menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

[INFOGRAFIK] Semerbak Harumnya Bisnis Kopi Indonesia

Thursday, 22 Sep 2022

Read in 4 minutes

Author: Vlora Riyandi
Peluang bisnis kopi Indonesia

Yuk Tangkap Peluang Bisnis Coffee Shop Kekinian!

data bisnis coffee shop indonesia

Industri kopi di Indonesia kian semerbak wanginya, potensi ini ditunjukkan oleh semakin tingginya tingkat konsumsi kopi dari berbagai kalangan sosial. Hal ini membuat para pebisnis mata elang menangkap peluang usaha coffee shop yang membuat semakin maraknya bisnis coffee shop dengan beragam konsep di Tanah Air. 

Coffee shop adalah tempat usaha yang menyediakan minuman kopi. Tak jarang coffee shop atau kedai kopi juga menyajikan varian minuman lainnya serta makanan pendukung mulai dari roti hingga makanan berat. Bisnis coffee shop di Indonesia semakin berkembang hingga coffee shop dikenal sebagai tempat yang menyajikan minuman kopi dengan menawarkan konsep dan suasana yang nyaman.

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang usaha coffee shop kekinian ini.

tren konsumsi kopi indonesia

Gelombang Tren Konsumsi Kopi

Gelombang awal diawali dengan kemunculan konsumsi kopi yang dinikmati masyarakat Indonesia di kedai kopi kecil atau warung kopi tradisional dalam bentuk seduhan dari kopi instan (ready to drink). Beberapa brand pionir kopi instan dalam kemasan sachet di Indonesia ada Kapal Api, Nescafe, ABC, hingga Torabika.

Kemudian beranjak pada tahun 2001 kemunculan franchise coffee shop asal luar negeri mulai memasuki Indonesia, seperti Coffee Bean dan Starbucks. Kehadiran brand besar ini memunculkan gelombang tren konsumsi kopi di Indonesia berupa rasa gengsi ketika duduk di gerai kopi merek besar.

Dari hasil research Toffin, sejak tahun 2013 konsumsi kopi mulai bergeser dari gengsi menjadi curiosity dengan cara produksi kopi hingga muncul produsen kopi artisan dengan mesin kopi canggih. Lompat di tahun 2016, segelas es kopi yang dikenal miliki harga mahal kini hadir lebih terjangkau berkat kehadiran berbagai usaha coffee shop kekinian. Kopi secara mudah dapat dinikmati di gerai kopi estetik dengan seduhan kopi kekian seperti kopi gula aren dan kopi literan. 

Kalau kamu mulai mengonsumsi kopi dari tahun berapa?

data tingkat konsumsi kopi indonesia

No Coffee, No Life

Tingkat konsumsi kopi di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya, fenomena ini membuat kehadiran kopi bukan lagi sekedar gengsi musiman namun sebuah kebutuhan harian. Bahkan disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian bahwa dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia tumbuh hingga 250%. 

jumlah gerai coffee shop indonesia

Jenis Gerai Coffee Shop Favorit 

Tingginya tingkat konsumsi kopi tentu didukung dengan akses kedai kopi yang semakin mudah ditemui. Dari data tahun 2016 ke tahun 2019 saja, gerai coffee shop telah berkembang jumlahnya hingga 3 kali lipat. Belum lagi gerai coffee shop semakin membanjir di tahun 2020-an.

Sama-sama menyajikan seduhan kopi asli, beragam konsep coffee shop warnai pilihan. Ada enam jenis gerai coffee shop favorit mulai dari konsep coffee to go, international coffee chain, local coffee chain, outlet bakery & pastry, kedai kopi milik perorangan, hingga outlet berkonsep specialty coffee shop.

Mudah dan pelayanan cepat, outlet berkonsep coffee to go yang lumrah ditemui di kawasan ramai mahasiswa, foodcourt, hingga dekat rumah menjadikannya pilihan favorit dikunjungi.

faktor ramainya bisnis coffee shop

Budaya Ngopi Ramaikan Bisnis Kopi

Sifat orang Indonesia yang suka ngobrol tentang beragam topik hingga life update sambil menyeruput minuman membuat coffee shop selalu ramai. Suasana nyaman yang diciptakan dengan alunan musik yang diputar membuat ngopi jadi lifestyle baru. Apalagi ada aturan baru beberapa perusahaan yang sering memperbolehkan work from anywhere hingga work from cafe jadi kunjungan tempat kerja baru.

Selain itu, bahan baku biji kopi lokal yang mudah didapat serta keluwesan promosi di sosial media membuat gerai coffee shop semakin heboh jumlahnya. Tak luput juga margin keuntungan coffee shop yang relatif tinggi hingga buat para pebisnis baru pun ikut melirik.


Apa kamu juga ingin jadi pemilik bisnis coffee shop?

Melihat potensi industri ini sangat wajar jika jiwa ingin berbisnis kamu bergejolak untuk meraih keuntungan agar segera capai kebebasan finansial. 

Kamu tahu gak kalo ternyata sekarang bisa punya bisnis dengan modal sejutaan aja! Melalui sistem equity crowdfunding dapat bantu kamu jadi pemilik bisnis seperti coffee shop secara mudah dengan beli sahamnya. Beli saham mulai sejutaan dapat memberikan kamu potensi keuntungan berupa dividen sesuai operasional perusahaan.

Caranya gimana? Yuk download platform equity crowdfunding LandX, verifikasi data, dan nantikan kehadiran bisnis coffee shop hits kekinian segera di LandX.

Yuk Jadi Pemilik Bisnis Coffee Shop Sekarang!


LandX merupakan sebuah platform equity crowdfunding, yakni tempat bertemunya para investor dengan para pebisnis yang tengah mengembangkan bisnisnya.

Dengan sistem patungan bisnis equity crowdfunding, Anda bisa ikut menjadi investor atau owner dari project bisnis di LandX dengan modal yang lebih ringan, mulai dari 1 juta rupiah.

landx equity crowdfunding