuah perusahaan besar hedge fund di Amerika Serikat.

Melvin Capital mengalami kerugian sebanyak 53% karena short-sell saham Gamestop yang mereka miliki yang diprediksi akan mengalami penurunan tapi ternyata mengalami peningkatan signifikan hingga 1500 persen sehingga membuat pihak hedge fund mengalami kerugian.

Hedge fund merupakan strategi pengelolaan dana yang bertujuan melindungi aset dari risiko kerugian pasar dan juga bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Walaupun keuntungan yang ditawarkan besar, sistem ini pengelolaan ini membutuhkan modal yang terbilang cukup besar juga. Apabila anda masih belum paham, mari kita bahas lebih lanjut terkait hedge fund.


Table of Content


Pengertian Hedge Fund

Hedge fund adalah sistem kolektif pengelolaan dana investasi yang akan dilakukan oleh pihak investor mitra. Sistem investasi ini akan dijalankan oleh seorang manajer investasi yang disebut manager fund yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola dana investor agar bisa memberikan hasil hasil keuntungan yang optimal.

Sistem ini berjalan hampir sama seperti mutual fund atau reksa dana yang mengumpulkan dana investor untuk dikelola ke berbagai investasi strategis, namun sistem ini fokus pada investasi yang dengan peluang yang lebih besar dan tidak bisa diakses oleh investor biasa.

Sistem investasi ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi dana yang dimiliki dari berbagai risiko pasar yang dapat merugikan pemilik dana. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu sistem ini juga dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar untuk investor yang memiliki modal yang terbilang cukup besar.

Sistem pengelolaan ini merupakan alternatif yang bisa dicoba apabila investor memiliki modal yang bisa dibilang besar.

Tujuan Hedge Fund

Sistem investasi ini memiliki tujuan yang membantu investor dengan pengelolaan dana secara kolektif untuk keuntungan yang optimal dan meminimalkan risiko investasi yang dilakukan.

Minimalisasi Risiko

Keunggulan dari sistem hedge fund adalah analisis yang mendalam sehingga potensi risiko dapat diperkecil sehingga modal yang ditanamkan investor dapat menjadi lebih aman dan terlindungi.

Mengoptimalkan Keuntungan

Dalam investasi, keuntungan merupakan hal yang sangat diharapkan oleh investor setelah menanamkan sejumlah modal. Hedge fund merupakan investasi yang dikelola oleh “manager fund profesional yang akan berusaha memaksimalkan return dari investasi yang dilakukan dengan dana yang telah dikumpulkan. Sama seperti investasi pada umumnya, investor akan mendapatkan keuntungan secara proporsional menyesuaikan besar modal yang telah ditanamkan oleh investor sehingga keuntungan bergantung pada nominal investasi yang ditanamkan melalui hedge fund.

Karakteristik Hedge Fund

Hedge fund memiliki beberapa karakteristik yang membedakan hedge fund dengan jenis investasi lain. Berikut beberapa karakteristik dari hedge fund:

1. Terbatas untuk Kalangan Tertentu
Investasi kolektif dengan hedge fund ini hanya terbatas untuk kalangan dengan pendapatan minimal tertentu yang tergolong cukup besar dan tergantung dengan regulasi dari sebuah negara.
Hal ini membuat tidak sembarang orang bisa terlibat dalam investasi ini karena harus dengan modal yang dengan nominal yang cukup besar.

2. Lingkup Investasi yang Luas
Karakteristik lain dari investasi ini adalah lingkup jenis investasi yang luas sehingga dana akan dimasukkan ke dalam berbagai jenis instrumen yang telah dianalisis oleh fund manajer untuk mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapatkan. Investasi bisa berupa saham, forex, properti atau beragam jenis investasi lainya.

3. Penggunaan Dana Pinjaman
Dalam kondisi mispricing atau dimana sebuah aset memiliki harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari harga aslinya, hedge fund akan melakukan menggunakan dana pinjaman atau leverage untuk mengambil tindakan dari peluang yang timbul karena mispricing ini. Saat sudah mendapatkan keuntungan, pembagian keuntungan akan dilakukan kepada para investor yang sudah bergabung dalam hedge fund tersebut.

4. Menggunakan Struktur Biaya
Investor yang terlibat dalam hedge fund akan dikenakan biaya tertentu untuk upah manajer investasi yang sudah membantu pengelolaan dana yang telah dilakukan. Biaya ini biasanya menggunakan struktur “Two and Twenty” dimana dana yang anda miliki dipotong dikenai potongan 2% dan potongan 20% terhadap profit yang telah dihasilkan dalam hedge fund.

Memulai Investasi di Hedge Fund

Sebelum memutuskan berinvestasi lewat hedge fund anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Pahami Bidang Investasi yang Akan Dijalani

Saat mulai berinvestasi di hedge fund anda harus paham secara jelas bidang investasi yang akan anda geluti. Walaupun investasi anda akan ditangani oleh seorang fund manager anda tetap perlu mengerti bagaimana sistem kerja dari investasi ini supaya anda paham dengan berbagai risiko dan keuntungan yang bisa anda peroleh dengan berinvestasi lewat sistem ini.

Petimbangkan Dana yang Akan Digunakan

Karena hedge fund merupakan investasi yang membutuhkan dana besar, anda perlu memikirkan mengatur uang mana yang akan anda gunakan untuk investasi ini. Sebaiknya anda punya uang “nganggur” yang tidak akan anda butuhkan dalam waktu dekat. Oleh sebab itu sebagai investor anda harus bisa menyusun rencana investasi yang tidak akan mengganggu dana yang akan anda gunakan untuk kebutuhan pribadi anda.

Set Target Investasi

Dalam melakukan segala hal menyusun target merupakan hal penting agar sesuatu bisa berjalan dengan baik. Dalam investasi anda perlu menyusun target dalam jangka panjang dan pendek agar untuk memudahkan anda memilih investasi yang anda lakukan. Dalam hedge fund anda harus memikirkan target yang ingin anda capai saat berinvestasi melalui sistem ini sehingga anda paham kapan harus berhenti atau meningkatkan investasi yang anda miliki saat target investasi jelas.

Investasi Sekarang Melalui LandX: Platform Equity Crowdfunding Terpercaya


Baca Juga:


Yuk Follow Instagram Kami @landx.id Supaya Makin Paham Apa Itu Investasi

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha