menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Menangkap Peluang Pet Economy di 2022

Friday, 5 Aug 2022

Read in 4 minutes

Author: Vlora Riyandi
Melihat potensi jangka panjang bisnsi petshop dan industri pet care di Indonesia

Pandemi membuat masyarakat Indonesia mengadopsi kebiasaan baru, salah satunya mengadopsi hewan peliharaan. Berikut data terkait industri pet economy Indonesia dan lihat peluang bisnis pet shop dan bisnis dog hotel yang patut dilirik!

Kemunculan virus corona pada tahun 2020 menyebabkan perubahan perilaku manusia secara menyeluruh di seluruh dunia. Hal ini pun didorong dengan kebijakan lockdown atau ‘di rumah saja’ yang membuat berbagai orang hanya dapat melakukan kegiatan di dalam area rumah masing-masing.

Tak banyaknya hal yang dilakukan dan terus berulang, membuat masyarakat mengadopsi hobi baru. Secara bertahap bermunculan kembali hobi merawat tanaman, baking atau memanggang kue, hingga mengadopsi hewan peliharaan.

Memelihara hewan peliharaan di rumah dan kegiatan harian juga berpusat di rumah menjadikan hubungan antara pemilik dan hewan kesayangan semakin dalam, hingga terjadi pergeran perilaku.

Tidak hanya bertindak sebagai pemilik hewan namun, menjadikannya bagian keluarga yang diperhatikan secara luar biasa kesejahteraannya. Terjadi pergeseran dari ‘pet ownership’ ke ‘pet parenting’ berpengaruh pada pembelian produk dan layanan pet care. Sehingga jasa layanan pet care kebanjiran orderan dan menghadirkannya sebagai industri baru setelah pandemi, industri pet economy.

Industri Pet Economy Indonesia

Industri pet economy Indonesia mengalami pertumbuhan karena perubahan perilaku selama periode lockdown. Bahkan data Future Marketing Insight menyatakan valuasi pet care market Indonesia tahun 2021 mencapai  US$1.909.1 juta

Kategori dalam layanan industri pet care market atau pet economy di Indonesia juga sangat beragam. Kategori ini dikelompokkan berdasarkan tipe pelayanan, jenis hewan peliharaan, dan saluran jasa pelayanan. 

Pada tahun lalu juga data melihat terdapat total 72% masyarakat Indonesia yang memelihara hewan peliharaan dengan didominasi anabul berjenis kucing dan anjing. Hasil survei Valid News menemukan lebih dari setengah responden mereka memilih untuk memelihara satu jenis hewan saja, hanya sekitar 15% yang memelihara lebih dari 2 jenis hewan dalam satu rumah.

Pet Food Indonesia

Dari seluruh kategori layanan yang disediakan di industri pet care market Indonesia, makanan hewan peliharaan atau pet food menguasai pangsa pasar. Setidaknya 3 dari 5 pangsa pasar pet market adalah pet food, hal ini dihitung diluar pakan hewan ternak. 

Tingkat pembelian makanan hewan peliharaan juga terlihat umumnya selalu naik. Pada awal kemunculan pandemi sempat terjadi penurunan namun, volume pembelian atau konsumsi pet food naik kembali hingga 17% atau 932.2 juta kg di tahun 2021 lalu. 

Daya beli para pet parent berkisar 1 jutaan per bulan untuk membeli makanan hewan saja yang didominasi merek asing, hanya sedikit pemain lokal sehingga terlihat peluang pet economy Indonesia pada kategori ini.

Potensi Pet Economy Indonesia

Memiliki hewan peliharaan yang diperhatikan dengan baik bak keluarga dalam kartu KK membuat pemilik atau pet parent memerhatikan kesejahteraan mereka. Seperti memberikan makanan berkualitas terbaik hingga mengajak hewan peliharaan mengunjungi tempat perawatan secara berkala.

Meningkatnya kebutuhan terhadap layanan pet care menghadirkan potensi bisnis pet shop di Indonesia. Namun, pet shop tentu tidak bisa sembarangan dijalankan. Bersama para profesional dokter hewan dan layanan premium yang ditawarkan tentu akan membuat bisnis pet shop dapat menjadi pilihan.

Salah satu pet shop premium di kawasan Jakarta yaitu Vodka and Latte menghadirkan pelayanan pet shop khususnya anjing dengan standar pengelolaan pakar anjing asal Jepang. Menggunakan bahan-bahan terbaik dan tenaga profesional terlatih membuat pet shop ini berkembang pesat menjadi langganan para pet owner.

Selain menyediakan layanan profesional, tersedia juga layanan grooming, organic pet food, training, day care seperti dog hotel. Bisnis dog hotel sendiri terlihat sangat laris karena dibutuhkan kehadiran jasanya ketika para pemilik butuh bepergian untuk sementara. 

Agar hewan peliharaan tetap terjaga kondisi dan kebutuhannya maka dipilihlah untuk menggunakan jasa bisnis dog hotel. Sehingga potensi bisnis dog hotel dan pet shop terlihat sangat menarik untuk dilirik.

Pet shop Vodka and Latte yang telah menjadi favorit banyak pet parent di Jakarta ini sekarang sedang membuka tawaran kerja sama untuk membuka cabang baru. Kamu yang saat ini sedang membaca tulisan ini pun dapat ikut bergabung. 

Caranya mudah yaitu bergabung pada pendanaan cabang terbaru Vodka and Latte melalui platform LandX. LandX adalah platform equity crowdfunding yang membantu kamu dapat terhubung dengan bisnis potensial seperti pet shop premium Jakarta ini.

Equity crowdfunding adalah bentuk pendanaan bisnis dari masyarakat dengan modal kecil saja bisa jadi bagian pemilik bisnis. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ialah potensi bagi hasil berupa dividen dari performa bisnis berjalan nanti. Dividen berpotensi dibagikan rutin sesuai perjanjian penawaran saham pada dokumen bernama prospektus yang tertera di aplikasi LandX.

Memiliki bisnis, berinvestasi, sekaligus berkontribusi pada pet economy Indonesia bisa kamu lakukan melalui satu aplikasi. Yuk, download aplikasi LandX dan jadi pemilik pet shop Jakarta Vodka and Latte!

Jadi Investor Bisnis Pet Shop Premium Jakarta Modal Cuma 1 Jutaan

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga